Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh - Maxipro.co.id
Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh - Maxipro.co.id

Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh – Maxipro.co.id

Meskipun teknologi dan perkembangan di dunia digital sudah semakin maju, namun promosi menggunakan media offline juga tak kalah dengan promosi media online dan bahkan masih bertahan hingga kini. Apalagi spanduk dapat dibuat dalam waktu yang cukup singkat dan memiliki harga yang tergolong murah.

 

Pengertian spanduk

 

Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh - Maxipro.co.id

 

Sebagai media informasi serta promosi offline, spanduk berisi informasi berupa slogan, berita atau pengumuman yang ditujukan untuk publik. Dengan ditempelkan di tempat terbuka seperti pinggir jalan atau di lokasi yang padat penduduk dapat membuat spanduk terbaca oleh banyak orang.

Dari segi penampilan, spanduk biasanya terbuat dari kain yang membentang dari berisi gambar serta tulisan. Dibuat dengan teknik sablon (screen printing), spanduk didesain agar bisa tahan lama karena diletakkan di luar ruangan.

Penggunaan spanduk tentu akan sangat menguntungkan bagi pembuatnya. Jika untuk ajakan melakukan kebaikan atau pelaksanaan kebijakan publik yang baru, maka publik akan bisa dengan cepat mengetahuinya.

Begitu pula jika spanduk digunakan untuk mempromosikan barang jualan atau jasa, maka dengan menempatkannya di pinggir jalan atau tempat terbuka, selanjutnya bisa menarik perhatian calon pembeli. Karena itu lah spanduk yang dipasang harus menarik dan menonjolkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik.

 

Jenis-jenis spanduk

Spanduk terbagi menjadi 3 jenis, yakni:

  • Spanduk sablon

Dikenal dengan spanduk termurah diantara ketiga jenis lainnya, spanduk ini dapat mudah diproduksi hingga 100 spanduk/hari. Meskipun begitu, spanduk ini rentan rusak apabila terkena air karena nantinya cat akan lebih mudah luntur.

  • Spanduk semprot (spray)

Dibandingkan spanduk sablon, jenis spanduk ini lebih tahan terhadap air sehingga lebih aman jika basah. Namun, proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama dibanding spanduk jenis lainnya.

  • Spanduk printing

Adalah spanduk yang terbaik dan termahal diantara ketiganya. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan sudah sangat canggih serta warna yang dihasilkan full colour yang mana mampu menegaskan citra yang kuat. Tentu saja kualitas yang dihasilkan adalah yang terbaik sepadan dengan biayanya yang cukup mahal.

 

Fungsi spanduk

Secara lengkapnya, spanduk memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  • Memberikan informasi terkini pada masyarakat;
  • Mempromosikan barang atau jasa kepada calon pembeli;
  • Menumbuhkan rasa kepercayaan, loyalitas dan simpati dari publik;
  • Membangun citra positif atas produk baik barang dan jasa, dll.

 

Ciri-ciri spanduk

Meskipun memiliki banyak jenis, spanduk pada umumnya memiliki beberapa ciri-ciri yang sama, yaitu:

  • Berukuran lebar sekitar 90-100cm dan panjang hingga 800cm;
  • Tulisannya singkat namun berukuran besar agar dapat terbaca dengan mudah;
  • Biasanya memiliki gambar;
  • Pewarnaannya kontras atau mencolok agar mudah terbaca, serta;
  • Ditaruh di lokasi yang padat penduduk dan pinggir jalan atau tempat yang strategis lainnya.

 

Kelebihan dan kelemahan spanduk

Spanduk sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

1. Kelebihan

  • Area jangkauan jauh, maksudnya dapat terlihat dan terbaca dari jarak yang jauh;
  • Memudahkan masyarakat mengingat karena kalimatnya pendek dan biasanya memiliki gambar dan slogan;
  • Pembuatannya mudah;
  • Ukuran spanduk dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan;
  • Ditempatkan di lokasi yang strategis, dll.

2. Kelemahan

  • Tidak bisa dipasang dalam waktu yang cukup lama;
  • Karena kalimatnya pendek, meskipun mudah diingat namun tak jarang informasi yang diberikan tidak terlalu lengkap;
  • Freakuensi penempatan spanduk yang tinggi dapat menimbulkan rasa bosan serta mengganggu keindahan lokasi, dll.

 

Hal yang harus diperhatikan saat membuat desain spanduk

 

Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh - Maxipro.co.id

 

Spanduk memang memiliki banyak kegunaan dan sangat baik apabila dipakai sebagai media promosi dan penyebaran informasi secara online, namun tidak serta merta membuat kalian dapat membuat spanduk seenaknya saja.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat spanduk, ada baiknya Maxivers memperhatikan dengan benar desain spanduk yang akan dibuat. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat desain spanduk ialah:

  • Template desain spanduk

Secara keseluruhan, penataan tulisan dan gambar (jika ada) harus menarik perhatian pembacanya. Berikan ruang yang cukup antara satu kata dengan kata lainnya atau juga mungkin jarak huruf dengan gambar.

Kalian harus memastikan bahwa template yang akan digunakan bisa menyesuaikan dengan ukuran desain sehingga nantinya tidak akan ada ruang kosong pada spanduk.

  • Ukuran spanduk

Mengenai ukuran spanduk, harusnya diperhatikan besar dan kecilnya sesuai dengan lokasi atau ruang dimana spanduk tersebut akan ditempatkan. Begitu pula kalian juga wajib memperhatikan apakah ukuran spanduk itu setidaknya termasuk dalam kategori wajar supaya tidak mengganggu pemandangan di lokasinya. 

  • Tulisan spanduk

Penempatan spanduk di tempat yang ramai, membuat spanduk kemungkinan besar akan dibaca oleh banyak penduduk yang lalu lalang. Selain ukuran spanduk yang harus sesuai dengan kondisi lokasi, tulisan spanduk juga harus diperhatikan.

Agar spanduk bisa terbaca, pastikan hurufnya jelas untuk dibaca dari jarak jauh sekalipun. Perhatikan pula lisensi huruf yang digunakan dengan mengunduhnya melalui kategori free font for commercial use sehingga font bisa digunakan secara bebas untuk tujuan komersil sekalipun.

  • Warna pada spanduk

Pewarnaan pada spanduk juga berpengaruh besar terhadap reaksi yang diberikan oleh pembaca nantinya. Meskipun disarankan menggunakan warna kontras, usahakan untuk tak memberikan warna yang bertabrakan atau tidak bagus untuk dilihat secara bersamaan , yang mana justru akan menimbulkan kesan buruk.

Berikan warna yang kontras seperti satu gelap dan satu cerah namun keduanya harus bisa bercampur dengan baik, misalnya warna biru gelap dan merah muda. Pastikan pula warnanya tidak membuat tulisan sulit terbaca.

  • Gambar spanduk

Selain tulisan, kalian juga bisa menambahkan foto atau gambar pada spanduk untuk mempercantik tampilan spanduk nantinya. Pastikan ukuran foto tidak terlalu memakan banyak tempat pada ukuran spanduk.

Perlu diperhartikan pula agar resolusi gambar yang digunakan cukup besar agar hasilnya tidak pecah saat dicetak. Resolusi gambar tersebut juga ditentukan oleh ukuran spanduk yang nanti akan digunakan.

 

Menjangkau hingga jauh, spanduk sangat bermanfaat!

Pembuatan spanduk yang bisa menjangkau area luas juga harus dibarengi dengan pemasangan yang strategis. Untuk memasang spanduk, kalian juga memerlukan mesin mata ayam yang berguna dalam hal melubangi ujung spanduk agar lebih mudah dipasang pada lokasi.

Mesin mata ayam adalah mesin yang digunakan untuk menanamkan mata ayam pada sudut spanduk yang digunakan sebagai tempat tali pengikat spanduk ke tiang atau bangunan untuk menopangnya. Selain dengan istilah mata ayam, benda ini juga dikenal dengan nama mata itik, ikan, sapi atau domba yang merupakan sebuah bahan aksesoris yang mempunyai banyak sekali kegunaan.

Maxipro adalah solusi terbaik untuk kebutuhan digital printing kalian, dapat merekomendasikan Mesin Mata Ayam 1 Mata Desktop 4mm sebagai salah satu mesin ayam terbaik. Mesin tersebut mempunyai dimensi sebesar 60 × 25 × 45 cm sehingga tak terlalu memakan banyak tempat.

Dapat melakukan binding hingga ketebalan 3mm serta menempelkan eyelet dengan diameter 4mm, Mesin Mata Ayam 1 Mata Desktop 4mm cocok untuk memenuhi kebutuhan spanduk kecil Maxivers. Belum lagi mesin ini mendukung kapasitas isi bahan hingga 1200 pcs, tentu akan sangat bermanfaat sehingga kalian tak perlu bolak-balik mengisi mata ayam.

Mesin Mata Ayam 1 Mata Desktop 4mm juga menawarkan hasil mata ayam yang rapi tanpa tatakan bawah. Dilengkapi dengan tuas yang ringan, mesin ini adalah alat yang bisa mempermudah pembuatan spanduk. Informasi selanjutnya bisa kalian dapatkan di halaman berikut ini!

 

Mesin Mata Ayam 1 Mata Desktop 4mm

 

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Spanduk: Media Promosi Offline Yang Menjangkau Jauh - Maxipro.co.id