Grafir kartun pada kayu MDF

Laser cutting kayu merupakan teknik laser cutting yang dilakukan pada media berupa bahan kayu. Material kayu bisa digunakan untuk membuat berbagai produk terutama untuk keperluan furniture. Dengan metode laser cutting kayu, akan didapatkan kayu dengan ukiran terbaik dan rapi sesuai dengan keinginan.

Ukiran pada kayu dapat diciptakan dengan teknik ini, bahkan untuk pola yang rumit sekalipun. Mesin laser cutting kayu memungkinkan proses pemotongan dan pengukiran atau grafir kayu dengan cepat dengan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pola rumit pada kayu tidak hanya ada di furniture, kayu berukiran bisa dengan mudah ditemui pada hiasan dinding, lukisan, penanda ruangan, dan sebagainya. Desain yang cantik tersebut membuat nilai jual kerajinan kayu termasuk tinggi.

A. Mengenal Laser Cutting

Mesin Laser Cutting Engraving Telson 1390

Membuat puzzle

Laser cutting merupakan proses pemotongan, pembentukan hingga pengukiran material dan bahan tertentu menggunakan sinar laser. Sinar laser tersebut berasal dari mesin laser cutting yang sudah terintegrasi dengan sistem komputer sebelumnya. Kemudian, laser akan memproses material sesuai dengan desain yang diinput ke dalam software.

Pada mesin laser cutting ini, bahan yang bisa diproses terbagi menjadi bahan metal dan non metal. Bahan metal contohnya yakni aluminium, logam, baja, stainless steel dan sebagainya. Sedangkan bahan non metal yaitu seperti akrilik, kayu, karet, plastik, marmer, kulit sintetis dan lainnya.

B. Laser Cutting Pada Kayu

Grafir Plakat Kayu MDF

Plakat MDF

Salah satu contoh material yang populer untuk diproses pada mesin laser cutting adalah kayu. Dengan bahan kayu, Anda bisa berkreasi dikarenakan mampu digunakan untuk beragam kebutuhan dan memiliki banyak prospek proyek atau produk. 

Dengan sinar laser yang dapat mengukir pola pada kayu bahkan hingga desain yang rumit, membuatnya menjadi investasi yang sangat menguntungkan bagi usaha Anda. Hasil ukiran dan pemotongan akan lebih rapi dibandingkan menggunakan gergaji atau alat pahat biasa yang rentan mengalami kesalahan.

C. Keuntungan Laser Cutting Kayu

Buat gantungan kunci dari Kayu MDf dengan Mesin laser cutting

Gantungan kunci MDF

Kayu yang diproses menggunakan bantuan mesin laser cutting memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

a. Proses Potong dan Grafir Kayu Yang Cepat

Desain yang sudah disiapkan sebelum proses laser cutting, membuat pemotongan dan pengukiran pada kayu bisa berjalan dengan cepat. Hasil yang didapatkan pun bisa maksimal karena pengerjaan menggunakan mesin dapat menghindari human error. Produksi kerajinan kayu yang cepat akan mampu menghemat biaya produksi.

b. Mengerjakan Desain Yang Rumit

Jika Anda mendapatkan pesanan kerajinan kayu dengan desain rumit, besar kemungkinan proses pembuatan produk akan berlangsung lama serta rentan salah ukir sehingga membuang bahan kayu. Hal ini bisa diminimalisir hingga dihilangkan dengan penggunaan mesin laser cutting kayu.

Dengan mesin ini, mengerjakan desain yang rumit bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Karena prosesnya didukung dengan teknologi tinggi, maka pola yang detail bisa didapatkan dalam waktu singkat.

c. Hasil Jadi Yang Presisi Dan Rapi

Kayu yang diproses dengan mesin laser cutting kayu memiliki hasil jadi yang presisi dan rapi. Software komputer dan mesin yang canggih, membuat proses pemotongan serta pengukiran pada kayu akan minim kesalahan. Keunggulan ini sangat menguntungkan dibandingkan menggunakan alat manual.

Perbedaan hasil tersebut menunjukkan bahwa mesin laser cutting menghasilkan produk yang maksimal kualitasnya. Konsumen akan puas dengan hasil produk dari usaha Anda.

D. Jenis Kayu

Jenis jenis kayu untuk laser cutting

Jenis kayu yang bisa diproses pun bisa dibilang cukup beragam. Sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak jenis kayu yang cocok untuk kebutuhan usaha Anda selain dengan kayu impor lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang biasa diproses menggunakan mesin laser cutting kayu:

  • Maple;
  • Ash;
  • Jati;
  • Maple;
  • ​Cemara
  • MDF;
  • Walnut;
  • Akasia, dan lain-lain.​

Dan dengan satu mesin saja, Anda bisa mengolah berbagai jenis kayu tersebut. Memang tergantung pada mesin yang dimiliki, namun umumnya hampir semua macam kayu dapat diproses menggunakan mesin laser cutting kayu.

E. Hasil Produk Laser Cutting Kayu

Grafir kartun pada kayu MDF

Ukir karya seni

berbagai produk kerajinan kayu akan dapat dengan mudah diproduksi. Di sisi lain, Anda juga harus memperhatikan material kayu yang berkualitas agar hasilnya pun maksimal. Kayu yang digunakan baiknya tak mudah patah, permukaannya halus serta telah kering sempurna.

Produk kerajinan kayu yang bisa Anda temukan di pasaran biasanya berupa karya seni berupa pahatan dan ukiran, prototype hingga benda custom yang diinginkan oleh konsumen. Adanya mesin laser cutting membuat Anda lebih mudah untuk memenuhi pesanan dari konsumen.

1. Karya Seni

Karya seni yang bisa dibuat dari kayu sangatlah banyak, namun yang paling sering dibuat dengan bantuan mesin laser adalah pahatan dan ukiran. Kedua produk tersebut membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi pada prosesnya.

Dengan bantuan mesin laser cutting, hasil produk yang dibuat jelas akan sangat mendetail. Desain yang unik dan rumit akan dapat dengan mudah diproduksi dalam waktu yang singkat serta dengan persentase kemungkinan error yang sedikit.

Pahatan dan ukiran memiliki pola yang detail dan rumit. Oleh karenanya, sinar laser cutting sangat cocok untuk kebutuhan tersebut.

2. Prototype

Pengertian dari prototype atau purwarupa adalah desain awal dari sebuah produk. Prototype digunakan sebagai contoh sebuah produk yang direncanakan untuk dibuat. Sinar laser cutting memastikan produk Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Laser cutting kayu juga bekerja di semua model bentuk produk sehingga sangat fleksibel untuk digunakan. Dengan contoh produk yang bagus, perusahaan Anda akan bisa mengembangkan potensi prototype dengan baik.

3. Produk Custom

Produk custom merupakan produk unik yang disesuaikan dengan pesanan konsumen sehingga memiliki ciri khas yang berbeda dari produk lainnya. Contohnya seperti gantungan kunci, casing ponsel dari kayu, gitar, plakat hingga skateboard bisa dibuat secara khusus.

Menggunakan mesin laser cutting akan mempermudah produksi produk custom yang mempunyai desain unik serta ukiran nama atau tulisan lainnya di benda tersebut.

Hasil Produk Maksimal Dengan Mesin Laser Cutting Kayu

Dengan tuntutan pasar dan konsumen yang selalu berubah serta berkembang, usaha Anda membutuhkan mesin yang tepat untuk tetap bisa bertahan dengan keinginan pasar. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil produk dari kayu yang maksimal adalah dengan menggunakan mesin laser cutting kayu.

Mesin laser cutting kayu yang dimaksud adalah salah satu produk unggulan Maxipro, yaitu Mesin Laser Cutting Telson 1390. Dengan laser CO2, mesin ini sangat cocok untuk memotong, mengukir hingga memahat desain produk dari material kayu yang diinginkan.

Dilengkapi dengan double head, maka akan memungkinkan untuk proses berjalan lancar dan selesai dengan cepat. Hasil yang didapatkan pun bisa maksimal seperti apa yang diinginkan konsumen.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id