Cara Membuat Stiker Tempel: Desain, Cetak, dan Potong - Maxipro.co.id

Cara Membuat Stiker Tempel: Desain, Cetak, dan Potong - Maxipro.co.id

Cara membuat stiker tempel nyatanya sangat beragam, dari yang paling mudah dengan alat dan bahan seadanya hingga bantuan mesin canggih. Untuk penggunaan personal, Maxivers bisa mencetak stiker menggunakan bahan dan alat yang sederhana, namun untuk kebutuhan industri maka yang Anda butuhkan adalah mesin berteknologi tinggi yang mampu melakukan heavy duty.

Hal ini dikarenakan usaha atau bisnis sticker sangat menjanjikan. Stiker memiliki banyak kegunaan dan peran penting terutama untuk branding dan marketing. Oleh karena itu, stiker juga mempunyai berbagai desain unik serta menarik.

Pengertian Stiker

Pengertian stiker adalah sebuah lembaran yang terbuat dari plastik maupun kertas dan dapat direkatkan pada berbagai media. Stiker mempunyai bahan adhesive atau perekat pada sisi belakangnya agar bisa menempel ke media yang diinginkan.

Stiker digunakan untuk berbagai hal seperti stiker mainan, stiker dinding (wall sticker), stiker mobil dan lain-lain. Untuk media yang digunakan sebagai tempat menempelnya stiker sebagai contoh adalah dinding, kaca, kayu, kain, dan sebagainya.

Penggunaan Stiker

Di masyarakat, stiker terkenal sebagai alat dekorasi hingga media promosi yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan dengan biaya yang cukup murah, Anda bisa menikmati hasilnya secara langsung.

Penggunaan stiker yang bisa ditempel dimana saja membuat benda ini sangat fleksibel. Harga yang cukup ekonomis untuk pembuatannya juga menjadi pilihan yang menarik bagi kepentingan personal maupun usaha. Desain stiker tempel yang bisa dibuat sesuai keinginan pun menjadi poin plus untuk benda ini.

Cara Membuat Stiker Tempel Sendiri

Kegunaan stiker yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan tersebut, membuat stiker paling sering digunakan sebagai tanda kepemilikan atau media promosi atas suatu produk. Stiker dapat menjadi identitas produk sekaligus pembeda dengan para pesaingnya di pasaran. Dengan begitu, maka stiker bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. 

Seperti untuk penggunaan pribadi, Anda bisa membuatnya sendiri secara personal. Sedangkan untuk kebutuhan industri, Anda dapat mengandalkan bantuan mesin handal untuk produksi stiker.

Dan jika Anda ingin mencoba membuat usaha stiker rumahan atau untuk penggunaan personal, Maxipro merekomendasikan beberapa cara membuat stiker tempel dengan membuat stiker tempel lem, menggunakan selotip hingga langsung dari kertas stiker.

A. Cara Membuat Stiker Lem

cara membuat stiker dengan lem

Untuk membuat stiker lem, adapun bahan, alat serta langkahnya adalah sebagai berikut:

Bahan Stiker :

  • Kertas (koran, majalah, brosur), dan;
  • Alas. 

Bahan Lem :

  • 1 bungkus gelatin biasa;
  • 4 sendok makan air mendidih;
  • 1 sendok teh gula atau sirup jagung, dan;
  • 3 tetes ekstrak peppermint atau vanila untuk wewangian.

Alat :

  • Alat tulis (spidol, pensil, bolpoin);
  • Pensil atau spidol warna, krayon, dan;
  • Gunting.

Langkah :

  1. Buat gambar maupun tulisan yang akan dibuat pada stiker di atas kertas menggunakan alat tulis dan alat menggambar serta mewarnai yang tidak mudah luntur saat terkena air.
  2. Jika Anda tidak ingin menggambar, Anda bisa memotong gambar atau tulisan yang menarik dari koran, majalah, brosur dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mencetak gambar dari internet dan software desain atau gambar lainnya.
  3. Setelah menyiapkan gambar atau tulisan yang akan dijadikan stiker, potong hingga membentuk desain yang diinginkan.
  4. Buatlah lem dengan cara mencampurkan semua bahan lem yang telah dipersiapkan. Lem yang dihasilkan adalah aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya dan bisa merekat dengan baik.
  5. Simpan lem selama semalam penuh di dalam lemari es. Untuk mencairkan lem, maka saat ingin menggunakan lem dengan menaruhnya dalam mangkuk berisi air hangat atau panas.
  6. Lem yang sudah siap bisa dioleskan pada bagian belakang kertas stiker. Agar lebih mudah, gunakan kuas untuk mengoleskan lem.
  7. Tunggu hingga lem mengering kemudian tempelkan pada media atau tempat yang diinginkan.

B. Cara Membuat Stiker Berselotip

Cara Membuat stiker tempel dengan selotip

Stiker berselotip adalah stiker yang ditempelkan menggunakan selotip sebagai perekat. Adapun bahan, alat serta langkah membuat selotip yaitu :

Bahan Stiker :

  • Air hangat; 
  • Selotip bening atau transparan;
  • Kertas (koran, majalah, brosur), dan;
  • Alas. 

Alat :

  • Alat tulis (spidol, pensil, bolpoin);
  • Koin;
  • Pensil atau spidol warna, krayon, dan;
  • Gunting.

Langkah :

  1. Buat stiker sesuai keinginan dengan menggambar sendiri menggunakan kertas, alat tulis dan alat menggambar atau mewarnai. Anda juga bisa memakai gambar atau tulisan dari majalah, koran dan sebagainya, begitu pula dengan hasil print.
  2. Sesuaikan stiker yang dipilih dengan lebar selotip. Jika stiker lebih lebar dari selotip, maka Anda bisa menggunakan 2 atau lebih selotip agar bisa menutup seluruh permukaan stiker.
  3. Lalu gosok bagian depan stiker menggunakan koin. Tekan dan gosok dengan durasi hingga beberapa menit agar stiker benar-benar telah menempel pada selotip.
  4. Gunakan air hangat untuk membasahi stiker yang sudah menempel sepenuhnya dengan selotip. Air tersebut akan meluruhkan bahan kertas dari stiker yang tak menempel pada selotip. Setelahnya diamkan hingga kering.
  5. Gunting stiker yang kering agar membentuk desain yang diinginkan.
  6. Tempelkan kembali bagian depan stiker dengan selotip ke media yang dikehendaki.

C. Cara Membuat Stiker Sendiri Dari Kertas

Cara membuat stiker tempel dari kertas stiker

Kertas stiker merupakan kertas yang sudah dilengkapi dengan lembar perekat di bagian belakangnya. Dengan kertas ini, Anda bisa langsung membuat stiker tanpa perekat tambahan. Lalu, untuk bahan stiker dan alat serta langkah pembuatannya yakni :

Bahan Stiker :

  • Kertas stiker;
  • Kertas untuk hiasan (kertas warna, koran, majalah, brosur), dan;
  • Alas. 

Alat :

  • Pensil atau spidol warna, krayon;
  • Gunting, dan;
  • Alat tulis (spidol, pensil, bolpoin);

Langkah :

  1. Buat desain berupa gambar dan tulisan yang ingin dibuat untuk menjadi stiker. Maxivers juga bisa menggunakan gambar dari internet atau mengambilnya dari koran, majalah dan media lainnya.
  2. Cetak desain tersebut di atas kertas stiker. Bisa juga kalian membuatnya menggunakan alat tulis atau alat mewarnai. 
  3. Gunting kertas stiker sesuai dengan desain yang telah dibuat. Berikan jarak sekitar 0.3 cm untuk menghindari jika ada kesalahan saat pemotongan.
  4. Stiker yang sudah dipotong, maka siap untuk digunakan. Jika ingin menempelkan stiker, cukup buka bagian belakang atau pelindung stiker, lalu tempelkan pada media yang diinginkan.

Kamu juga bisa menonton video cara memotong kertas stiker berikut!!!

Memotong Stiker Label Dengan Mesin Label Cutting

Berdasarkan ketiga cara di atas, Anda bisa membuat stiker tempel menggunakan metode manual. Sedangkan untuk kebutuhan industri atau produksi skala besar, sebaiknya Anda menggunakan bantuan mesin yang canggih. Sebagai contoh untuk heavy duty maka Anda bisa membuat stiker tempel dengan Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF yang sangat mumpuni.

Maxipro merekomendasikan Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF karena proses pembuatan stiker bisa berlangsung dengan mudah. Anda tak perlu lagi membuat pisau pond untuk memotong desain stiker atau produk lainnya.

Karena merupakan mesin digital, Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF bisa mencetak stiker dengan mudah melalui file yang dibuat dari software Adobe Illustrator dan Corel Draw. Untuk pekerjaan dalam jumlah banyak, mesin ini bahkan mampu menampung input kertas sebanyak 100 lembar kertas A3+ pada tatakannya.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini. &

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id