Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Cara membuat booklet (buklet) yang menarik ternyata mudah lho… Sebagai salah satu media berbentuk buku, booklet bisa memuat banyak informasi terkait bisnis atau perusahaan kita. Sehingga tak heran banyak perusahaan yang masih menggunakan booklet hingga saat ini.

Booklet (buklet) adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Buklet merupakan media komunikasi yang bertujuan menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, pemberitahuan yang berbentuk cetakan. Tujuan dari booklet sendiri adalah agar masyarakat memahami pesan yang terkandung dalam media komunikasi tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Booklet (Buklet)?

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Penulisan informasi pada booklet bisa dijelaskan secara lengkap sesuai keinginan. Bahkan juga bisa mencantumkan kelebihan suatu produk secara singkat dan jelas.

Dalam suatu usaha, buklet dapat berfungsi sebagai salah satu media promosi. Pemilik usaha dapat memuat informasi, deskripsi, gambar, dan foto-foto tentang suatu produk. Booklet biasa terdiri atas cover, daftar isi, dan isi atau inti dari produk yang dipromosikan.

Pembuatan booklet tidak selalu memakan biaya tinggi. Dengan harga yang terjangkau, seseorang bisa membuat booklet secara manual atau handmade dan digunakan sebagai sarana promosi.

Meskipun mungkin tidak bisa membuat banyak karena terkendala tenaga, namun booklet sederhana ini bisa menjadi gambaran jika nantinya akan mendesain booklet dan mencetaknya dengan mesin. Kalian bisa menjadikan booklet ini sebagai acuan atau juga rancangan awal dari booklet ideal di kemudian hari.

Berikut ini cara membuat booklet sederhana atau manual.

1. Menghitung jumlah kertas sesuai banyak halaman

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Pilihlah kertas dan tentukan jumlah halaman. Misalnya, dengan menggunakan kertas ukuran A4. Jumlah halaman booklet biasanya tidak lebih dari 30. Jadi maksimal menggunakan 15 lembar kertas A4 ditambah 1 lembar kertas tebal sebagai covernya. 

2. Membuat konten booklet di komputer

Mendesain dan menulis booklet di komputer

Booklet umumnya mempunyai 4 bagian yaitu cover depan, daftar isi, isi, cover penutup. Susun dan tulis konten pada setiap bagian di komputer menggunakan Microsoft Word atau software sejenisnya. Gunakan ukuran kertas A3 pada tampilan MS word. 

3. Mencetak konten booklet

Agar hasil cetak tersusun secara otomatis menjadi booklet ikuti panduan mencetak booklet berikut.

    1. Buka dokumen yang ingin dicetak,
    2. Tekan ctrl+p untuk melakukan print,
    3. pilih “printer properties”,
    4. pilih tabs “page layout” dan pilih “booklet”,
    5. atur ukuran kertas “page size” menjadi A4 atau sesuai ukuran kertas yang digunakan,
    6. klik OK
    7. Kemudian pilih “print”,
    8. tunggu hingga proses cetak satu sisi kertas selesai dan muncul jendela peringatan untuk membalik kertas,
    9. ikuti perintah untuk membalik kertas dan masukkan ke baki printer, 
    10. jika sudah klik “start printing”,
    11. tunggu hingga selesai.

2. Melipat kertas

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Dari 16 lembar kertas yang telah disiapkan, lipat menjadi 2 bagian yang sama seperti terlihat pada gambar di atas. Dengan melipat 16 lembar kertas, maka kalian akan mendapat 30 halaman kertas untuk konten dan 2 halaman untuk cover.

3. Menumpuk dan mengurutkan kertas

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Setelah selesai melipat kertas menjadi 2 bagian, kalian bisa menumpuk kertas yang sudah dilipat sehingga membentuk sebuah buku. Pastikan tumpukan kertas tertata rapi dan sejajar agar hasilnya tidak berantakan.

4. Proses finishing booklet

Penataan susunan lembaran kertas tersebut memerlukan teknik binding agar booklet yang sudah diatur menjadi rapi. Untuk teknik binding sederhana bisa dilakukan dengan metode jahit benang dan penggunaan stapler. Keduanya memiliki fungsi yang sama sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Cara Membuat dan Menyusun Konten Booklet

1. Membuat Sampul Depan atau Cover Booklet

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Jika mencetak booklet dengan menggunakan bantuan mesin, maka untuk material kertasnya biasanya menggunakan art carton dengan berat sekitar 210-260 gsm. Guna mempercantik penampilan cover booklet, kalian bisa juga memberikan laminasi berupa glossy dan doff atau matte.

Opsi tersebut juga bisa diberikan pada booklet yang dibuat secara manual. Bahkan untuk beberapa mesin, pilihan cover juga akan terbatas karena pada ukuran kertas tertentu.

Sementara untuk membuat booklet secara manual, pilihan material yang dapat digunakan untuk cover sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa pilihan bahan yang bisa digunakan sebagai sampul depan untuk booklet:

  • Kertas (HVS, art carton, art paper, dll);
  • Kain yang bersifat kaku agar cover terlihat tegas, misalnya jeans. Namun sebelumnya juga diberikan karton lalu baru dilapisi dengan kain;
  • Bahan plastik seperti mika berwarna, dll.

Pemilihan sampul depan ini juga harus memperhatikan isi booklet serta tipe konsumen yang akan dituju jika booklet dibuat dalam jumlah banyak. Dengan cover yang bagus dan unik, tentunya akan mudah menarik perhatian calon konsumen.

2. Membuat Daftar isi Booklet

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Setelah menentukan material, kalian bisa membuat kerangka untuk daftar isi terlebih dahulu. Sebenarnya untuk bagian ini bisa ditambahkan atau juga tidak, namun jika booklet akan diberikan kepada konsumen, maka daftar isi tentunya akan membantu memudahkan konsumen dalam membaca.

Penulisan daftar isi dalam booklet juga untuk menentukan alur penulisan poin-poin booklet. Saat semua isi booklet diselesaikan, kalian bisa menambahkan nomer halaman-halaman untuk melengkapi tabel daftar isi.

3. Membuat Isi Booklet

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Booklet harus mempunyai isi yang sesuai dengan apa yang ingin dipromosikan. Informasi yang disampaikan harus ditulis dengan padat dan mudah dipahami. Inti informasi dituliskan dengan jelas dan disertai dengan berbagai gambar ilustrasi serta penjelasannya.

Dalam penulisan isi booklet, kalian bisa menuliskan informasi secara rinci sesuai yang diinginkan. Dikarenakan booklet bisa memiliki halaman yang banyak hingga 28 halaman pada umumnya, pembuat booklet bisa bisa menuliskan berbagai kelebihan produk atau perusahaan hingga spesifikasinya secara lengkap.

Bahasa yang dipakai dapat menggunakan istilah tertentu karena tujuannya adalah mengedukasi calon konsumen dengan informasi yang rinci. Penjelasan tentang istilah asing atau glosarium bisa dicantumkan di bagian penutup booklet, agar memudahkan pemahaman calon konsumen sebagai pembaca.

4. Mendesain dan menulis penutup

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro

Bagian penutup booklet biasanya berisikan kata penutup, glosarium atau penjelasan mengenai istilah asing, daftar pustaka, dan kontak yang bisa dihubungi. Tak jarang juga diberikan tambahan slogan atau cacthprase yang unik agar dapat menarik perhatian calon konsumen agar membaca sampai akhir atau bagian penutup booklet.

Mulailah mendesain dan menulis untuk setiap halaman. Kalian bisa menambahkan sentuhan warna yang sesuai dengan tema produk serta gambar agar booklet bisa semakin menarik. Penulisan kalimat juga sebisa mungkin singkat namun jelas dengan gaya bahasa yang tidak terlalu kaku, agar pembaca tidak mudah merasa bosan.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Booklet | Mesin Booklet Rapid

Booklet merupakan buku berukuran kecil yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format kecil seperti leaflet.

Struktur isinya seperti buku hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan buku saku hampir sama dengan booklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimasukkan ke dalam saku.

Kelebihan dan Kelemahan Booklet

Booklet sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan, antara lain sebagai berikut:

a. Kelebihan

    1. Booklet sebagai media cetak, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media lainnya.
    2. Proses booklet agar sampai kepada objek atau masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu
    3. Proses penyampaiannya juga bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada
    4. Informasi pada booklet lebih terperinci dan jelas, karena bisa lebih banyak mengulas tentang pesan yang disampaikannya.

b. Kelemahan

    1. Booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karena disebabkan keterbatasan penyebaran booklet.
    2. Tidak langsungnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung 
    3. Memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya

Mesin dan Alat untuk Menjilid Booklet

Menjilid booklet bisa dilakukan dengan banyak cara lho… Karena kebutuhan produksi setiap orang pastinya berbeda-beda. Dimana penjilidan booklet dalam jumlah puluhan cukup dikerjakan menggunakan alat stapler. 

1. Stappler Kwtrio 5360R

Stappler Kwtrio 5360R - stapler kecil - maxipro.co.id

Stappler Kwtrio 5360R – Maxipro.co.id

Nah, sebelum membuat booklet secara digital, ada baiknya Maxivers mencoba membuat booklet secara manual agar bisa menjadi pedoman booklet yang ideal ya. Di Maxipro, kami menyediakan Mesin Stappler Kwtrio 5360R yang bisa digunakan untuk membuat booklet dengan tipe binding staples loh!

Dengan Mesin Stappler Kwtrio 5360R, kalian bisa membuat booklet sederhana yang rapi dan kuat. Harga mesin yang ramah di kantong tentu juga akan sangat mendukung efisiensi dan efektivitas buat Maxivers.

2. Mesin Booklet Maker Semi Otomatis

Mesin Booklet Maker Semi Otomatis - maxipro.co.id

Booklet Maker Semi Otomatis – Maxipro.co.id

Mesin Boklet Maker Semi Otomatis cocok untuk produksi skala menengah. Hanya dengan satu gerakan, kamu dapat menstaples dan melipat booklet secara bersamaan. Hasil lipatan pun rapi dan kuat, sebab telah dipress menggunakan dua buah roller karet. 

Mesin booklet maker semi otomatis ini cocok dimiliki bagi kamu yang ingin menjilid ratusan booklet dalam waktu yang singkat. Hasilnya pun dijamin presisi karena terdapat anlig yang dapat diatur menyesuaikan ukuran booklet yang diproduksi.

3. Mesin Staples dan Lipat Otomatis

Mesin Booklet Maker Rapid SY adalah sebuah mesin staples jilid besar yang biasa dipakai untuk staples kertas dan melipatnya hingga menjadi sebuah booklet. Berbeda dengan mesin jilid buku manual, mesin staples besar ini memiliki kapasitas yang lebih terbatas. Jumlah lembar kertas yang dapat diakomodir tidak lebih dari 25 lembar kertas HVS 80 gram.

Meski memiliki beberapa keterbatasan, Mesin Booklet Maker Rapid SY menawarkan kemudahan yang tidak bisa diperoleh dari metode jilid manual. Dengan mesin ini, proses penjilidan katalog menjadi lebih mudah dan cepat.

Selain itu, jika kalian ingin mencetak booklet pastikan juga menggunakan finishing yang mendukung agar buklet semakin menarik. Jenis finishing yang digunakan adalah spot UV, varnish, die cut, fold, jilid kawat, lem binding, laminating doff, laminating glossy. Untuk mesin finishing lainnya, kalian bisa dengan mengunjungi web kami di Maxipro.co.id.

Baca juga:

Pengertian dan Fungsi Booklet | Mesin Booklet Rapid

Digital Printing: 6 Media Jitu Untuk Promosi

Apa Saja Produk Dari Usaha Percetakan?

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Cara Membuat Booklet Agar Terlihat Menarik - Maxipro