Mengenal Bagian-Bagian Penyusun Mesin Laser Cutting - MAxipro.co.id

Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting untuk Hasil Optimal - MAxipro.co.id

Secara garis besar komponen penyusun mesin laser cutting terdiri dari 3 bagian penting. Mulai dari bagian mesin penggerak, sinar laser, dan sistem kontrol. Bagian-bagian ini bisa juga disebut bagian mekanik, laser generator, dan sistem kendali CNC.

Selain 3 bagian utama tersebut, juga ada bagian pendukung yang ragamnya bervariasi tergantung jenis dan fungsi mesin laser cutting nya. Semisal pada Mesin Laser Cutting Telson 1390, terdapat water chiller, exhaust fan, dan air comproessor yang berperan sebagai pendingin dan pembuangan udara.

Pada artikel kali ini, Maxipro akan membahas komponen-komponen penyusun 3 bagian utama mesin laser cutting dan bagian-bagian pendukung yang terdapat pada Mesin Laser Cutting Telson 1390.

Komponen Utama Mesin Laser Cutting

Mesin Laser Cutting Telson 1390 - maxipro.co.id

Seperti penjelasan di atas bahwa bagian utama mesin laser cutting, umumnya terdapat pada setiap jenis mesin laser cutting. Apabila dijabarkan setidaknya terdapat 9 komponen utama penyusun mesin laser cutting. Simak fungsi dan cara kerja setiap komponen berikut ini.

1. Motor Penggerak

Sesuai namanya, komponen ini menjadi inti dari bagian penggerak mesin laser cutting. Umumnya terdapat 2 jenis motor yang digunakan. Pertama, stepper motor yang cocok dipakai dalam pengerjaan cutting dan engraving. Kedua, servo motor dengan kemampuan lebih tinggi yang cocok untuk penggunaan pada mesin laser cutting heavy duty.

2. Head Laser Cutting (Mata Laser)

Mesin Laser Cutting CO2 Telson (Double Head)

Head laser merupakan komponen output sinar laser yang tersusun dari cermin pemantul, nozzle, lensa fokus, selang udara, dan sensor pengarah.

Dimana tidak semua mesin laser cutting memiliki sensor pengarah yang berfungsi untuk mengontrol gerakan sumbu Z. Fungsinya untuk menghasilkan potongan dengan kedalaman sesuai keinginan atau secara otomatis menyesuaikan fokus sinar laser.

Selang udara disini berfungsi sebagai saluran udara untuk menghembuskan udara dari compressor. Tujuannya adalah mencegah terjadi kerusakan material karena terlalu panas atau terbakar.

3. Timing Belt Motor

Timing belt motor berfungsi sebagai komponen transmisi gerakan motor pada sistem katrol penggerak head laser. Komponen ini terbuat dari material karet berdaya tahan tinggi dengan struktur bergigi untuk memudahkan proses transmisi energi.

4. Laser Guide Rail

 

Laser guide rail dan timing belt

Laser guide rail atau rel pemandu laser adalah komponen penting untuk memastikan tingkat presisi dan kelurusan hasil laser cutting. Terdapat laser guide rail sumbu X dan Y yang mendukung kerja motor penggerak dan timing belt agar dapat mencapai akurasi kerja sempurna.

5. Tabung Gas Laser

Tabung gas laser adalah bagian utama laser generator pada mesin laser cutting. Kebanyakan mesin laser cutting menggunakan tabung kaca. Namun, juga ada beberapa merk yang menggunakan tabung logam untuk menghasilkan sinar laser pemotong.

Tabung laser cutting tidak hanya berbentuk lurus, namun didalamnya terdapat pipa discharge tempat penghasil laser yang dibungkus oleh pipa pendingin sebagai tempat mengalirnya air. Tujuannya menjaga agar tabung tidak overheat sehingga bisa pecah atau meledak.

6. Cermin dan Lensa Sinar Laser

cermin pemantul sinar laser telson 1390

Sinar laser yang dihasilkan oleh tabung gas perlu diarahkan agar dapat bisa masuk ke dalam head laser. Disinilah peran cermin pemantul dibutuhkan. Kemudian agar presisi perlu dilakukan setting atau kalibrasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Cermin dan Lensa Mesin Laser Cutting

Setelah penyetelan cermin pemantul dilakukan, lensa fokus akan memfokuskan tembakan sinar laser. Sehingga tembakan sinar laser yang dihasilkan berukuran lebih kecil dan memiliki power yang lebih besar. Sehingga sinar laser dapat secara optimal melakukan cutting dan engraving.

7. Sistem Kontrol CNC

Merupakan komponen pengendali gerakan mesin yang berhubungan dengan pemrogaman komputer. Fungsinya untuk mengatur dan mengarahkan gerakan head laser pada sumbu X dan Y sesuai desain grafis yang telah diinput ke dalam memory mesin.

8. Panel Kontrol

komponen Panel kontrol mesin laser cutting telson 1390

Berfungsi untuk controlling dan monitoring keseluruhan proses kerja mesin laser cutting. Panel kontrol biasanya tersusun dari beberapa tombol pengaturan, tombol navigasi, dan panel layar.

9. Power Supply

Komponen ini sering dijumpai pada berbagai mesin elektronik. Fungsinya untuk menyuplai tegangan dari sumber listrik ke sistem kontrol, mesin penggerak, dan tabung gas. Komponen ini juga berguna untuk mencegah kerusakan komponen karena adanya perubahan mendadak dari sumber listrik eksternal.

Komponen Bagian Pendukung Mesin Laser Cutting

Bagian pendukung ini berguna untuk memastikan agar komponen utama mesin laser cutting dapat bekerja dengan baik. Dimana pada mesin laser cutting telson 1390 terdapat 3 komponen pendukung. Mulai dari water chiller, exhaust fan, dan air compressor. Berikut detail penjelasan fungsinya.

1. Water Chiller

Water chiller CW 5200 Mesin laser Cutting Telson 1390

Komponen ini merupakan bagian dari sistem pendingin mesin laser cutting. Khususnya untuk menjaga agar tabung gas laser tidak terlalu panas. Sehingga material penyusunnya tidak mudah rusak dan dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga : Cara Merawat Sistem Pendingin & Water Chiller Laser Cutting

2. Exhaust Fan

exhaust fan mesin laser cutting

Exhaust fan atau kipas pembuangan berfungsi sebagai pendukung sistem ventilasi udara pada mesin laser cutting. Komponen ini sangat cocok digunakan pada mesin laser cutting heavy duty, terutama ketika proses pengerjaan media berbahan plastik yang menghasilkan banyak asap.

3. Air Compressor

air compressor mesin laser cutting

Pada Mesin Laser Cutting Telson 1390 terdapat air blow system yang berfungsi mencegah rusaknya media cutting karena terbakar atau terlalu panas. Dimana udara yang dihembuskan dihasilkan menggunakan air compressor.

Semua komponen-komponen mesin laser cutting di atas akan dapat berjalan dengan baik dalam waktu lama, jika secara rutin dilakukan perawatan dan pembersihan. Simak detailnya dalam artikel cara lengkap melakukan perawatan mesin laser cutting.

Pemahaman terhadap cara kerja mesin laser cutting secara utuh juga akan membantu kamu dalam melakukan perawatan dan pengoperasian. Simak detailnya dalam artikel Teknologi Dibalik Cara Kerja Mesin Laser Cutting.

Tonton cara kalibrasi untuk mengoptimalkan mesin laser cutting !!

Temukan solusi mesin laser cutting dan percetakan hanya di Maxipro !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan