Apakah kalian berpikir bahan poster hanya terbuat dari kertas? Sebagian besar orang-orang terfokus hanya pada desainnya daripada bahan itu tersendiri. Memilih jenis bahan untuk mencetak poster akan mempengaruhi nilai poster itu sendiri.

Poster sendiri sudah lama menjadi bagian penting dari media promosi, biasa digunakan sebagai media promosi jangka panjang maupun jangka pendek. Jika ingin menggunakan poster untuk media promosi jangka panjang, diperlukan media yang lebih dari sekedar kertas. Dengan jenis bahan poster yang tidak mudah robek dan rusak sehingga media promosi dapat bertahan lebih lama.

Cara Memilih Bahan Poster


1. Apakah dipasang di dalam atau luar ruangan?

Pada umumnya stiker dipasang ditempat yang basah dan terkena sinar matahari langsung. Bila demikian maka dibutuhkan bahan poster yang digunakan harus bahan jenis outdoor atau diluar ruangan.

2. Menyesuaikan Pencahayaan

Bahan poster yang dipilih disesuaikan dengan pencahayaan di area pemasangannya.

a. Pencahayaan yang cerah, maka standarnya menggunakan bahan cetak dengan jenis atau lapisan doff/matte supaya mencegah silau.

b. Pencahayaan yang rendah, maka standarnya menggunakan bahan cetak dengan jenis atau lapisan glossy supaya membuat desain poster terlihat berkilau dalam cahaya redup.

c. Pencahayaan sedang, tentu mau menggunakan bahan doff dan mattemaupun glossy akan tetap berfungsi baik. Namun dapat mempertimbangkan bahan semi glossy supaya mengesankan dan agak berkilau.

3. Penggunaan jangka panjang atau jangka pendek

Pilih bahan poster dengan gramasi yang tinggi. Hal ini akan membuat poster awet lebih lama. Jik poster digunakan di dalam ruangan atau indoor, biasanya peluang awetnya lebih besar. Poster dalam ruangan dengan bahan cetak foto dan frame biasanya bertahan hingga 4 tahun lebih.

4. Bagaimana Pemasangan Poster Yang Ingin Diterapkan

Agar tidak merusak properti, poster dapat diaplikasikan dengan digantung. Namun jika tidak ingin merusak dinding, kalian dapat membuat stiker bahan stiker. stiker dapat menempel dengan baik pada permukaan.

Bahan Poster Selain Kertas


Dalam mencetak poster, poster dapat dicetak dengan format biasa kemudian ditempelkan di material lain. Dengan begitu hasil poster akan terlihat lebih mewah berbeda dengan kertas poster yang dipajang langsung. Berikut adalah macam-macam bahan poster selain kertas;

Medium-Density Fibreboard (MDF)

Medium-Density Fibreboard (MDF) adalah material papan kayu yang tersusun dari kombinasi serat kayu dan serbuk kayu yang dipress atau dipadatkan. Latar belakang dibuatnya material MDF ini karena kebutuhan industri dengan bahan baku kayu semakin meningkat. Hal ini dilihat dari semakin berkembangnya industri furniture dan industri lain yang menggunakan bahan dasar kayu.

Jika ingin membuat poster dengan material selain kertas, MDF ini dapat digunakan sebagai bahan poster. Tentunya material ini lebih kokoh dibanding bahan poster biasa lainnya yang berupa kertas. Jika ingin membuat poster dengan bahan premium, material ini dapat dijadikan pilihan utama.

D-Board

D-Board memiliki karakteristik yang kaku dan ringan. Material D-board ini berbahan dasar kertas. Namun berbeda dengan kertas lainnya, teksturnya lebih bergelombang dan kepadatan yang kokoh. Kelebihan material ini ramah lingkungan, 100% dapat di daur ulang, dapat disesuaikan dan hemat biaya. Sehingga sangat direkomendasikan untuk kebutuhan media promosi dan iklan.

Seperti MDF, D-Board dapat dicetak langsung ke materialnya, namun jika ingin lebih murah dapat dengan melakukan cetak sticker kemudian menempelkannya pada bahan ini. Dengan menggunakan material ini juga dapat membuat sebuah booth yang unik dan lebih menarik.

Impraboard

Impraboard adalah sejenis plastik berongga yang berbentuk lembaran. Biasanya memiliki ketebalan antara 2mm – 5mm dengan ukuran dapat disesuaikan. Bahan ini ringan namun tetap kokoh untuk dijadikan bahan poster. Impraboard sering digunakan sebagai bahan poster dengan cara menempelkan stiker ke bahan impraboard.

 

Komatex / Foam board

Komatex atau biasa disebut juga Foam board, biasanya digunakan sebagai bahan alternatif atau pengganti, untuk menggantikan lembaran kayu dan triplek. Namun penggunaanya sangat cocok untuk industri periklanan sebagai media promosi. Bahan ini juga ramah lingkungan karena meminimalisir penggunaan bahan baku kayu.

Akrilik

Akrilik adalah plastik yang bentuknya menyerupai kaca. Namun memiliki karakteristik yang berbeda dengan kaca. Material ini tidak mudah pecah. Dan karena tidak mudah pecah, akrilik dapat dijadikan media promosi pada tempat yang akan mengakibatkan atau beresiko fatal jika terjadi perpecahan seperti kaca. Selain tahan pecah, akrilik juga tahan cuaca, tidak mudah mengkerut dan tidak mudah berubah warna meskipun terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menjadikan akrilik sebagai bahan poster di indoor maupun outdoor.

Itu adalah berbagai macam bahan poster selain kertas. MDF, D-Board, Impraboard, Komatex, dan Akrilik semua dapat digunakan untuk bahan poster dengan hasil tampilan yang lebih mencolok. Pilihlah material dengan menyesuaikan lokasi atau penempatan poster, anggaran biaya yang dikeluarkan, dan tampilan yang ingin didapatkan. Pilihlah mesin Finishing untuk banner, poster, spanduk di Maxipro.co.id.

Baca juga:

Fungsi Tipe – Tipe Banner Menjadi Sarana Promosi Jitu

5 Ide Usaha Kreatif Percetakan di Tahun 2020