Metode Cepat Meningkatkan Skill Desain Grafis Hingga Mahir

megembangkan-skill-desain-grafis

Dunia desain makin berkembang, banyak desainer berkompetisi menghasilkan karya yang berbeda. Karyanya pun ada yang menginspirasi. Akan tetapi banyak juga desainer yang kehabisan ide dalam membuat desain yang tak kunjung usai. Kalian bisa membaca ulasan Maxipro untuk mengetahui Tren Desain Grafis 2020 untuk Promosi.

7 Cara Meningkatkan Skill Desain Grafis

Pada umumnya masalah yang timbul saat membuat desain berujung pada kemampuan atau ide sang desainer yang sudah mentok. Hal seperti ini sebetulnya bisa dihindari dengan memberi waktu luang agar kemampuan desain pulih kembali dan terus meningkat. Tangan dan pikiran juga akan lebih luwes melanjutkan desain yang sebenarnya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat meningkatkan skill desain :

1. Aktif Dalam Blog

Memiliki blog sangat menguntungkan, tidak hanya sebagai wadah untuk menuangkan segala pemikiran atau berbagi informasi saja. Akan tetapi juga dapat membantu dalam merangsang skill desain supaya lebih berkembang. Gantilah desain blog secara berkala dan masukkan hal-hal baru agar blog menjadi lebih menarik. Dengan begitu kemampuan mendesain pun turut meningkat.

2. Desain Ulang Karya Orang Lain

Kalian pasti sering menjumpai desain orang lain yang dianggap kurang sesuai. Biasanya akan muncul keinginan untuk mendesain ulang. Kalian bisa mengikuti keinginan tersebut untuk mencoba mendesain kembali. Hal ini juga akan membantu kalian terus berkembang dan secara tidak langsung membuat skill kalian meningkat melampaui batas kemampuan yang kalian punya.

3. Bergabung dengan Komunitas Desainer

Dengan bergabung atau memiliki komunitas desainer sendiri, dapat membantu kalian dalam mengembangkan skill agar lebih mumpuni. Karena hal yang dibicarakan pasti tidak jauh dari hal-hal berbau desain. Seperti aplikasi pembuat desain hingga perkembangan ilmu desain terbaru dan tren desain.

4. Mengikuti Workshop atau Kursus Desain

Menimba ilmu dengan mengikuti workshop atau kelas khusus desain dengan baik, akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru pada bidang ini. Keuntungan lain dari kegiatan tersebut adalah mendapatkan sertifikat yang nantinya akan membantu menunjang karir kalian. Bahkan, bukan tidak mungkin kesempatan untuk menjadi desainer handal pun semakin besar.

5. Eksperimen dengan Aplikasi Desain Komputer

Mengembangkan kemampuan desain, juga bisa tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Tidak perlu menggunakan desain grafis berbayar, cukup memaksimalkan aplikasi yang ada untuk bereksperimen menciptakan karya desain. Kalian bisa menggunakan 4 Software Desain Grafis Yang Paling Banyak Digunakan. Jika kalian pemula, lakukan pengeditan ringan seperti mengedit foto dengan menerapkan filter atau membuat kolase dengan menggabungkan 2 foto atau lebih menjadi satu.

6. Berlatih Membuat Logo

Cobalah untuk membuat logo yang keren dan simpel dari nama orang atau brand tertentu yang kalian inginkan. Mulailah dengan mencari referensi dari internet yang berkaitan dengan logo yang akan dibuat. Kemudian jadikanlah sebagai acuan untuk pembuatan karya sendiri. Jika kesulitan, gambarlah pada secarik kertas terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Bikin Logo Menarik Lebih Cepat

7. Membaca dan Mempraktikkan

Dari dahulu hingga saat ini, membaca masihlah menjadi jendela dunia. Membaca tidak harus dari buku teori tebal, bisa juga dari artikel-artikel internet dan majalah. Sekarang banyak sekali sekali menjumpai artikel maupun ebook yang berbau desain grafis. Setelah membaca dan memahaminya, kalian diharapkan untuk mempraktikkan hal baru yang diperoleh dari bacaan tersebut agar kemampuan semakin terasah.

Banyak hal dan cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan desain yang mumpuni. Cara di atas tergantung pula dengan kemauan kalian dalam mencoba hal baru dan niat yang serius untuk berkembang. Pahami dan cobalah langkah diatas semoga skill desain kalian mengalami peningkatan. Kunjungi Maxipro.co.id.

×