Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting untuk Hasil Optimal - MAxipro.co.id

Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting untuk Hasil Optimal - MAxipro.co.id

Industri manufaktur era ini mengutamakan kualitas dengan meningkatkan kecepatan, akurasi dan mutu bahan baku. Agar dapat mencapai hasil yang diinginkan, mesin produksi yang digunakan terus mengalami pembaruan. Seperti cara pemotongan dan grafir yang dapat dilakukan menggunakan mesin laser cutting.

Pemanfaatan teknologi laser cutting pada industri manufaktur, bukan sekedar untuk mengikuti perkembangan trend saja. Namun, memang teknologi laser memiliki kemampuan yang lebih unggul dibanding metode lama yang digunakan.

Meskipun mesin laser cutting dijual dengan harga cukup mahal. Namun hal itu sepadan dengan kualitas dan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Sehingga bisa menjadi investasi terbaik untuk mendatangkan profit berkepanjangan.

Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting

Mempelajari cara mengoperasikan mesin laser cutting bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Proses pengoperasiannya sudah terintegrasi dengan pemrograman komputer. Sehingga proses penyiapan file desain bisa dilakukan menggunakan komputer untuk kemudian ditransfer dan direalisasikan menggunakan mesin laser cutting.

Simak penjelasan detail cara menggunakan mesin laser cutting untuk melakukan kerja pemotongan.

1. Setting / Kalibrasi Sinar Laser

Cara kalibrasi sinar laser cutting Telson 1390

Penyelarasan sinar laser agar tepat mengenai bagian tengah lensa perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang presisi. Setting atau kalibrasi sinar laser dilakukan dengan cara mengatur kemiringan cermin pemantul. Simak detail Cara Setting atau Kalibrasi Mesin Sinar Laser Cutting.

2. Mempersiapkan File Desain

Dalam proses pemotongan mesin laser cutting dibutuhkan file digital sebagai patokan kerja mesin. Sebab mesin laser cutting menggunakan sistem kontrol CNC yang mengendalikan laser sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Cara membuat file desain bisa dilakukan menggunakan software desain vektor, seperti corel draw dan adobe illustrator. Pastikan menggunakan garis outline setipis mungkin karena akan berpengaruh terhadap besarnya celah potongan yang akan diproses oleh mesin.

3. Export File Desain

Import file desain ke RDWorks

Setelah selesai mempersiapkan file desain, perlu dilakukan penyesuaian terhadap format file yang disimpan. Penyesuaian ini perlu dilakukan agar file desain bisa diproses menggunakan file software pre-cut. Dimana file desain yang akan digunakan dirubah ke dalam format .dxf.

4. Persiapan Software Laser Cutting

import file desain undangan laser cut ke RD Works

Langkah selanjutnya perlu dilakukan persiapan menggunakan software pre-cut. Pada Mesin Laser Cutting Telson 1390 pengaturan dilakukan menggunakan software RDWorks. Software ini pada dasarnya merupakan aplikasi vector editing dengan kontrol langsung ke mesin laser cutting.

Dalam software ini bisa dilakukan pengaturan besar power dan speed laser yang akan digunakan. Sehingga bisa disesuaikan besar power dan speed sesuai kebutuhan proses pengerjaam, cutting atau engraving.

Dalam satu desain bisa diatur garis mana yang akan dipotong dan grafir. Apabila ingin melakukan pemotongan menggunakan perintah “cut“. Sedangkan saat ingin melakukan grafir dipilih opsi “scan“. Kemudian untuk perforasi dipilih opsi “dot“.

5. Persiapan Alat dan Bahan Baku

Setelah pengaturan pada software pre-cutting dilakukan, mempersiapkan mesin laser cutting dan bahan baku adalah langkah berikut yang perlu dilakukan.

Persiapkan mesin laser cutting dengan menyalakannya sesuai urutan yang ditentukan. Dimulai dari menyalakan power utama > water chiller
> exhaust fan >
laser power. Jangan lupa untuk menyalakan water chiller sebelum menyalakan laser power.

Setelah mesin laser cutting menyala dengan benar. Selanjutnya meletakkan bahan dengan benar di meja kerja. Pastikan meletakkannya dalam posisi sejajar agar hasil pemotongan berada di posisi yang tepat. Gunakan selotip kertas untuk menahan agar material selama proses pengerjaan.

Kemudian atur posisi head laser melalui control panel pada posisi yang diinginkan.

6. Memulai Proses Pemotongan

Proses cutting kertas mesin laser CO2

Ketika semua langkah cara menggunakan mesin laser cutting sudah dilakukan. Mesin sudah dalam kondisi siap untuk melakukan pekerjaan. Sebelum memulainya, Anda bisa terlebih dahulu menekan tombol “origin” untuk mengecek apakah desain yang dibuat sudah berada di dalam area yang tersedia.

Jangan lupa untuk menyalakan air blow system untuk mencegah terjadinya kebakaran atau overheat selama proses pengerjaan.

Hal yang Perlu Diingat Ketika Menggunakan Mesin Laser Cutting

Laser cutting merupakan sebuah teknik manufaktur luar biasa. Peralatan ini dapat membantu Anda membangun proyek skala besar menggunakan berbagai bahan berbeda-beda. Tapi sebelum memulainya, perlu dipertimbangkan beberapa hal penting untuk mendapatkan hasil terbaik.

1. Menggunakan jenis mesin laser cutting sesuai kebutuhan

Sebenarnya mesin laser cutting tersedia dalam berbagai pilihan. Setiap jenis mesin laser cutting tersebut memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda. Simak penjelasan detailnya dalam artikel tentang Jenis dan Fungsi Mesin Laser Cutting.

2. Memilih bahan yang tepat

Memilih bahan yang tepat adalah hal yang penting. Apakah Anda membutuhkan bahan yang solid? tembus pandang? kaku atau fleksibel? pastikan memeriksa berbagai sifat material tersebut untuk melihat apakah itu sesuai dengan harapan dan proyek Anda.

Anda bisa menguji menggunakan bahan dengan desain yang berbeda, ketebalan yang berbeda, dan warna. Demi mencari tahu bahan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda! Gunakan berbagai pilihan seperti akrilik, plastik, mulitplek, MDF, Karton dan sebagainya.

3. Perhatikan jarak antara dua jalur pemotongan

Perhatikan jarak minimum antara dua jalur pemotongan laser, untuk menghindari kesalahan dan pelanggan mendapatkan hasil optimal saat menggunakan layanan Anda. Kami merekomendasikan untuk menggunakan jarak minimum sesuai dengan ketebalan bahan yang digunakan.

Misalnya jika menggunakan bahan akrilik dengan ketebalan 2 mm, maka jarak minimum antara dua jalur adalah 2 mm. Dengan menggunakan aturan sederhana ini, hasil pengerjaan Anda akan lebih tahan  lama dan meminimalisir dari resiko kerusakan.

4. Perhatikan ukuran & spasi tulisan yang ingin dibuat menggunakan laser cutting

Kami menyarankan untuk benar-benar memperhatikan ukuran dan spasi huruf yang ingin ditulis menggunakan laser cutting. Pastikan tidak terlalu kecil sehingga mudah terbaca dan tidak terlihat tumpang tindih. Karena akan sangat disayangkan jika terjadi kesalahan dan harus memulai lagi dari awal lagi.

5. Membuat node untuk memudahkan perakitan

Apakah Anda perlu merakit bagian-bagian yang berbeda? Jangan ragu untuk membuat node untuk mengunci bagian yang ingin Anda rakit. Node ini adalah tonjolan kecil yang terletak pada tiap bagiannya, memungkinkan bagian-bagian itu tetap menyatu dengan baik.

Sehingga penting untuk memikirkannya saat merancang setiap bagiannya, hal itu bisa sangat berguna dan membantu Anda dalam proses perakitan. Terdapat berbagai pilihan jenis node dan berikut adalah beberapa contohnya:

pilihan pola desain node

6. Menambahkan garis vektor pada tepi ketika menggrafir tulisan

Umumnya ketika grafir tulisan menggunakan laser menghasilkan huruf dengan garis tepi yang rapi dan bagus. Namun, jika ingin membuatnya lebih jelas, Anda bisa menambahkan garis vektor tipis pada bagian tepi huruf.

Pastikan Anda menggunakan file vektor sehingga bisa menambahkan garis tipis ke tepi tulisan. Gunakan pengaturan power dan speed yang sesuai agar tidak sampai memotong hasil ukiran.

hasil grafir laser pada bahan kayu

7. Perhatikan fokus lensa laser cutting

Pengaturan ketinggian nozzle head laser pada beberapa mesin laser dapat dilakukan secara otomatis. Mengatur ketinggian nozzle pada posisi titik fokus optimal akan membantu Anda mendapatkan hasil pemotongan dan grafir yang lebih tajam. Simak penjelasan detailnya dalam artikel Cara Menyesuaikan Lensa Fokus Pada Mesin Laser Cutting.

Dalam era teknologi informasi yang semakin berkembang, kualitas pengerjaan yang memuaskan akan mudah tersampaikan. Sehingga akan meningkatkan ketertarikan customer baru terhadap layanan yang Anda tawarkan. Karena itu cara menggunakan mesin laser cutting yang benar adalah kuncinya.

Simak cara menggunakan laser cutting untuk mencapai keuntungan maksimal!!

Temukan solusi mesin laser cutting dan percetakan hanya di Maxipro !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan