Jenis Decal Sticker: Sticker Kendaraan Premium Yang Tahan Lama - Maxipro.co.id

Jenis Decal Sticker: Sticker Kendaraan Premium Yang Tahan Lama - Maxipro.co.id

Hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor pribadi. Dengan tampilan standar dari pabrik, tak jarang Maxivers menginginkan untuk memberi hiasan lain pada kendaraan agar terlihat berbeda dari yang lain.

Di sinilah kalian bisa menggunakan sticker untuk mempercantik tampilan kendaraan, dibandingkan harus mengecat ulang yang tentunya memiliki harga mahal dan memakan waktu lama. Serta belum lagi rentan terkena denda karena dianggap merubah warna pabrikan kendaraan sehingga tak sesuai dengan surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Untuk itu, kalian bisa menggunakan sticker seperti jenis decal sticker, cutting sticker dan sticker skotlet. Dimana jenis decal sticker bisa dibilang merupakan jenis sticker yang terbagus diantara ketiganya. 

 

Pengertian jenis decal sticker

 

Jenis Decal Sticker: Sticker Kendaraan Premium Yang Tahan Lama - Maxipro.co.id

 

Decal diartikan sebagai pemberian sticker khusus pada badan kendaraan yang berguna untuk mempercantik tampilan kendaraan. Sticker jenis ini terbuat dari bahan baku cat sejenis epoxy yang membuatnya memiliki tekstur lentur.

Pembuatannya menggunakan sistem digital sehingga tergolong mudah dan canggih. Desain sticker yang dibuat dengan komputer kemudian dicetak menggunakan mesin print pada sebuah lembaran sticker berwarna dasar putih.

Warna yang dihasilkan tentu lebih bagus dibandingkan sticker biasa. Belum lagi dengan tulisan dan motif yang menarik, tentu akan mempercantik kendaraan kalian. Serta pencetakan yang menggunakan mesin print digital, membuat desain dan ukurannya dijamin lebih presisi.

 

Istilah jenis decal sticker

Kata decal yang dipahami sebagai sticker yang bisa digunakan di outdoor (luar ruangan), ternyata dalam kamus New Oxford juga didefinisikan sebagai proses pemindahan (transfer) dari satu medium ke medium lainnya. Decal sendiri merupakan singkatan dari decalcomania dan diartikan sebagai desain yang kreatif. 

Pada aplikasinya, jenis decal sticker seolah terbuat dari vinyl karena memiliki desain dan grafik yang indah. Cocok untuk penggunaan outdoor, jenis sticker ini berbeda dari sticker biasa yang memerlukan kalian untuk melepas bagian punggungnya, sedangkan decal sticker dipindahkan (seringkali dalam beberapa bagian) bagian penutup (mask) ke permukaan yang ingin ditempeli sticker.

 

Kelebihan jenis decal sticker

Sticker jenis ini mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut:

Proses aplikasinya lebih singkat dibandingkan cutting sticker 

Pembuatan decal sticker membutuhkan printing yang full pada seluruh desainnya sehingga tak ada tumpukan warna saat ditempelkan ke badan kendaraan. Berbeda dengan cutting sticker yang harus ditutup dengan warna dasar agar gambarnya terlihat.

Misalnya kalian ingin menghias motor dengan cutting sticker berwarna biru, maka harus menutup badan kendaraan dengan sticker yang berwarna biru pula sebelum kemudian memasang gambarnya. Jelas akan lebih efisien menggunakan decal sticker yang bisa langsung dipasang tanpa perlu alas sticker lainnya. 

Selain itu, pembuatan decal sticker pun tergolong lebih cepat prosesnya dibandingkan cutting sticker. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan biaya kalian nantinya.

Kualitas gambar yang tak mudah terkelupas

Jenis decal sticker memang memiliki gambar yang tak terlalu tajam dibandingkan cutting sticker, namun pada faktanya decal sticker lebih tahan lama. Begitu pula dengan karakteristik sticker yang tak mudah mengelupas, dikarenakan oleh proses pembuatan decal sticker yang lebih menyeluruh.

Pemasangan pada kendaraan pun mudah dapat disesuaikan dengan keinginan. Seperti di motor, biasanya baik decal sticker dan cutting sticker dipasang di seluruh badan motor, sementara di mobil biasanya hanya pada bagian atau panel tertentu.

Harga lebih murah dibanding cutting sticker

Untuk decal sticker harganya memang lebih murah, hal ini dikarenakan proses cutting sticker yang lebih lama. Selain itu dengan proses pemasangan cutting sticker yang masih memerlukan lapisan dalam, tentu semakin banyak warna dan berdampak pada mahalnya biaya.

Proses pembuatannya menggunakan sistem digital

Memiliki warna dasar putih, pembuatan decal sticker nantinya mendapatkan desain pola dari komputer. Setelahnya, pencetakan sticker dilakukan dengan mesin print. 

Pemasangan ke badan motor pun mudah, yakni dengan menempelkannya memakai heat gun. Sehingga pembuatan hingga pengaplikasiannya tergolong efektif dan efisien dibandingkan cutting sticker.

Tahan lama

Dibandingkan repaint (mengecat ulang) kendaraan atau cutting sticker, tentu decal sticker adalah pilihan yang tepat karena lebih hemat dari segi biaya dan proses pemasangannya mudah. Bahkan sticker jenis ini mampu bertahan maksimal selama 3-4 tahun. 

 

Kekurangan jenis decal sticker

Di samping kelebihan, sticker ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

Harganya mahal dibandingkan sticker skotlet 

Selain decal sticker, untuk menghias kendaraan dikenal pula istilah sticker skotlet. Sticker jenis ini bisa dibilang lebih sederhana, karena terbuat dari plastik yang memiliki bahan perekat atau lem sebagai lapisannya. 

Dibandingkan sticker skotlet, tentu jenis decal sticker memiliki harga yang lebih mahal dikarenakan kualitasnya juga lebih bagus. Bahannya memang bagus dan lentur, juga tidak mudah meninggalkan bekas lem. 

Namun memang jika kalian hanya membutuhkan sticker pemanis untuk kendaraan dan tidak membutuhkan full body sticker, maka decal sticker tergolong cukup mahal. 

Dianjurkan diganti selama maksimal 2 tahun

Meskipun dikatakan bisa tahan selama 3-4 tahun, nyatanya decal sticker dianjurkan untuk dilepas dan diganti sebelum selama itu, yakni maksimal 2 tahun. Sebab dikhawatirkan setelah 2 tahun, akan ada bekas sisa lem sticker yang tertinggal di badan kendaraan.

Selain itu, warnanya juga dirasa akan lebih mudah pudar setelah waktu 2 tahun. Apalagi karena tidak memiliki sticker lain yang menjadi lapisan, tentu pudarnya sticker bisa mempengaruhi penampilan kendaraan.

 

Wah, jenis decal sticker sangat cocok untuk kendaraan ya!

Memiliki berbagai keunggulan, kalian bisa memilih jenis sticker tersebut untuk menghiasi kendaraan kalian. Berhubungan dengan sticker, Maxipro menyediakan Mesin Digital Flatbed Cutter 4060 sebagai mesin yang berfungsi sebagai mesin potong untuk media seperti sticker dengan alas berupa flatbed.

Mesin Digital Flatbed Cutter 4060 termasuk ke dalam mesin pond digital juga karena untuk pemotongan media tidak perlu membuat pisau pola pond terlebih dulu. Media yang bisa dipotong adalah sticker, kertas, cover untuk bungkus hardcover ataupun box.

Dilengkapi juga dengan system suction (penghisap), membuat media tidak miring pada saat dipotong. Adanya vacuum pompa yang sudah termasuk dalam penjualan Mesin Digital Flatbed Cutter 4060, tentunya membuat kalian tidak perlu membelinya di luaran sana. Informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, dapat kalian lihat di halaman berikut ya!

 

Mesin Digital Flatbed Cutter 4060

 

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Jenis Decal Sticker: Sticker Kendaraan Premium Yang Tahan Lama - Maxipro.co.id