Miliki Mesin dan Alat Jilid Buku Manual Profesional untuk Pemula - maxipro.co.id

Miliki Mesin dan Alat Jilid Buku Manual Profesional untuk Pemula - maxipro.co.id

Memiliki mesin atau alat jilid buku manual sendiri, membuat pekerjaan menjilid bahkan bisa dilakukan di rumah. Baik untuk membuat buku, proposal perusahaan, penjilidan dokumen, atau mengerjakan pesanan untuk pelanggan.

Terdapat berbagai metode penjilidan yang  bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan atau tampilan yang diinginkan. Pengerjaan penjilidan dapat dengan mudah dan cepat dilakukan dengan bantuan berbagai mesin dan alat penjilidan. Berikut Maxipro menawarkan beberapa mesin dan alat jilid buku manual.

Berbagai jenis penjilidan bisa dengan mudah dan cepat diselesaikan berkat bantuan peralatan jilid yang semakin baik. Mulai dari metode penjilidan paling populer menggunakan alat jilid spiral. Sampai metode jilid lem panas menggunakan mesin glue binding.

Macam-macam Alat Jilid Manual

Pertama, dimulai dari alat jilid manual yang bisa dioperasikan tanpa bantuan listrik. Karena tak memerlukan daya listrik, tak perlu khawatir pengerjaan tertunda karena mati listrik. Juga menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuka usaha penjilidan dengan modal yang sedikit.

1. Alat Jilid Spiral

Alat jilid spiral menjadi pilihan populer pengusaha percetakan dari skala kecil hingga besar. Kombinasi fungsionalitas, tampilan, dan harga yang terjangkau menjadi alasannya. Bahan spiral kawat yang tahan lama tersedia dalam berbagai pilihan warna akan semakin mempercantik hasil penjilidan.

Manfaat :

  1. Hasil penjilidan terlihat modern dan bersih.
  2. Tahan lama dan dapat mempertahankan bentuk aslinya.
  3. Bahan spiral kawat/plastik terjangkau.
  4. Terdapat berbagai macam pilihan warna.

2. Alat Jilid Staples (Stapler)

Alat jilid staples adalah peralatan penjilidan sederhana yang banyak dimiliki bahkan untuk skala per-orangan. Tumpukan kertas yang sudah dilipat kemudian disatukan dengan stapler. Bisa juga digunakan untuk mengikat pada tepi tumpukan kertas yang kemudian ditutup dengan lakban.

Manfaat :

  1. Cepat.
  2. Murah.
  3. Tersedia dimana-mana.
  4. Hasil staples relatif datar.
  5. Bisa digunakan untuk menambahkan sisipan khusus seperti formulir, amplop, lampiran, dll.

3. Alat Pembolong Kertas

Alat pembolong kertas adalah peralatan simpel yang juga banyak dibutuhkan dalam proses penjilidan. Sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan penjilidan bervolume rendah. Pilihan alat pelubang kertas dapat disesuaikan dan tersedia dengan fitur-fitur tambahan. Seperti punch hole 3 in 1 yang memiliki pembolong kertas 1 mata, pemotong sudut, dan slot punch.

Manfaat :

  1. Digunakan untuk jilid binder, plastik jepit, dll.
  2. Terjangkau.
  3. Mudah digunakan.
  4. Tersedia berbagai model dengan jumlah dan ukuran lubang bervariasi juga tambahan fitur lain.

Macam-macam Mesin Jilid Semi Otomatis

Terdapat beberapa jenis mesin jilid, mulai dari manual, semi otomatis, hingga full otomatis. Anda dapat memilihnya sesuai dengan pilihan gaya penjilidan yang ingin Anda dapatkan. Jadi, Maxipro akan memberikan sedikit gambaran tentang berbagai mesin jilid semi otomatis yang dapat Anda pilih.

1. Mesin Jilid Buku Lem Panas

Mesin glue binding / jilid lem panas / perfect binding mempermudah proses penjilidan buku profesional secara singkat dan praktis. Terdapat bak lem yang akan melelehkan lem dan pisau cacah untuk melukai punggung buku. Dalam waktu kurang dari 5 menit, bisa menjilid buku hingga ketebaln 500 lembar.

Anda bisa menjilid buku hanya dengan memutar tuas untuk menjalankan tumpukan kertas melewati pisau pencacah dan bak lem. Kemudian terakhir disatukan dengan soft cover atau hard cover yang telah disiapkan.

Manfaat :

  1. Multifungsi.
  2. Terlihat elegan dan profesional.
  3. Cepat dan praktis.
  4. Biaya produksi dan bahan perekat yang terjangkau.

2. Mesin Jilid Jahit Kawat

Mesin Jahit Kawat / Wire stitching pada prinsipnya termasuk dalam mesin jilid buku yang memakai gulungan/roll kawat sebagai bahan baku staples. Mesin Jahit Buku 1 Mata WHY sangat ideal untuk produksi buku dalam volume yang besar. Karena menggunakan gulungan kawat sebagai bahan baku, biaya penjilidan akan jauh lebih murah daripada bahan staples.

Manfaat :

  1. Cepat.
  2. Murah.
  3. Mudah digunakan.
  4. Hasil staples relatif datar.
  5. Meja kerja bisa dibuat rata atau miring untuk jilid tengah atau tepi kertas.
  6. Ukuran staples bisa disesuaikan dengan ketebalan dokumen.

3. Mesin Bor Binding Plastik

Mesin bor ini dibekali dengan fitur jilid plastik dengan mesin jilid plastik, rivet plastik berbahan nylon sebagai bahan pengikatnya. Mesin bisa dimanfaatkan untuk melubangi tumpukan kertas saja atau sekaligus menjilidnya memakai bahan rivet tube plastik.

Setelah menjilidnya dengan rivet tube plastik, bisa dilapisi dengan hardcover agar semakin terlihat berkelas dan profesional.

Manfaat :

  1. Multifungsi.
  2. Cukup menekan tombol untuk menjalankannya.
  3. Rivet tube mudah diisi ulang.
  4. Hasil jilid kuat, terlihat rapi, dan profesional.

4. Mesin Strip Velo Binding

Mesin Velo Binding Strip WB2000 disebut juga VeloBind atau Velo Binder. Teknik jilid buku ini memakai bahan strip plastik velobind yang dapat digunakan secara mudah, praktis, dan kuat pada tumpukan kertas hingga ketebalan 500 lembar.

Manfaat :

  1. Menyatukan tumpukan kertas secara praktis, cepat, dan kuat.
  2. Populer digunakan oleh lembaga hukum karena secara praktis menyatukan dokumen yang sangat tebal.

5. Mesin Booklet Semi Otomatis

Mesin Booklet Maker Semi Otomatis juga biasa disebut mesin jilid staples adalah stapler buku elektrik. Sering digunakan untuk melipat sekaligus staples pada proses pembuatan katalog, booklet, atau buku.

Manfaat :

  1. Daya listriknya hanya 40 watt.
  2. Head stapler dan bahan staples mudah didapatkan.
  3. Melipat dan staples buku sekaligus.
  4. Awet dan tahan lama.

6. Mesin Bor + Jilid Baut

Sebelum menjilid buku menggunakan baut, kertas harus dilubangi terlebih dahulu mengunakan mesin bor untuk memudahkan pemasangan. Terdapat berbagai macam pilihan mesin bor kertas, 1 mata atau 2 mata dengan kapasitas kerja yang berbeda-beda.

Manfaat :

  1.  Dapat menjilid buku hingga ketebalan 500 lembar.
  2. Ukuran baut bisa disesuaikan dengan ketebalan dokumen.
  3. Tersedia berbagai pilihan warna dan ukuran.
  4. Mudah dibongkar pasang.

7. Mesin Hardcover Maker

Menjilid buku menggunakan hardcover sudah umum dijumpai dalam dunia percetakan. Namun diperlukan lebih banyak waktu, karena tahapan pengerjaan yang panjang dan rumit. Menggunakan Mesin Hardcover Maker press dan fold prosesnya akan jauh lebih mudah dan cepat.

Manfaat :

  1. Cover tebal dan kuat.
  2. Lebih tahan lama dibanding soft cover.
  3. Tidak mudah terlipat.

Bagaimana pembahasan pada artikel kali ini? Kami siap membantu bila Anda masih bingung menentukan alat jilid manual mana yang cocok. Secara gratis kami akan memberikan rekomendasi mesin-mesin sesuai dengan kebutuhan pengerjaan yang Anda sampaikan.

Sebab tak jarang pelaku usaha percetakan yang menyesal ketika membeli mesin. Karena technical support sulit dihubungi atau kurang profesional dalam menghadapi customer.

Maxipro menyadari bahan customer adalah mitra kerja yang perlu terus dirawat hubungan baiknya. Sehingga kami berkomitmen untuk memberikan layanan after sales terbaik. Sebagai bentuk dukungan kepada mitra, kami memberikan layanan service dan instalasi gratis selama 1 tahun.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan