Cara Membuat Photocard K Pop

Cara membuat photocard merupakan salah satu langkah mudah untuk menambah penghasilan. Dengan berbisnis photocard, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Oleh karenanya, cara membuat photocard sangat penting diketahui sebelum memulai usaha Anda.

Usaha photocard nyatanya mampu menjadi peluang usaha bisnis yang menjanjikan. Anda bisa menggunakan alat dan bahan sederhana untuk pembuatannya. Namun untuk kualitas terbaik, Anda bisa menggunakan bantuan mesin-mesin termutakhir untuk membantu pembuatan photocard.

Definisi Photocard

Photocard merupakan sebuah foto berukuran kecil menyerupai bentuk kartu. Sehingga definisi photocard adalah suatu potret foto seseorang maupun objek lainnya yang berukuran sekitar  8,5 x 5,5 cm.

Foto ini biasanya dicetak diatas kertas foto baik glossy maupun doff, yang mana berukuran kecil sehingga mudah untuk disimpan. Anda bisa menyimpan foto orang tersayang hingga pemandangan atau obyek cantik lainnya dengan mudah.

Selain untuk kepentingan pribadi, photocard juga bisa diperjualbelikan hingga dijadikan merchandise. Yang dimaksud merchandise misalnya pada event tertentu di sebuah pameran, usaha Anda bisa menyediakan jasa foto gratis sebagai bentuk promosi.

Sedangkan untuk usaha, Anda memfasilitasi layanan cetak photocard untuk personal. Bahkan Anda juga bisa ikut terjun ke dalam bisnis photocard para idol Kpop.

Photocard Kpop

Photocard Kpop Fanmade

Selain istilah fotografi yang melekat pada photocard sebagai bentuk potret berukuran mini yang mudah dibawa kemana-mana, photocard juga cukup dikenal di kalangan pecinta idol Kpop. Istilah photocard juga identik dengan merchandise yang disertakan dalam album musik idol Korea Selatan.

Dalam photocard, terdapat foto potret artis atau idol Kpop yang cantik dan tampan. Penggemar pun akan rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan photocard ini, terutama jika merupakan edisi spesial atau terbatas.

Photocard bisa ditemukan dalam sebuah album musik atau merchandise event lainnya yang ditawarkan oleh agensi musik idola Kpop. Pada album musik, pemilik akan mendapatkan satu (atau bisa saja lebih) photocard secara acak. Photocard milik anggota grup mana akan diketahui setelah album dibuka, sehingga bersifat random.

Tidak seperti photocard pada umumnya, biasanya photocard milik idol Kpop memiliki ujung yang tumpul dan oval. Lalu untuk edisi spesial, biasanya idol Kpop juga memberikan tanda tangan mereka pada photocard tersebut.

Jenis-jenis Kertas Photocard

Dalam membuat photocard, tak semua kertas bisa menangkap potret seseorang dengan baik. Oleh karenanya, ada beberapa jenis kertas yang bisa Maxipro rekomendasikan untuk mencetak photocard. Adapun jenis kertas tersebut adalah:

a. Art Carton

Jenis kertas art carton merupakan kertas yang paling umum digunakan untuk membuat photocard. Meskipun tergolong murah, namun hasil photocard tetaplah bagus dan menarik.

Gramasi art carton yang digunakan untuk photocard pun beragam, yaitu sekitar 230 sampai 260. Ketebalan gramasi tentu berpengaruh agar kertas tak mudah terlipat, kusut dan rusak. Anda bisa memilih gramasi kertas yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan maupun pesanan. 

b. Hologram

Kertas hologram merupakan jenis kertas yang terbuat dari teknologi canggih. Kata hologram berarti penjelasan bahwa jenis kertas ini terbuat dari dua cahaya yang bergabung dalam bentuk mikroskopik.

Penggabungan cahaya-cahaya tersebut menghasilkan gambar. Tidak hanya gambar, hologram juga mampu menyimpan informasi lain seperti tulisan hingga objek 3D.

Hal itu lah yang membuat karakteristik kertas hologram sangatlah menarik. Karena dengan tampilan fotografis tersebut akan membuat photocard tampak mengkilap dan penuh warna..

c. Crystal

Hampir sama dengan hologram, photocard berbahan crystal memiliki tampilan yang menarik dan mengkilat. Hasilnya akan terlihat transparan namun elegan, sehingga juga dikenal sebagai transparent photocard.

Alat & Bahan Membuat Photocard

 

Dari ketiga bahan kertas yang biasa digunakan untuk membuat photocard, Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan kebutuhan. Selain bahan kertas, ada bahan dan alat lain yang sangat penting dipersiapkan untuk membuat photocard.

Adapun alat dan bahan membuat photocard adalah sebagai berikut:

    • Kertas photocard
    • Laptop atau komputer
    • Printer
    • Mesin laminasi (jika ada, cocok untuk usaha)
    • Gunting
    • Mesin Rotary Trimmer 5 In 1 (jika ada, cocok untuk usaha)
    • Mesin Corner Cutter Manual ST (jika ada, cocok untuk usaha)

Cara Membuat Photocard

Cara Membuat Photocard K Pop

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, Anda langsung bisa memulai cara membuat photocard dengan mengikuti langkah berikut:

    1. Buka file foto yang ada di dalam laptop. Gunakan software edit foto seperti Photoshop, Corel Draw hingga Microsoft Word. Jika Anda tak terlalu mahir menggunakan Corel Draw dan Photoshop, maka bisa menggunakan Microsoft Word.
    2. Buatlah tabel dan sesuaikan dengan ukuran foto yang ingin dicetak. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan ukuran 1556×2119.
    3. Untuk lebih mudah mengatur gambar, buat ukuran persegi foto menjadi memiliki corner rounding sampai 15%.
    4. Simpan dan cetak photocard.
    5. Untuk menciptakan 
    6. Simpan dan langsung cetak foto.
    7. Untuk menjaga photocard, Anda bisa melaminasi kertas photocard agar tak mudah kusut, robek bahkan rusak.
    8. Photocard yang telah dicetak dan dilaminasi, bisa digunting sesuai dengan ukuran tabel. Namun untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan bantuan Mesin Rotary Trimmer 5 in 1 ini mempunyai 5 macam pisau yang dapat diganti sesuai kebutuhan.
    9. Pastikan ujung photocard tidak terlalu tajam dan bisa membuatnya tidak nyaman untuk dipegang. Jadi potonglah ujungnya agar melengkung atau oval. Anda bisa menggunakan bantuan Mesin Corner Cutter Manual ST, terutama untuk memotong banyak photocard hingga 10 lembar sekaligus dalam sekali potong.
    10. Photocard yang sudah dipotong dengan rapi termasuk keempat ujungnya, siap untuk Anda jual atau sekedar disimpan dalam buku koleksi.

Potong Photocard dengan Mesin Potong Kartu Nama

Bikin Photocard dengan mesin potong kartu nama

Bisnis photocard memang memiliki peluang yang cukup menguntungkan. Apalagi dengan bantuan mesin-mesin canggih yang bisa membuat serta memotong photocard dengan mudah dan rapi sertai profesional, maka mudah untuk memiliki harga jual yang tinggi.

Dan untuk menyempurnakan kesan profesional dari photocard yang Anda buat, Maxipro dapat merekomendasikan satu jenis mesin lainnya yakni Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH. Dengan menggunakan mesin ini, Anda bisa memotong 75 photocard/menit secara mudah dan rapi.

Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH merupakan mesin yang mudah untuk dioperasikan sehingga sangat membantu untuk keperluan produksi yang cepat. Dilengkapi dengan paper feeder, maka mesin dapat menarik kertas dan memotongnya secara otomatis.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id