Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media - Maxipro.co.id
Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media - Maxipro.co.id

Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media – Maxipro.co.id

Kemajuan teknologi yang semakin menyebar ke setiap unsur kehidupan, membuat berbagai macam inovasi dan perkembangan dilakukan demi kebaikan bersama. Selain itu, semua orang tentu berlomba untuk mendapatkan teknologi yang mutakhir untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.

Salah satu bidang yang tak lepas dari fenomena ini adalah bidang percetakan. Dalam kegiatan percetakan terutama digital printing juga mulai marak dilakukan inovasi baru yang semakin memudahkan setiap pekerjaannya. Sebagai contoh adalah UV printing.

 

Apa yang dimaksud dengan teknik UV printing?

 

Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media - Maxipro.co.id

 

Percetakan UV atau yang juga dikenal dengan UV printing adalah teknik percetakan unik yang menggunakan sinar ultraviolet atau UV dan tinta khusus yang bisa mencetak pada berbagai jenis media bahan mulai dari permukaan yang datar kertas, kayu, akrilik lembaran hingga objek 3D seperti pena, bola, mug, dll.

Proses ini tergolong menarik karena berbeda dari teknik lainnya. Mesin yang digunakan menempatkan titik-titik tinta agar dapat jatuh ke permukaan media bahan, yang nantinya akan diikuti oleh sinar UV. Penggunaan sinar UV itu adalah agar tinta khusus tersebut dapat mengering secara cepat.

Sekarang ini, percetakan dengan teknik ini makin populer karena digunakan oleh banyak kalangan. Didukung dengan teknik pengeringan yang cepat dan lebih modern, UV printing dianggap menjadi pilihan yang tepat bagi kebutuhan penggunanya.

 

Proses teknik printing konvensional

Pada prosesnya, teknik printing biasa memakai tinta pelarut yang sayangnya tak terlalu eco-friendly. Hal ini dikarenakan saat tinta tersebut mengalami penguapan dan membawa unsurnya ke udara, maka nantinya akan ada senyawa organik yang terlepas yakni Volatile Organic Compounds (VOC).

VOC diartikan sebagai senyawa yang mengandung komponen bahan kimia organik yang memiliki tekanan uap tinggi pada suhu ruangan sehingga dapat mencemari udara, baik dari proses produksi hingga diaplikasikan ke media lainnya. Oleh karenanya, perlu diperhatikan untuk memiliki cat atau tinta dengan kadar VOC rendah untuk meminimalisir efeknya.

Tinta konvensional biasa cukup susah untuk diaplikasikan ke media seperti plastik, aklirik lembaran dan kertas timah. Hal ini menyebabkan bahan media yang dapat dipakai menjadi cukup terbatas.]

 

Proses teknik UV printing

 

Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media - Maxipro.co.id

 

Di sisi lain, mesin printer untuk UV printing membutuhkan bahan tambahan untuk membantu proses pengeringan dalam mesin yakni bubuk semprotan. Dikarenakan senyawa yang terserap dalam media kemungkinan tak merata atau tinta terlalu encer, maka bisa saja nanti hasil jadinya memiliki warna kurang cerah.

Namun hal itu juga berhubungan dengan kualitas kertas yang digunakan termasuk gramasi dan jenis kertasnya. Serta perlu diperhatikan pula mengenai lamanya waktu pengeringan sejak proses awal hingga hasil jadinya telah benar-benar kering. 

Tinta UV printing dapat mengering dengan mudah melalui proses foto mekanis. Tahapannya dimulai saat sinar UV masuk ke dalam proses percetakan yang mana dapat merubah cairan menjadi berbentuk padat dengan pelarut yang mengalami sedikit sekali penguapan, bahkan hampir bisa dikatakan tak ada karena jumlahnya sangat kecil.

Sehingga, teknik UV printing bisa digunakan pada hampir semua bahan media yang ada. Sifat teknik yang mampu mengalami proses pengeringan dengan cepat tanpa perlu khawatir mengeluarkan VOC dalam jumlah banyak ke udara dan lingkungan sekitar, membuat UV printing patut untuk menjadi pertimbangan Maxivers.

Dibarengi teknologi bersifat eco-friendly dan dapat digunakan untuk semua jenis bahan media, membuat UV printing menjadi salah satu teknik unggulan di dunia percetakan.

 

Keunggulan teknik UV printing

UV printing memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya istimewa dibandingkan teknik printing lain, yaitu:

Efektivitas biaya dan efisiensi waktu terjamin

Mengapa dikatakan demikian? Hal ini karena pada dasarnya, UV printing tak membutuhkan coating apapun sebagai lapisan pelapisnya. Serta dengan mode pengeringan yang lebih cepat, jelas akan sangat menghemat waktu.

Fakta tersebut jelas berbeda dengan teknik percetakan konvensional yang masih membutuhkan pelapis untuk melindungi cat aslinya serta mempercepat proses pengeringan. Tentu saja dari sudut pandang ini, UV printing jelas lebih unggul.

 

Warna yang dihasilkan lebih cerah dan jelas

UV printing mampu menghasilkan warna yang lebih vibrant dibandingkan teknik printing lainnya. Sinar UV tak memberikan celah pada udara untuk masuk sehingga proses penyerapan tinta ke bahan media bisa berlangsung cepat dan rapat. Bahkan, saat mencetak fotorealistik dengan teknik ini, hasilnya akan terlihat sangat nyata.

Salah satu varian mesin UV printing yang umum digunakan adalah roll to roll. Mesin roll to roll merupakan mesin berbentuk gulungan rol yang mana nantinya bahan media akan ditempatkan di sana. Mesin ini sering digunakan untuk mencetak media promosi yang dapat digunakan secara outdoor dalam dapat melakukan pekerjaan dengan skala besar. 

 

Mampu mencetak di hampir segala jenis media bahan

Tak hanya pada kertas, UV printing mampu mencetak pada plastik, kaca bahkan logam. Hal ini membuat kalian dapat berkreasi sekreatif mungkin. Juga tak menutup kemungkinan, kalian bisa membuka prospek usaha yang baru karena begitu banyaknya opsi bahan media yang bisa digunakan.

 

Ramah lingkungan

Berbasis eco-friendly, UV printing telah terbukti ramah lingkungan karena tak ada senyawa berbahaya yang terlepas ke udara baik saat proses pembuatan hingga pengaplikasian pada bahan media. Fakta ini sangat penting terutama bagi keberlangsungan lingkungan dan kehidupan. 

 

Proses pencetakan cepat

Proses pengeringannya terbukti lebih cepat dibandingkan teknik printing konvensional. Kalian tak perlu menunggu lama untuk hasil tinta agar cepat mengering dikarenakan sebenarnya, tinta ultraviolet itu sudah mengering saat proses foto mekanis. 

Pengeringan yang bisa dibilang instan tersebut, membuat Maxivers bisa melakukan pencetakan dalam jumlah banyak namun hanya dengan waktu yang singkat. Selain menghemat waktu, jelas kalian dapat menghasilkan produk atau hasil jadi yang lebih banyak.

 

Hasil teknik UV printing pada media yang beragam membuatnya menarik

Karena dapat dicetak pada berbagai media, tentu hasil jadi produk teknik UV printing akan sangat menarik nantinya. Selain itu, teknik ini dapat digunakan untuk memproduksi media iklan outdoor seperti banner.

Tak hanya dari desain isinya, bentuk banner juga harus rapi untuk menarik perhatian pembacanya. Untuk merapikan bentuk banner agar lebih rapi, Maxivers bisa menggunakan bantuan mesin potong kertas yang juga mampu untuk memotong banner yang mungkin memiliki sudut yang tak rata.

Maxipro sebagai solusi untuk kebutuhan digital printing, merekomendasikan salah satu mesin potong kertas terbaik yakni Mesin Potong Kertas Telson MP490 STMesin ini merupakan mesin yang berukuran tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dipindahkan dan tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Tentunya mesin ini akan sangat bermanfaat jika kalian memiliki ruang yang terbatas.

Mampu memotong secara akurat sampai 0,3mm, membuat mesin ini menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan kalian. Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST juga menghasilkan hasil pemotongan yang presisi dan rapi.

Dilengkapi dengan teknologi canggih dan didukung oleh layar touch screen, menjadikan Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST adalah pilihan terbaik bagi kalian. Informasi lebih lengkapnya mengenai mesin ini bisa kalian dapatkan di halaman berikut ya!

 

Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST

 

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik UV Printing: Serba Bisa Di Semua Jenis Media - Maxipro.co.id