Apa Itu Laser Cutting? Pengertian, Keunggulan, dan Fungsi - Maxipro.co.id

Apa Itu Laser Cutting? Pengertian, Keunggulan, dan Fungsi - Maxipro.co.id

Pertanyaan mengenai apa itu laser cutting mungkin bisa sering terucap di kalangan orang awam begitu mereka mendengar istilah tersebut. Tak semua orang familiar tentang laser cutting, terutama mereka yang bukan berasal dari bidang industri.

Adanya perkembangan teknologi yang pesat, membuat hampir semua bidang kehidupan terpengaruh yang mana salah satunya adalah bidang industri. Pada bidang industri, dikenal istilah laser cutting yakni pemotongan (cutting) sebuah bahan material menggunakan bantuan sinar laser dari alat atau mesin tertentu.

Inovasi ini tentu sangat bermanfaat bagi dunia industri. Pemotongan yang dulunya dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan hasilnya minim kesalahan serta sangat presisi.

Apa Itu Laser Cutting?

Proses Cutting / Grafir dengan Mesin Laser

Potong & Grafir MDF

Laser cutting adalah suatu proses pemotongan bahan dan material tertentu yang mempunyai karakter keras dan kokoh menggunakan bantuan sinar laser yang mesinnya terhubung dengan sebuah program komputer. Bahan material yang dimaksud ialah bahan metal dan non metal.

Bahan metal contohnya yakni aluminium, logam, kayu, baja, stainless steel dan sebagainya. Sedangkan bahan non metal yaitu seperti akrilik, karet, plastik, marmer, kulit sintetis dan lainnya.

Hasil pemotongan menggunakan sinar laser akan lebih akurat dan rapi dibandingkan memotong dengan cara manual. Energi tinggi yang dihasilkan oleh laser adalah sekitar 3/4 inch dari permukaan bahan, yang membuat bagian material yang terkena sinar laser akan terbelah, terpotong hingga meleleh dan terbakar.

Sebelum proses pemotongan berlangsung, Anda wajib memperhatikan ketebalan material yang akan dipotong. Hendaknya diatur sedemikian rupa agar hasilnya dapat sesuai dengan keinginan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada pola yang kompleks sekalipun, diperlukan persiapan yang matang dan detail sebelum laser cutting dilakukan.

BACA JUGA : Kupas Tuntas! Cara Kerja & Bagian-bagian Mesin Laser Cutting Engraving

Keunggulan Mesin Laser Cutting

Membuat Puzzle dengan mesin laser cutting

Laser cutting digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang detail dan butuh ketelitian tinggi, seperti untuk penekanan dekoratif pada suatu produk. Oleh karenanya, laser cutting biasanya digunakan untuk furniture, karya seni dan aksesoris seperti gantungan kunci, gelang dan sebagainya. 

Adapun beberapa keunggulan laser cutting adalah sebagai berikut:

a. Proses Laser Cutting Termasuk Cepat

Karena desain hasil produk sudah disiapkan, maka proses pemotongan atau pembentukan material dapat dilakukan dengan cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal. Pengerjaan yang cepat juga mampu menghemat biaya produksi Anda.

b. Laser Cutting dapat Mengerjakan Desain yang Rumit

Pada pola yang detail, sinar laser cutting dapat mengerjakan desain yang rumit sekalipun. Pengaturan dari program komputer dan kemampuan mesin memungkinkan proses pemotongan atau pengukiran material bisa terlaksana dengan detail. Tingkat presisi juga sangat terjamin jika Anda memotong atau mendesain material dengan laser cutting

Desain yang rumit kemungkinan bisa membuat proses pemotongan akan berlangsung lama dan membuang banyak material gagal saat ada kesalahan, namun dengan menggunakan laser cutting maka prosesnya akan lebih efektif serta sangat meminimalisir adanya material gagal yang tak terpakai.

c. Mampu Memproses Berbagai Macam Jenis Bahan

Proses produksi laser cutting juga bisa untuk berbagai material seperti logam dan non logam. Hal itu membuat membuat efektifitas pengerjaan jadi lebih mudah karena menggunakan satu mesin bisa memproduksi berbagai material. Serta dapat memproses bermacam jenis bahan membuat mesin ini bisa digunakan untuk banyak produk dengan maksimal.

d. Hasil Jadi Yang Presisi

Menggunakan program komputer, bisa dipastikan jika produk akan memiliki hasil jadi yang presisi. Akan sangat kecil kemungkinan bagi mesin untuk melakukan kesalahan saat proses pemotongan atau pembuatan motif terjadi. Terlebih dengan persiapan yang matang termasuk adanya desain produk serta pengukuran material sebelumnya.

e. Produk Tampak Lebih Rapi

Anda bisa membandingkan hasil jadi produk dari mesin laser cutting dengan produk yang proses pemotongan atau pengukirannya menggunakan bantuan alat maupun dilakukan dengan manual. Perbedaan yang akan paling mencolok terlihat adalah produk dari laser cutting akan tampak lebih rapi. 

Fungsi / Kegunaan Laser Cutting

Contoh kerajinan Plakat akrilik

Plakat MDF & Akrilik (Produk Laser Cutting)

Sebagai mesin yang serba bisa dan berteknologi tinggi, mesin laser cutting memiliki fungsi utama yang menjadikan mesin ini sangat mumpuni untuk menopang produksi. 3 fungsi laser cutting tersebut antara lain:

1. Cutting / Punching / Perforating

Laser cutting jelas memiliki fungsi untuk memotong bahan, sesuai dengan namanya. Tak hanya memotong, sinar laser ini juga bisa digunakan untuk punching (melubangi), perforating (memotong putus-putus) serta menghancurkan bagian tertentu sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: Cara Grafir & Potong Akrilik dengan Mesin Laser Cutting

2. Marking (Menandai)

Kata marking memiliki arti menandai dan menggores. Dengan menggunakan sinar laser, Anda bisa memberikan goresan dan penanda pada material tanpa ujung alat harus bersentuhan langsung dengan material. Sehingga goresan yang dibuat murni berdasarkan desain yang sudah disimpan dalam program komputer.

Proses marking biasanya lebih berfokus pada tulisan sehingga bentuknya tetap dan tidak terlalu rumit. Tulisan pada material bahan sebagai contoh bisa dilihat pada label, papan nama, dan sebagainya.

3. Engraving (Grafir/Ukir)

Mempunyai arti menggrafir atau mengukir, engraving dapat membuat goresan dan ukiran dengan kedalaman tertentu pada berbagai jenis material. Pahatan atau ukiran tersebut akan terbentuk sesuai dengan apa yang sudah tergambar pada desain di program komputer.

Dibandingkan dengan marking, proses engraving memang bisa berlangsung lebih lama karena akan sangat fokus pada detail dan tingkat presisi. Namun hasilnya juga akan seimbang dengan kebutuhan Anda.

Hasil Profesional dengan Mesin Laser Cutting

Setelah mengetahui pengertian apa itu laser cutting, Anda sudah pasti paham benar mengenai pentingnya penggunaan laser cutting untuk produksi. Dengan memakai teknologi sinar laser, hasil produk profesional bisa dengan mudah didapatkan. Material yang digunakan pun akan efektif dan efisien karena prosesnya minim kesalahan.

Untuk menunjang kebutuhan usaha industri dan percetakan Anda atas teknologi laser cutting, Maxipro merekomendasikan Mesin Laser Cutting Telson 1390 yang sangat cocok untuk keperluan produksi.

Mesin Laser Cutting Telson 1390 merupakan mesin multifungsi yang bisa melakukan pekerjaan berupa engraving, cutting dan marking pada berbagai media. Sehingga Anda hanya membutuhkan satu mesin saja untuk memproses banyak material.

Tak hanya itu, mesin ini juga memiliki area kerja yang luas di mana Anda bebas menggunakan material yang lebar dan besar. Didukung pula dengan bodi mesin yang kokoh, Mesin Laser Cutting Telson 1390 cocok digunakan untuk heavy duty.

Mesin Laser Cutting Telson 1390

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!