Mengenal Jenis dan Cara Memilih Mesin Cetak Sticker - maxipro.co.id

Mengenal Jenis dan Cara Memilih Mesin Cetak Sticker - maxipro.co.id

Mesin cetak stiker sangat diperlukan untuk kebutuhan memproduksi stiker terutama dalam jumlah banyak. Dalam dunia industri stiker, keberadaan mesin ini sangatlah penting untuk meningkatkan laju produksi.

Peluang bisnis yang dimiliki stiker memang sangat menarik. Hanya dengan modal sedikit, Anda selaku pengusaha dapat meraup untung cukup banyak karena kebutuhan akan stiker di masyarakat cukup banyak.

Namun sebelum menjalankan usaha sticker, ada baiknya Anda memahami mengenai jenis sticker yang dibuat, begitu pula dengan bahan dan desain yang bisa diproduksi. Selain itu, pengadaan mesin cetak stiker juga diperlukan agar produksi bisa berjalan cepat dan lancar.

Apa Itu Mesin Cetak Sticker?

Sticker laptop yang unik dan menarik

Mesin cetak stiker menawarkan kemudahan dalam mencetak stiker serta memberikan hasil cetak yang lebih bagus. Stiker akan terlihat jelas dengan warna yang tajam, karena mesin yang digunakan memang khusus untuk itu.

Selain itu, akan lebih menguntungkan jika sticker yang dibuat dapat lebih awet dan menarik. Anda pun bisa menggunakan beragam jenis bahan kertas dengan mesin ini sehingga lebih fleksibel terutama untuk keperluan usaha.

Mesin cetak yang besar ini sangat cocok untuk keperluan industri atau untuk mencetak stiker dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, mesin stiker ini biasanya identik dengan heavy duty.

Manfaat Memiliki Mesin Cetak Sticker

Keberadaan mesin cetak stiker pun dianggap sangat penting bagi usaha industri yang dimiliki. Manfaat yang bisa didapat dengan memiliki mesin cetak stiker sendiri antara lain:

    1. Dapat dengan mudah melakukan print sesuai kebutuhan kapanpun dan dimanapun. Anda tidak perlu menunggu dengan pergi ke jasa percetakan atau memesan stiker secara online. Karena dengan memiliki mesin sendiri, Anda bisa mencetak stiker dengan mudah.
    2. Membuat label stiker custom bisa lebih mudah. Dengan memiliki mesin cetak stiker sendiri, Anda bisa berkreasi dengan desain dan tidak terlalu terpaku pada contoh yang ditawarkan oleh jasa percetakan. 
    3. Mudah untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu. Meskipun desain stiker sudah difinalisasi, tak dipungkiri terkadang bisa saja ada lagi perubahan yang dilakukan setelah itu. Saat perubahan dilakukan, Anda bisa dengan cepat merubah desain stiker sebelum produksi stiker tersebut selesai, tanpa perlu melalui pihak lainnya seperti jasa percetakan.
    4. Peningkatan brand awareness. Dengan menggunakan stiker yang dapat merepresentasikan usaha Anda, maka stiker bisa menjadi media promosi yang bagus. Selain itu, stiker juga dapat mempercantik produk dan memberikan informasi mengenai produk yang dijual.
    5. Menekan biaya pengeluaran. Perusahaan yang memiliki mesin cetak sendiri tentu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan jasa percetakan untuk memproduksi stiker, dengan begitu biaya pengeluaran akan lebih murah. 

Cara Memilih Mesin Cetak Sticker Terbaik

Mesin Cetak Sticker Vinyl Besar

Memilih mesin cetak memang bukan perkara yang sulit, tetapi dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran, Anda harus bisa memiliki pertimbangan yang matang sebelum menentukan mesin cetak stiker mana yang akan dibeli.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih mesin cetak stiker terbaik menurut Maxipro, antara lain:

1. Ukuran Kertas Stiker

Ukuran kertas stiker juga harus sesuai dengan mesin yang akan dibeli. Kertas yang terlalu besar tentu tidak bisa digunakan pada printer yang berukuran lebih kecil. Sebaliknya, jika ukuran kertas terlalu kecil dibandingkan mesin cetak, maka hasil stiker tidak akan maksimal.

2. Kualitas Hasil Stiker

Mesin dengan kapasitas jenis warna yang banyak dan fitur personalisasi desain printer, akan memberikan kualitas hasil yang profesional dan bisa menarik di mata pelanggan. Oleh karena itu, Anda juga bisa memutuskan untuk memilih jenis mesin cetak stiker berdasarkan hasil dan kualitas yang ingin didapat.

3. Tipe Mesin Cetak Sticker

Anda bisa menyesuaikan printer sticker yang akan dipilih dengan kebutuhan usaha Anda. Misal untuk pembuatan stiker sudah bisa dipenuhi dengan printer stiker, maka pilih printer stiker. 

Printer stiker terbagi menjadi 3 tipe, yaitu:

    • Digital merupakan tipe printer yang menghasilkan stiker dengan kualitas tinggi dan high resolution. Hal ini membuat harga printer stiker menjadi cukup mahal.
    • Thermal adalah tipe printer stiker yang paling murah sehingga hasil stikernya bisa dikatakan cukup bagus meski bukan yang terbaik.
    • Inkjet ialah printer stiker yang dianggap sebagai penghasil stiker berkualitas tinggi.

4. Ukuran Mesin Cetak Stiker

Pemilihan ukuran mesin cetak juga sangat berpengaruh. Jika ruangan yang dimiliki cukup sempit, maka lebih baik memilih mesin yang ukurannya tak terlalu besar. Begitu pula sebaliknya, jika ruangan Anda besar dan keperluan produksi cukup banyak maka ada baiknya memilih mesin cetak industri yang memiliki ukuran besar pula.

5. Mode Mesin Cetak Stiker

Mode yang dimiliki oleh mesin cetak stiker terbagi menjadi 2 yakni manual dan otomatis. Selain itu, ada mesin yang menggunakan kabel dan tidak atau wireless seperti printer stiker. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus pula dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

6. Mode Auto Cutter

Adanya fitur auto cutter pada beberapa mesin cetak stiker membuat Anda bisa memotong dengan mudah dan presisi tanpa merusak bagian tak terpakai lainnya dari kertas stiker saat proses cetak berlangsung.

7. Harga Mesin Cetak Stiker

Harga dari mesin juga berhubungan anggaran perusahaan. Pastikan harga tersebut masih bisa dibebankan pada perusahaan dan tidak membebani. Selain itu, perhatikan pula apa harganya sudah sepadan dengan kualitas yang dimiliki oleh mesin tersebut.

Jenis-jenis Mesin Cetak Sticker

a. Kecil (Mini)

Mesin cetak stiker kecil memiliki ukuran yang kecil dan tidak juga sedang. Ukuran yang dimiliki mesin ini biasanya terdiri dari A4 dan A3. Mesin ini memang cocok untuk usaha fotokopi dan percetakan untuk keperluan mencetak yang tidak terlalu heavy duty

Bentuknya yang tidak terlalu besar, membuat mesin ini mudah ditempatkan di tempat yang sempit hingga sela atau pojok. Untuk mesin cetak ini biasanya hanya mampu digunakan untuk mencetak stiker atau kertas saja sehingga tidak terlalu multi tasking.

b. Medium (A3+)

Berukuran lebih besar dari mesin cetak berukuran mini, mesin medium juga bisa melakukan pekerjaan yang lebih berat. Mesin ini bisa mencetak kertas stiker yang berukuran A3+ sehingga cocok untuk kebutuhan percetakan yang berat.

Selain bisa mencetak stiker, ada juga yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya seperti fotocopy berwarna hingga scan dokumen. Hasil cetaknya pun jelas lebih bagus, tajam dengan warna yang solid.

c. Besar (Roll)

Mesin cetak stiker ini sesuai dengan namanya memiliki ukuran yang besar. Dilengkapi dengan body yang besar, tentu pekerjaan yang bisa dilakukan adalah industri yang heavy duty. Ukuran kertas yang bisa diproses juga cukup besar hingga ukuran spanduk.

Tak jarang pula mesin ini memiliki warna tinta hingga banyak tinta warna yang membuat hasil cetak stiker bisa sangat detail akan perbedaan warna yang ada. Mesin cetak stiker besar juga mampu bekerja dengan cepat serta menghasilkan hasil cetak yang bagus.

Tips Hasil Cetak Stiker Yang Sempurna

hasil cetak stiker berkualitas terbaik

Stiker yang sempurna adalah stiker yang bisa menarik perhatian orang lain serta berisi logo, motto dan keterangan penting yang singkat lainnya. Meskipun begitu, stiker harus tetap simple dan padat agar mudah untuk dibaca dan impactful.

Untuk menghasilkan stiker yang sempurna, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini:

1. Simple

Buatlah desain stiker yang sederhana namun padat. Anda bisa memasukkan kalimat jargon yang singkat atau motto, logo perusahaan dan beberapa kata saja. Dengan meminimalisir isi stiker, akan membuat stiker terbaca dan mudah dipahami.

2. Kreasi Bentuk Stiker

Bentuk stiker bisa dikreasikan sesuai keinginan selain lingkaran, seperti kotak, segitiga hingga mengikuti lekuk yang ada pada gambar stiker. Dengan desain yang unik, maka bentuk stiker bisa terlihat unik pula dan mampu menarik perhatian orang lain.

3. Warna Brand

Perusahaan pasti memiliki logo warna brand sebagai bentuk promosi. Gunakan warna tersebut dalam pembuatan stiker agar bisa menekankan warna brand dan membuatnya untuk lebih mudah dikenali oleh pelanggan.

Memilih Mesin Cutting Stiker Yang Tepat

Mencetak stiker bisa dilakukan dengan mudah menggunakan pilihan mesin yang tersedia. Anda hanya perlu menentukan jenis mesin cetak stiker mana yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan pula bahan kertas yang digunakan juga cocok dengan desain yang dibuat.

Setelahnya, Anda harus memilih mesin cutting stiker yang tepat. Dengan mesin cutting sticker, hasil potong stiker akan tampak lebih rapi, presisi serta profesional. Di sini, Maxipro merekomendasikan Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF.

Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF memiliki double roller clamp yang berguna membuat kapasitas pembuangan space pada media kertas itu lebih sedikit. Mesin ini juga mendukung tatakan kertas input dan tatakan kertas output dengan kapasitas kertas A3+ hingga 100 lembar.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!