Mesin Laser Akrilik dengan Hasil Cutting & Engraving Terbaik - Maxipro.co.id

Mesin Laser Akrilik dengan Hasil Cutting & Engraving Terbaik - Maxipro.co.id

Mesin laser akrilik merupakan mesin dengan teknologi laser cutting yang digunakan untuk memproses bahan akrilik. Proses yang dimaksudkan bisa berupa memotong, menggores hingga mengukir pada permukaan material bahan.

Dengan menggunakan mesin laser, akrilik bisa diproses dengan mudah dan cepat. Kualitas produk yang dihasilkan juga terjamin dikarenakan teknologi canggih yang digunakan untuk produksinya.

Dibandingkan proses pengolahan akrilik yang manual, penggunaan mesin akrilik jelas sangat membantu. Anda memang perlu mengeluarkan biaya yang lebih, namun tentu itu sebanding dengan kualitas terbaik yang ditawarkan beserta kelebihan metode laser cutting yang canggih ini.

Mengenal Laser Cutting Akrilik

Cara kerja Mesin Laser Cutting Engraving

Laser cutting adalah suatu metode pemotongan bahan dan material tertentu menggunakan bantuan sinar laser yang mesinnya terhubung dengan sebuah program komputer. Bahan material yang dimaksud ialah bahan metal dan non metal.

Sedangkan laser cutting akrilik berarti proses laser cutting yang dilakukan pada bahan material berupa akrilik. Pemotongan menggunakan laser cutting memiliki hasil yang lebih bagus dibandingkan jika dilakukan dengan cara yang manual seperti menggunakan gergaji atau pisau dan cutter akrilik.

Laser cutting yang dilakukan pada akrilik bisa menghasilkan produk berdaya jual tinggi. Contoh produk akrilik yang dihasilkan menggunakan metode laser cutting adalah seperti pigura, hiasan 2D dan 3D, gantungan kunci, dan lain-lain.

Mesin Laser untuk Potong Akrilik

Jalur sinar laser pada mesin laser engraving telson 1390

Sebagai mesin yang mampu memproses material baik metal dan non metal, maka keberadaan mesin laser cutting ini jelas akan sangat membantu bagi keperluan berbagai bidang industri. Karena tidak hanya memotong, mesin laser juga bisa menggores dan mengukir pada permukaan material.

Dan salah satu material yang umum digunakan di mesin laser ini adalah akrilik. Mesin laser akrilik membantu proses pemotongan, pengukiran dan penggoresan pada bahan akrilik sesuai dengan desain yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Hasil akrilik nantinya akan terpotong rapi dan presisi. Begitu pun juga digunakan untuk menggores dan menggrafir, maka hasilnya akan maksimal serta minim kesalahan. Bahkan untuk pola yang rumit sekalipun tak menjadi masalah bagi mesin laser akrilik yang akan mampu mengerjakannya dengan cepat dan tepat.

Baca Juga : Kupas Tuntas! Cara Kerja Mesin Laser Cutting & Engraving (CO2)

Jenis Akrilik yang Dapat Dipotong Mesin Laser

Perbedaan hasil grafir di akrilik cetak vs ekstrusi

Perbedaan hasil grafir di akrilik cetak vs ekstrusi

Akrilik mempunyai 2 jenis bahan yang sering ditemukan di pasaran. Jenis bahan akrilik tersebut adalah akrilik ekstrusi dan cetak. Keduanya memiliki bentuk dan karakter masing-masing, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan.

a. Akrilik Cetak

Jenis akrilik ini terbuat dari penekanan cairan plastik dalam bentuk cetakan yang mengalami proses pemanasan secara bertahap. Di dalam cairan tersebut, juga terdapat bahan campuran lainnya.

Akrilik cetak memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis akrilik lainnya. Hal ini dikarenakan kualitasnya memang lebih bagus dan kuat. Oleh karenanya, akrilik cetak dikenal menghasilkan produk yang kokoh.

b. Akrilik Ekstrusi

Akrilik berikut ini juga berbahan dasar plastik yang cair, namun bentuknya lebih sering dijadikan lembaran saat bahannya mendingin. Pembuatan akrilik ini tak hanya menggunakan mesin namun juga membutuhkan kemampuan pekerja (SDM) dalam prosesnya. Hal ini menyebabkan harganya lebih murah dibandingkan akrilik cetak atau cast acrylic.

Baca Juga : Mengenal dan Memahami Detail Perbedaan Jenis Bahan Akrilik

Posisi Akrilik Dalam Mesin Laser

Keunggulan mesin laser dalam memproses laser adalah tidak menimbulkan bekas atau goresan pada permukaan laser selain dari goresan atau grafir yang sesuai desain yang telah dibuat. Kepala laser tidak mempunyai ujung yang tajam dan tidak bersentuhan langsung dengan bahan kerja nya.

Sehingga yang bersentuhan langsung dengan material adalah sinar laser itu sendiri. Sinar laser tersebut tidak akan meninggalkan bekas lain diluar desain awal akrilik. Posisi akrilik dalam mesin laser ini membuat akrilik Anda akan aman dan tak mempunyai bekas goresan.

Sebagai contoh dalam Mesin Laser Cutting Telson 1390 terdapat tatakan bahan yang memang dikhususkan untuk tempat menaruh material yang akan diproses. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika badan atau komponen mesin akan rusak karena secara tak sengaja terkena sinar laser.

Fungsi Mesin Laser Akrilik

Kerajinan Gantungan kunci akrilik

Sesuai dengan fungsi laser cutting yakni cutting/punching/perforating, marking dan engraving, cara kerja mesin laser akrilik pun disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan pada bahan akrilik.

Cutting / Punching / Perforating

Mesin laser akrilik pada umumnya sering digunakan untuk memotong bahan akrilik. Pemotongan tersebut untuk membentuk akrilik sesuai dengan keinginan dan desain yang dibutuhkan sedari awal.

Tidak hanya pemotongan saja, Anda juga bisa melubangi dan melukai atau memberi garis putus-putus pada permukaan akrilik untuk menciptakan pola khusus. Proses pemotongan dan lainnya membutuhkan daya sinar laser yang besar dibandingkan fungsi lainnya dikarenakan akrilik punya ketebalan tertentu yang harus bisa ditembus.

Dengan beragamnya jenis pemotongan ini, tentu akan sangat bermanfaat untuk melayani berbagai kebutuhan konsumen hanya dengan menggunakan satu mesin laser cutting saja.

Marking

Mesin laser akrilik mampu memberikan tanda atau goresan pada material. Sinar laser memberikan goresan sesuai dengan desain yang telah dipersiapkan. Sehingga tidak akan ada salah menggores atau menandai pada material akrilik.

Marking ini biasanya berupa tulisan maupun garis, tanda dan bentuk lainnya yang sederhana. Sebagai hasilnya, bentuk tersebut adalah tidak terlalu rumit polanya dan bertekstur tetap.

Engraving

Pada fungsi engraving, mesin laser akrilik bekerja untuk menggrafir atau mengukir pada akrilik. Proses ini lebih lama dibandingkan kedua fungsi lainnya karena pola dan desainnya lebih rumit.

Namun untuk daya sinar laser yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan cutting. Hal ini dikarenakan sinar laser yang keluar berukuran cukup kecil serta bergerak lebih cepat untuk desain yang detail.

Baca Juga : Cara Grafir & Potong Akrilik dengan Mesin Laser Cutting Telson 1390

Tips Grafir dan Potong Akrilik dengan Laser

Contoh Emblem dari akrilik

Umumnya, untuk memotong akrilik menggunakan laser harus memperhatikan ketebalan dari akrilik itu sendiri. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah besar daya dari mesin laser. Semakin tinggi daya, maka semakin tebal ukuran akrilik yang dapat diproses.

Pemotongan akan bisa berjalan maksimal dengan power laser yang besar dan speed yang lebih lambat. Hal ini untuk memastikan pemotongan berjalan lancar dan memberikan hasil yang sempurna.

Sedangkan untuk mengukir/grafir akrilik, power yang digunakan cenderung lebih kecil namun dengan speed yang cepat. Dan sebelum melakukan pengukiran, ada baiknya melepaskan lembar pelindung akrilik agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Laser Cutting untuk Hasil yang Optimal

Tips Menggunakan Mesin Laser Cutting

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menggunakan mesin laser cutting untuk memproses akrilik:

  • Pilih bahan akrilik yang tepat untuk kebutuhan Anda. Misalnya akrilik ekstrusi yang cocok untuk fungsi pemotongan dan akrilik cetak untuk membuat ukiran.
  • Perhatikan daya mesin pada saat penggunaan agar sesuai dengan jenis akrilik beserta ketebalannya. Daya yang tidak sesuai bisa menyebabkan proses berjalan lama hingga rusaknya akrilik.
  • Jangan pernah meninggalkan mesin laser pada proses pengerjaan akrilik tanpa mengawasinya dengan benar. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan saat proses atau hal lain yang tidak diinginkan.

Usaha Akrilik Dengan Mesin Laser Cutting

Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh mesin laser, Anda bisa dengan mudah membuat usaha akrilik yang menjanjikan. Usaha akrilik dengan mesin laser cutting merupakan peluang usaha menarik yang menawarkan keberhasilan dikarenakan pemanfaatan akrilik begitu luas untuk banyak bidang industri serta pasar yang dituju.

Salah satu mesin sangat cocok untuk mendukung usaha akrilik Anda adalah Mesin Laser Cutting Telson 1390. Merupakan mesin rekomendasi dari Maxipro, pastinya dapat memenuhi segala kebutuhan Anda untuk memproses material bahkan tidak hanya pada akrilik saja.

Mesin Laser Cutting Telson 1390 cocok digunakan untuk memotong material baik metal dan non metal. Dengan area kerja berukuran 1300 × 900 mm, maka Anda bisa dengan leluasa memproses material yang cukup lebar dan besar. Mesin ini juga mendukung heavy duty sehingga sesuai untuk keperluan usaha skala besar.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id