Kalian pasti pernah mengunjungi sebuah acara atau tempat lalu kemudian diberikan tiket berupa gelang? Penggunaan gelang tiket kini menjadi hal lumrah dan banyak digandrungi. Dibandingkan dengan tiket pada umumnya yang hanya berupa selebaran kertas, tiket jenis ini lebih efisien dan unik. Apalagi dengan  jenisnya yang beragam, material dan penguncinya. Maxipro akan membahas tentang apa saja jenis tiket gelang dan bahannya, sehingga kalian bisa lebih mudah untuk menentukan tiket gelang dengan bahan yang cocok untuk acara kalian. Yuk kita simak !

Promo Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan

Tiket Gelang Kertas

Jenis tiket berupa gelang yang pertama adalah tiket gelang yang dibuat dari bahan kertas. Kertas yang digunakan tentunya bukan sembarang kertas biasa. Melainkan dibuat dari art paper vinyl elmo, dan yupo. Jenis kertas ini cukup baik karena bisa tahan terhadap air sehingga ketahannya lebih awet.

Pembuatan gelang untuk tiket memang tidak bisa sembarangan. Usahakan tiket gelang terbuat dari bahan yang baik dan bagus. Kekuatannya sangat berguna untuk memudahkan pengunjung. Jika tiket gelang ini mudah rusak, dikhawatirkan tamu undangan, pengunjung acara atau wisata, akan merasa dirugikan. Apalagi jika acara atau tempat wisatanya mengharuskan adanya tiket utuh untuk masuk.

Untuk jenis tiket yang dibuat menyerupai gelang ini, penampakannya lebih glossy. Dengan hasil printing yang kuat dan tulisan atau gambar tajam. Pembuatannya pun terkesan lebih mudah dan harganya lebih murah dibanding jenis yang lainnya.

Ada 2 jenis pengunci untuk tiket gelang kertas:

  • Standar: Pengunci biasa menggunakan double tape, sehingga jika sudah dipakai tidak akan bisa lepas, karena akan menyebabkan gelang rusak.
  • Lock Button: Menggunakan pengunci snap yang sangat kuat. Kancing ini hanya untuk sekali pakai, jadi ketika dilepas harus digunting atau dipotong. Dibandingkan dengan tiket standard, ticket lock button menggunakan kertas lebih tebal meskipun jenis kertasnya sama.
Baca juga: Cara Membuat Gelang Tiket Wristband

Tiket Gelang dari Karet

Jenis gelang tiket selanjutnya adalah tiket gelang yang terbuat dari bahan karet atau sintetis. Beberapa pebisnis baik untuk tiket tempat wisata, tak jarang ditemukan penggunaan jenis ini sebagai syarat tiket masuk. Pun untuk beberapa konser musik, banyak pula yang memanfaatkan karet gelang untuk dijadikan tiket masuknya.

Tiket gelang karet ini tergolong lebih sulit dalam pembuatan. Dari segi ukuran pun biasanya lebih terbatas dan tidak bisa terlalu lebar. Kadangkala untuk tulisan yang disematkan pun terbatas hanya pada nama acara atau tempat wisata. Hal ini dikarenakan proses pencetakan tulisan yang memang tidak mudah.

Promo Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan

Dari segi harga pun biasanya jenis ini lebih mahal. Namun dari segi kekuatan, tentu tiket gelang jenis karet lebih awet dan tahan lama. Bahkan tak jarang dijadikan aksesoris gelang tangan bagi para pengunjung sesudahnya.

Tiket Gelang Lanyard atau Wristband

Selain beberapa jenis gelang untuk tiket di atas, ada jenis lain yang tidak kalah banyak penggemarnya. Sesuai namanya, tiket berupa gelang jenis ini dibuat dari lanyard atau juga disebut dengan wristband. Bahan dasarnya bisa terbuat dari berbagai jenis kain. Beberapa kain yang sering digunakan seperti polyester, kain tissue, kain tube atau tubular dan lain sebagainya.

Tiket gelang wristband banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Terlebih untuk tiket seminar, event, konser musik, hingga tempat-tempat wisata ternama. Jika biasanya lanyard hanya digunakan untuk tali ID card atau tali lainnya, maka bukan tidak mungkin lanyard dijadikan sebagai tiket. Dalam penggunaanya, tiket berupa gelang wristband ini lebih kuat jika dibandingkan tiket gelang dari kertas.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Wajib Membuat E-Money Custom

Nantinya, tiket akan dibuat membentuk persegi panjang sekitar ukuran 2×30 cm. Di permukaannya diisi dengan tulisan informasi. Untuk penguat gelang, nanti ditambahkan lock atau berupa pengunci dengan berbagai jenis penguncian. Namun biasanya lock yang sering dipakai berupa pengunci yang dibuat silinder kemudian digeser untuk penggunaannya.

Jika kalian sedang mencari bahan apa yang cocok untuk tiket gelang acara kalian, usahakan memiliki kualitas yang baik. Selain sebagai tanda pengunjung suatu acara, gelang tiket juga sebagai penunjang fashion untuk anak muda yang datang. Demikian Aneka bahan tiket gelang untuk event musik atau wisata. Jika kalian mencari tempat untuk mencetak gelang tersebut pastikan jasa percetakan menggunakan mesin digital printing Maxipro.co.id.