Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - MaxiproDalam bisnis percetakan, sedikitnya ada dua jenis mesin yang paling sering digunakan. Jika bukan mesin cetak atau printer, bisa dipastikan mesin tersebut pastilah mesin potong kertas.

Peran pemotong kertas dalam bisnis percetakan memang sangat vital. Setiap harinya mesin ini pasti digunakan, minimal beberapa kali dalam sehari. Dalam bisnis percetakan yang sudah besar, mesin potong kertas bahkan beroperasi lebih sering lagi. Itulah kenapa mesin pemotong kertas menjadi mesin yang wajib ada saat mengawali sebuah bisnis percetakan.

Apa Itu Mesin Potong Kertas

Mesin potong kertas merupakan jenis mesin yang dibuat dengan fungsi yang sangat spesifik, yakni untuk memotong kertas. Fungsi pemotong kertas sendiri sebenarnya memang bisa dijumpai pada gunting dan cutter. Namun untuk memotong kertas dalam jumlah yang sangat besar, mesin inilah yang digunakan.

Mesin pemotong kertas didesain dengan beragam fitur yang mampu memudahkan proses pemotongan kertas. Mulai dari table size yang luas dengan grid sebagai garis bantu untuk memotong lebih presisi, penahan kertas hingga pisau pemotong yang kuat dan tajam, semua dibuat untuk memudahkan pengguna dalam memotong kertas. Bahkan ada juga mesin potong kertas otomatis yang mampu memotong berlembar-lembar kertas secara otomatis.

Fungsi Mesin Pemotong Kertas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, fungsi utama dari mesin pemotong kertas adalah untuk memotong kertas. Namun berbeda dengan gunting dan cutter, mesin ini mampu memotong beberapa kertas secara bersamaan. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan tenaga.

Kapasitas mesin potong kertas sendiri bisa berbeda-beda tergantung dari spesifikasinya. Ada mesin yang hanya bisa memotong 3 lembar kertas dalam satu waktu, ada juga yang bisa melakukan lebih dari itu.

Selain memotong kertas, mesin potong kertas juga bisa digunakan untuk memotong material cetak yang lain. Misalnya saja seperti stiker atau material lain. Namun perlu menjadi catatan. Agar mesin tidak cepat rusak, perhatikan petunjuk penggunaan sebelum mulai menggunakan mesin potong kertas.

Jenis-Jenis Mesin Potong Kertas

Ada beberapa jenis mesin pemotong kertas yang ada di pasaran. Sedikitnya, ada dua jenis mesin potong kertas yang bisa Anda jadikan pilihan. Kedua jenis mesin potong tersebut adalah mesin potong kertas manual dan otomatis. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan keduanya.

1. Mesin Potong Kertas Manual

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro

Sesuai dengan namanya, mesin potong manual adalah jenis mesin potong yang bekerja secara manual. Mesin ini dioperasikan sepenuhnya dengan tenaga manusia. Tergantung dari jenis mesin yang digunakan, pengguna harus menekan pisau pemotong atau menariknya dengan kuat. Jadi semakin banyak jumlah kertas yang harus dipotong, semakin besar pula tenaga yang harus dikeluarkan.

Mesin potong kertas manual sendiri masih dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni mesin potong rotary trimmer dan guillotine.

  1. Mesin Rotary Trimmer

Mesin potong rotary trimmer menggunakan pisau pemotong bundar yang meluncur di atas rel. Jenis mesin potong yang satu ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Karena itu, mesin rotary trimmer banyak disukai oleh grafik desainer dan fotografer, contohnya mesin trimmer 5 in 1.

  1. Mesin Guillotine Cutter

Jenis mesin potong yang satu ini memiliki lengan pisau yang ditarik ke bawah untuk memotong tumpukan kertas. Untuk memastikan keamanan pengguna, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaman. Mesin guillotine cutter mampu memotong kertas dalam jumlah banyak, bahkan hingga lebih dari 20 lembar kertas. Karena itulah, jenis mesin potong ini sangat populer untuk bisnis.

2. Mesin Potong Kertas Otomatis

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro

Jika mesin potong manual sepenuhnya dioperasikan dengan tenaga manusia, beda halnya dengan mesin potong kertas otomatis. Mesin ini dirancang untuk bisa memotong kertas secara otomatis. Pengguna cukup memasukkan kertas ke dalam mulut mesin. Saat mesin mendeteksi ada kertas yang dimasukkan, mesin akan langsung memotong kertas tersebut.

Mesin potong otomatis biasanya digunakan untuk produksi skala besar. Karena mampu bekerja secara otomatis, mesin ini sangat cocok untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mempercepat pekerjaan. Itulah kenapa mesin potong otomatis lebih sering digunakan oleh bisnis percetakan skala menengah hingga besar.

Tips Memilih Mesin Potong

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro

Mesin potong adalah aset investasi. Karena itu, Anda tidak bisa asal memilih mesin pemotong kertas. Mesin dengan spesifikasi tinggi memang bagus. Tapi kalau kebutuhan bisnis Anda tidak setinggi itu, membeli mesin yang terlalu mahal jelas hanya akan membuang-buang uang.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin pemotong kertas. Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih mesin potong kertas.

1. Pertimbangkan ukuran material yang sering dipotong

Mesin potong kertas memang secara spesifik desain untuk memotong kertas. Namun perlu diingat, ada banyak jenis kertas yang ada di luar sana. Setiap jenis kertas memiliki ketebalan yang berbeda. Belum lagi soal ukurannya.

Saat memilih mesin pemotong, pertimbangkan ukuran material yang akan dipotong nanti. Jika kertas yang dipotong lebar, pilihlah mesin potong yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut.

2. Tipe material yang dipotong

Jika material yang dipotong adalah kertas tipis biasa, mesin potong apapun rasanya tidak ada masalah. Namun jika material yang dipotong lebih tebal dan lebih sulit dipotong, sebaiknya pilih mesin yang cukup kuat untuk menangani hal tersebut.

Memotong material yang keras memang membutuhkan mesin khusus. Anda tidak bisa menyerahkan tugas tersebut pada sembarang mesin potong kertas.

3. Kuantitas material yang dipotong

Berapa banyak material yang dipotong setiap harinya? Saat ingin memilih mesin potong, Anda juga perlu mempertimbangkan hal tersebut. Untuk tugas sederhana seperti memotong beberapa puluh lembar kertas dalam satu hari, mesin potong manual sudah cukup. Namun jika skala produksinya lebih besar atau mencapai ratusan lembar kertas dalam satu hari, ada baiknya Anda mempertimbangkan mesin potong otomatis.

4. Keamanan

Memotong kertas adalah pekerjaan yang berisiko. Ada risiko terluka saat melakukannya. Karena itu, fitur keamanan harus menjadi perhatian utama dalam memilih mesin pemotong kertas. Jangan sampai hanya untuk menghemat sedikit uang Anda rela mengorbankan keselamatan.

5. Layanan after sales dan garansi

Tidak ada yang bisa memastikan apakah mesin yang dibeli dapat bertahan lama. Karena itu, carilah mesin yang punya garansi dan layanan after sales yang baik. Jadi kalau ada hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan terjadi di masa depan, Anda bisa mengajukan klaim garansi dan meminta perbaikan dengan mudah.

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro

Kalian juga bisa menonton video berikut ini !!!

KESIMPULAN

Mesin pemotong kertas merupakan aset penting dalam bisnis percetakan. Keberadaannya sangat penting. Namun di sisi lain, Anda tentu ingin mendapatkan mesin potong yang benar-benar mampu memudahkan pekerjaan dan punya masa pakai yang panjang. Itulah kenapa kualitas mesin harus selalu menjadi perhatian utama.

Maxipro memiliki beragam jenis mesin potong kertas dengan spesifikasi dan fitur yang bervariasi. Jadi jika Anda mencari mesin potong berkualitas, Anda bisa menemukannya di Maxipro.co.id.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Mengenal Jenis Mesin Potong Kertas dan Tips Memilih Pemotong Kertas Terbaik - Maxipro