Cara memilih mesin potong kertas/mesin penghancur kertas

Mesin-potong-yang-digunakan-cetak-Brosur

Sedang mencari mesin potong kertas yang tepat? Mesin potong kertas memang memiliki fungsi yang penting di kantor. Untuk kalian yang bekerja di kantor tentu tahu bagaimana peliknya dokumen-dokumen yang tersebar di ruang kerja. Ada saja surat yang harus dibuat seperti surat jalan, surat tugas karyawan, surat kontrak dan lain-lain. Apalagi dokumen di berbagai departemen berbeda-beda.

Untuk dokumen yang diperlukan biasanya terdapat kabinet-kabinet khusus untuk menyimpan file dengan rapi. Namun jika tidak diperlukan, kertas-kertas yang menumpuk bisa menyebabkan kekacauan. Oleh karena itu kantor memerlukan mesin pemotong kertas untuk mengatasi menumpuknya kertas di kantor. Dengan potongan kecil-kecil akan lebih mudah membuang sampah kertas ini dan tentu saja potongan ini lebih mudah didaur ulang.

Ukuran Mesin

Mesin penghancur kertas ini memiliki ukuran yang beragam. Dari yang sangat mini hingga sangat besar, oleh karena itu gunakanlah sesuai kebutuhan. Apabila membutuhkan mesin itu untuk perusahaan besar gunakanlah mesin potong kertas yang besar, kalau hanya untuk kebutuhan di kantor atau rumah gunakan mesin penghancur kertas portable.

Pemilihan ukuran ini juga harus ditentukan berdasarkan ruang dimana akan meletakkan mesin. Kalau diletakkan di kantor dengan ruang berukuran kecil, tentunya kalian butuh mesin dengan bodi yang ringkas. Lebih baik lagi, mudah dipindahkan, agar gampang disesuaikan kalau ada barang lain yang harus dimasukkan ke dalam kantor.

Harga yang Sesuai

Kalian pasti tau pepatah lama yaitu Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Makan untuk membeli mesin penghancur kertas juga harus melihat harga yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau mesin diperlukan untuk kantor, maka harus menyesuaikan dengan budget finansial kantor.

Mesin potong kertas ini juga memiliki harga yang sangat beragam. Harga mesin disesuaikan dengan spesifikasi-spesifikasi barangnya, sehingga kalian bisa mempertimbangkan harga mana yang paling pas dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Tips Merawat Pisau Mesin Potong Kertas

Jenis Dokumen yang akan Dihancurkan

Dokumen-dokumen perusahaan biasanya memiliki jenis yang berbeda-beda. Dari surat biasa hingga surat pribadi seperti data karyawan atau lainnya. Untuk surat-surat yang dianggap penting, agar informasi tidak tersebar atau tidak disalah gunakan, kalian butuh mesin penghancur kertas yang dapat memotong kertas.

Frekuensi Pemotongan

Pertimbangan yang penting jika kantor atau perusahaan mempunyai jam kerja yang tinggi, kalian membutuhkan mesin penghancur kertas yang juga bisa bekerja dengan cepat dan bisa menghancurkan banyak kertas dalam satu waktu.

Ada beberapa mesin yang membutuhkan jeda waktu untuk mendinginkan mesin setelah dipakai. Kalau kantor atau perusahaan memiliki frekuensi kerja yang tinggi yang menghasilkan jumlah dokumen yang banyak, tentunya ini sangat menghambat pekerjaan.

Untuk itu, kalian butuh mesin yang dilengkapi dengan sistem thermal yang bisa memproteksi mesin dari panas berlebih. Jadi, seberapa lama pun menggunakan mesin ini, mesin ini tidak akan mudah rusak. Selain itu, mempertimbangkan juga daya tampung mesin, sehingga tidak akan ada waktu terbuang percuma karena serpihan kertas harus bolak-balik dibuang.

Jika pekerjaan kalian tidak menghasilkan terlalu banyak dokumen dalam satu hari, maka cukup menyediakan mesin dengan daya tampung yang tidak terlalu besar. Yang pasti, sebaiknya kalian menyediakan mesin penghancur kertas dengan sistem on-off yang otomatis, untuk menjaga kepraktisan kerja dan mencegah panas berlebih akibat lupa dimatikan.

Itulah spesifikasi mesin pemotong kertas yang bisa kamu andalkan. Jika mencari mesin pemotong kertas untuk bisnis percetakan, kalian bisa kunjungi Maxipro.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×