Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - Maxipro

Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - MaxiproTidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Mungkin saat ini Anda memiliki pekerjaan bagus dengan gaji yang tinggi. Pertanyaannya, bagaimana setelah pensiun nanti? Agar di masa pensiun bisa tetap memiliki pemasukan, memulai bisnis kecil adalah langkah terbaik yang bisa Anda mulai dari sekarang.

Topik-topik seperti bisnis modal kecil memang selalu menjadi bahasan yang cukup menarik, terlebih bisnis online. Potensi bisnisnya besar. Di sisi lain, modal yang perlu dikeluarkan sangat fleksibel. Bahkan Anda bisa memulai bisnis online dengan modal yang tidak begitu besar.

Kenapa Perlu Punya Bisnis Sendiri

Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - Maxipro

Masa depan yang tidak pasti memaksa orang berpikir lebih keras untuk mengambil langkah antisipasi. Biaya membeli rumah, biaya pendidikan anak hingga dana pensiun, semua itu harus dipersiapkan sejak dini. Namun jika hanya mengandalkan gaji, rasanya sulit untuk memenuhi itu semua.

Bisnis kecil mungkin belum bisa memberikan penghasilan yang sesuai dengan ekspektasi. Akan tetapi jika konsisten dikembangkan, bisnis modal kecil bisa saja menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit.

Ada beberapa alasan kenapa Anda perlu memiliki bisnis sendiri. Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bisnis kecil juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dana pensiun. Jadi saat pensiun nanti, Anda masih bisa memiliki penghasilan. Selain itu, bisnis kecil juga bisa memberi tambahan modal untuk membeli rumah atau biaya pendidikan anak.

Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - Maxipro

Pada dasarnya, sebagian besar orang ingin memiliki bisnis sendiri. Meski masih sebatas bisnis modal kecil, hal tersebut tidak menjadi masalah. Akan tetapi, banyak dari mereka yang tidak punya ide sama sekali. Jika Anda tidak memiliki ide sama sekali, berikut beberapa ide bisnis online yang bisa dicoba.

1. Bisnis Stiker

Meski terlihat sederhana, bisnis stiker sebenarnya cukup menjanjikan. Pasarnya luas dan relatif mudah dieksekusi. Tidak hanya itu, bisnis stiker juga mudah dibawa ke ranah online. Jadi saat Anda mencari ide bisnis online, bisnis stiker sangat layak untuk dipertimbangkan.

Saat baru memulai bisnis stiker, sebenarnya Anda tidak harus membeli mesin cetak sendiri. Anda bisa memulainya dengan membuat desain dan mencetaknya di percetakan digital. Setelah bisnis modal kecil yang Anda jalankan sudah cukup berkembang, Anda bisa mulai membeli mesin-mesin yang dibutuhkan.

2. Bisnis Custom Pin

Jika Anda sedang mencari ide bisnis online, bisnis custom pin bisa jadi salah satu opsi. Hingga saat ini, pin masih menjadi salah satu souvenir yang banyak diminati. Pin juga kerap dijadikan sebagai bagian dari dress code sebuah kegiatan sosial atau acara-acara tertentu. Menariknya lagi, Anda bisa memulainya sebagai bisnis modal kecil.

Sebelum memulai bisnis custom pin, perlu diingat kalau bisnis ini sebenarnya tergolong sebagai bisnis jasa. Anda sebenarnya tidak menjual pin. Sebaliknya, apa yang Anda jual adalah jasa desain atau jasa membuat pin berdasarkan desain yang dibuat oleh klien Anda.

Bisnis custom pin sendiri bisa menjadi ide bisnis online yang cukup menjanjikan. Dengan market yang luas dan produk yang relatif mudah didistribusikan, meski menyandang label bisnis modal kecil, potensi penghasilan yang bisa didapat dari bisnis ini terbilang cukup besar.

3. Bisnis Photobook

Pandai membuat layout buku atau majalah? Jika demikian, bisnis photobook mungkin bisa menjadi ide bisnis online yang akan membawa Anda pada kesuksesan bisnis.

Bisnis photobook tergolong sebagai salah satu bisnis modal kecil yang punya potensi besar. Bisnis ini bisa dieksekusi tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Bahkan Anda bisa memulainya cukup dengan bermodalkan komputer dan skill desain.

4. Bisnis Photocard

Saat ini orang yang mencetak foto mungkin sudah tidak sebanyak dulu lagi. Orang juga cenderung lebih selektif saat ingin mencetak foto. Namun harus diakui, permintaan sebenarnya masih ada. Karena beberapa alasan, orang justru lebih memilih foto cetak dibandingkan foto digital.

Dengan sedikit modifikasi, bisnis cetak foto sebenarnya bisa lebih dilirik oleh masyarakat. Misalnya saja dengan menyediakan jasa cetak photocard. Bisnis photocard juga bisa menjadi ide bisnis online yang menguntungkan. Pasarnya sebenarnya juga masih luas.

Anda bisa menerima pesanan untuk mencetak photocard sesuai dengan keinginan pelanggan. Di masa-masa awal, pesanan bisa dicetak di percetakan digital. Anda juga tidak perlu modal besar. Jadi jika sedang mencari bisnis modal kecil, bisnis photocard jelas layak untuk dipertimbangkan.

Kunci Sukses dalam Berbisnis

Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - Maxipro

Semua bisnis besar pada awalnya bermula dari bisnis kecil. Secara bertahap, bisnis terus dikembangkan. Sayangnya, tidak banyak bisnis modal kecil yang dapat berkembang menjadi besar.

Hal seperti ini bisa terjadi pada bisnis apapun. Bahkan meski Anda memiliki ide bisnis online yang sangat brilian, pada akhirnya semua tergantung eksekusinya. Jika dieksekusi dengan baik, ide bisnis online bisa saja berkembang menjadi bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan besar.

Ada beberapa hal yang membedakan bisnis modal kecil yang sukses tumbuh menjadi besar. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis kecil dan ingin bisnis tersebut berkembang, berikut kunci sukses yang sebaiknya Anda aplikasikan.

1.  Fokus pada satu bisnis

Salah satu penyebab kegagalan pebisnis pemula adalah kurangnya fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Karena tergoda untuk menambah sumber pemasukan, tidak sedikit pelaku bisnis yang terlalu terburu-buru memulai bisnis baru.

Agar bisnis kecil bisa berkembang menjadi besar, sebaiknya fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Jika memang sudah mencapai titik jenuh, barulah mulai merambah ke bisnis baru.

2. Perhitungkan modal dengan cermat

Menghitung modal tidak hanya sebatas menghitung berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha. Anda juga harus memperhatikan biaya operasional selama beberapa waktu ke depan.

Saat menghitung modal, sebaiknya fokus pada hal-hal yang esensial. Selain itu pertimbangkan juga kontribusinya pada bisnis.

3. Kelola keuangan bisnis dengan baik

Jangan pernah mencampurkan uang pribadi dengan uang bisnis. Selain itu, catat setiap pemasukan dan pengeluaran usaha. Agar tidak ada penyimpangan, evaluasi catatan keuangan juga perlu dilakukan secara berkala.

4. Gigih dan cepat bangkit dari kegagalan

Anda tidak bisa mengharapkan perjalanan yang mulus saat memulai sebuah usaha. Jatuh bangun adalah hal yang biasa dalam bisnis. Karena itu, berusahalah untuk terbiasa dengan hal tersebut. Jika gagal, jangan terlalu larut dan bangkitlah secepat yang Anda bisa.

5. Konsisten berinovasi

Dunia terus berubah, begitu juga dengan selera dan keinginan pasar. Agar bisnis terus berkembang, Anda harus terus bergerak dan konsisten berinovasi. Dalam menjalankan bisnis, jangan pernah berhenti dan mudah berpuas diri. Cari tahu apa yang baru dan berusahalah untuk menggapainya.

Penutup

Saat memulai bisnis kecil, sebaiknya jangan hanya berfokus pada revenue. Anda juga harus memikirkan bagaimana cara untuk mengembangkannya. Agar bisnis berjalan lebih efektif, jangan ragu untuk berinvestasi pada mesin produksi. Dengan membeli aset mesin, potensi revenue yang bisa diperoleh juga akan ikut tumbuh.

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan atau mesin finishing, Maxipro punya jawabannya. Dengan standar kualitas yang tinggi, Anda pun bisa memberikan kualitas hasil yang mampu memenuhi ekspektasi pelanggan.

Tidak Butuh Modal Besar, Ini Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Anda Coba - Maxipro