Fungsi laser cutting pada industri sangat penting, terutama untuk keperluan produksi. Keberadaan mesin laser cutting dapat meningkatkan kinerja produksi serta menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Selain itu, laser cutting juga menawarkan hasil potongan yang rapi. Motif tanda atau goresan dan pengukiran yang dibuat pada produk adalah sangat detail dan sesuai dengan desain awalnya. Ketiga fungsi tersebut dikenal dengan istilah marking, engraving dan cutting.

Anda juga bisa mengatur kedalaman sinar laser pada permukaan material agar tak terjadi kesalahan. Begitu pula dengan material yang digunakan, juga cukup menentukan rekomendasi jenis laser cutting yang bisa dipertimbangkan. Penggunaan laser cutting pun juga terdiri beberapa jenis, yakni laser cutting CO2, YAG dan fiber laser.

Fungsi Laser Cutting

Laser cutting sebagai mesin berteknologi tinggi yang multiguna, memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting bagi usaha produksi. Dengan mesin canggih maka akan membuat usaha Anda bisa menghasilkan produk yang berkualitas pula.

Adapun 3 fungsi utama laser cutting adalah cutting (memotong), engraving (mengukir) dan marking (menandai). Bila dijabarkan lebih detail bisa dibedakan lagi menjadi 5 mode, yaitu:

Cutting

Laser Cutting Kertas CO2

Sesuai dengan namanya, salah satu fungsi utama mesin laser cutting adalah memotong atau cutting. Sinar laser bertugas memotong bahan sesuai dengan desain awal yang sudah disiapkan.

Pemotongan tersebut akan menghasilkan produk yang terpotong rapi dengan sisa bahan yang hancur karena sinar laser atau bisa juga tersisihkan. Tidak hanya cutting, pada fungsi ini dikenal juga istilah punching dan perforating.

Punching

Punching adalah sebuah tindakan melubangi material tanpa memotong bagian di sekitarnya.

Lubang yang dibuat bisa menembus bahan atau hanya membuat goresan yang menjorok ke dalam tanpa benar-benar menjadi lubang. Sebagai contoh adalah membuat lubang untuk gantungan kunci atau membuat tekstur pada separuh permukaan karya seni.

Perforating

Sedangkan untuk fungsi perforating ialah bertugas untuk menggores atau melubangi material. Hampir sama dengan punching, namun perforating umumnya seperti melukai atau menyayat material sehingga menimbulkan garis putus-putus tanpa memotong sepenuhnya di bagian sekitarnya.

Pada fungsi ini, mesin memerlukan energi yang lebih besar dibandingkan fungsi lainnya, namun untuk prosesnya jelas lebih cepat dibandingkan engraving dan marking yang memerlukan ketelitian.

membutuhkan sinar laser dengan energi besar. Meskipun begitu, prosesnya lebih cepat jika dibanding grafir.

Marking

Laser marking

Memiliki arti menandai, mesin laser cutting juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menggores atau menandai material. Sinar laser bisa menimbulkan goresan atau tanda pada material tanpa merusak bagian lainnya, karena prosesnya tidak menggunakan alat tanpa ujung dan hanya berupa cahaya yang langsung bersentuhan dengan bahan.

Hal ini menyebabkan goresan atau tanda yang tercipta murni sesuai dengan desain yang sudah diinput dalam software komputer. Dibandingkan engraving, marking lebih menyangkut mengenai garis, tanda ataupun tulisan yang sederhana.

Bentuk yang dihasilkan berbentuk tetap dan tidak terlalu rumit. Hasil contoh dari marking paling banyak dijumpai pada label, papan nama, dan sebagainya.

Engraving

Grafir kartun pada kayu MDF

Pengertian engraving adalah mengukir atau menggrafir pada berbagai jenis material. Ukiran dan pahatan dibuat dengan kedalaman tertentu sesuai dengan keinginan. 

Proses engraving biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan marking dan cutting dikarenakan polanya lebih rumit. Namun untuk daya sinar laser yang dikeluarkan oleh fungsi engraving jelas lebih kecil dibandingkan cutting.

Karena butuh fokus dan ketelitian, engraving menghasilkan desain yang apik dan detail. Untuk fungsi ini, akan banyak Anda temui pada produk berupa karya seni yang menonjolkan tampilan dan nilai estetika.

Jenis-jenis Laser Cutting

Sesudah memahami fungsi laser cutting, maka Anda juga perlu mengenal jenis laser cutting yang ada di pasaran. Jenis laser cutting mengacu pada bentuk dan kemampuan spesifik yang dimiliki oleh satu jenis laser cutting dengan lainnya sehingga menjadi pembeda satu sama lain.

Ketiga jenis laser cutting ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis laser cutting mana yang cocok dengan usaha Anda. Adapun jenis laser cutting yang dimaksud adalah laser cutting CO2, YAG dan fiber laser.

Laser Cutting CO2

Mesin Laser Cutting CO2 Telson (Double Head)

Jenis laser cutting CO2 adalah jenis laser yang paling populer karena sering digunakan untuk berbagai bidang industri. Hal ini dikarenakan laser cutting CO2 dikenal mampu menembus, memotong dan mengukir pada beragam jenis bahan material, baik logam maupun non logam.

Laser CO2 merupakan laser dengan gas yang berasal dari campuran gas karbondioksida (CO2) dengan gas lainnya melalui proses elektrik. Jenis laser cutting ini akan menghasilkan engraving dan cutting yang bagus terutama pada bahan non logam.

Dikarenakan sangat fleksibel, para pengusaha sering menggunakan mesin laser cutting CO2 untuk mendukung usaha mereka. Dilengkapi dengan kualitas sinar laser yang bagus dan efisien serta efektif, laser cutting CO2 juga memiliki harga cukup terjangkau dibandingkan jenis sinar laser lainnya sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi usaha Anda.

Laser Cutting YAG

Mesin laser cutting YAG

Untuk jenis yang satu ini, memiliki bentuk output yang berbeda dengan laser cutting CO2. Laser cutting YAG merupakan golongan laser solid state yakni laser yang mengeluarkan output berupa sesuatu yang memiliki bentuk atau wujud.

Dalam hal ini, laser cutting YAG memiliki nama lain sebagai laser kristal dikarenakan bahan dasarnya berasal dari komponen yang mengendap seperti kristal dengan warna bening. Bahan utama sebagai komponen laser ini adalah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Orthovanadate).

Laser cutting YAG merupakan jenis laser cutting kelas menengah dikarenakan berteknologi tinggi namun harganya lebih murah dibandingkan fiber laser dan lebih mahal dari laser CO2. mesin dengan laser ini dikenal memiliki hasil yang tajam dan berdetail halus sehingga cocok untuk material logam dan plastik.

Fiber Laser

fiber laser metal cutting machines

Jenis laser cutting yang terakhir ialah fiber laser. Pengertian fiber laser adalah laser yang berupa benih laser yang berbentuk padat. Output laser ini adalah sinar dengan spot yang sangat kecil dibandingkan CO2 hingga 100 kali lipat sehingga dianggap lebih efektif untuk memotong segala material terutama bahan logam.

Untuk jenis laser cutting ini, mempunyai harga yang mahal karena menghasilkan pemotongan yang paling bagus dibandingkan laser CO2 dan YAG serta di dalam mesinnya terdapat desain khusus yang didukung oleh daya dioda pompa. Sehingga intensitas sinar dari fiber laser pun 100 kali lebih halus dibandingkan laser CO2.

Oleh karena itu, fiber laser biasanya khusus dipergunakan untuk mengolah material logam seperti kuningan, aluminum, besi, dan sebagainya. Hasil pemotongan yang tajam juga disebabkan oleh tingginya daya dari jenis laser cutting yang satu ini.

Mesin Laser Cutting CO2 Untuk Bahan Akrilik

Kesimpulannya, jenis laser cutting juga dipengaruhi oleh bahan yang akan digunakan. Salah satu bahan atau material yang mudah dijumpai dan mempunyai nilai jual untuk berbagai industri adalah akrilik. Proses pengolahan akrilik bisa dilakukan menggunakan jenis laser CO2.

Mesin laser cutting CO2 untuk bahan akrilik merupakan pilihan terbaik. Jenis laser cutting tersebut sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan material akrilik sehingga nantinya bisa didapatkan hasil jadi produk yang maksimal. Dan salah satu mesin terbaik untuk ini adalah Mesin Laser Cutting Telson 1390.

Dilengkapi dengan double head, membuat Mesin Laser Cutting Telson 1390 bisa bekerja dengan efektif dan efisien sehingga menghemat waktu serta material yang diperlukan. Serta untuk keperluan grafir atau mengukir dengan pola rumit, mesin ini sudah sangat mumpuni bahkan untuk desain yang detail sekalipun.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id