Pada kenyataannya, konsumen punya banyak pilihan saat ingin membeli sesuatu. Banyaknya kompetitor di luar sana, membuat kalian harus menemukan cara promosi yang terbaik dan dengan mudah memenangkan kepercayaan konsumen pada bisnis kalian.

Promosi adalah kegitan mengiklankan, menyebarkan dan menginformasikan atas suatu produk bahkan perseorangan mengenai deskripsi dan kelebihan yang dimiliki sebagai nilai jual dan menarik minat target promosi. Strategi promosi bisnis perlu diperhatikan agar mampu memenuhi tujuan yang diinginkan.

Strategi promosi menjadi kunci untuk bisa meningkatkan brand awareness bagi bisnis kalian. Selain itu, promosi juga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan serta memperluas pasar. Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan saat menyusun strategi promosi bisnis agar hasilnya maksimal?

 

Ciptakan brand recognition dengan image yang baik

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

Saat promosi yang dilakukan kompetitor lain semakin gencar, bisnis kalian tetap bisa menjadi pemenang. Kok bisa?

Dengan meningkatkan brand recognition, maka bukan hal yang sulit untuk menempati posisi pertama di hati pembeli. Dengan memberikan pelayanan terbaik, hanya menjual produk kualitas top serta after sales yang maaksimal, dijamin deh bisnis kalian akan menjadi yang terdepan!

Tanpa perlu diminta, pembeli akan dengan sukarela membagikan pengalamannya membeli produk perusahaan kalian. Saat itu lah image bisnis kalian sudah tercipta dengan baik.

 

Kemas dengan simpel

Mengapa meskipun dengan promosi yang sederhana, pembeli masih bisa tertarik dengan suatu produk yang dijual?

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

Hal ini dikarenakan promosi bisnis yang mudah dipahami dan mempunyai sesuatu yang bisa memberikan keuantungan bagi mereka, punya kesempatan untuk menghasilkan respon yang bagus dari calon pelanggan. Cara termudah untuk melakukan promosi yang simpel adalah dengan memberikan diskon.

Pemberian diskon bisa dilakukan dengan cara mencoret tulisan harga asli yang ada di website penjualan, baik di situs asli perusahaaan atau pada marketplace yang dimiliki. Diskon yang diberikan harusnya ditujukan pada umum, sehingga mampu menarik minat calon pembeli baru sekalipun. Pastikan penulisan harga produk ditulis dengan huruf tebal, jadi makin mencolok.

Opsi lainnya adalah dengan memberikan kode promosi. Cara ini berupa memberikan kode khusus yang bisa digunakan dengan mudah, tanpa perlu berburu atau berebutan. Karena jika memberikan kode diskon dengan sistem rebutan, tentu akan membuat calon pelanggan sudah tak tertarik dari awal.

Selain memberikan kode melalui homepage dan marketplace, tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba memberikan kode diskon atau informasi promo lainnya melalui email. Dengan mengirimkan email, kalian bisa mengingatkan pembeli juga tentang informasi diskon atau mengenai bisnis lainnya.

 

Bonus untuk top spender 

Pembeli langganan nyatanya lebih mudah untuk melakukan pembelian kembali jika ada produk baru dibandingkan calon pembeli baru. Hal ini dikarenakan mereka sudah sering membeli di perusahaan kalian, sehingga sudah memahami cara pembelian serta bagaimana proses dari awal pembayaran hingga pengiriman dan penerimaan barang.

Dengan konsep tersebut, kalian bisa memberikan promosi berupa pemberian bonus pada top spender. Yang dimaksud dengan top spender adalah pembeli yang melakukan pembelian di atas batas minimum.

 

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

 

Tidak hanya itu, kalian juga bisa meningkatkan loyalitas pembeli dengan menampilkan profil foto serta nama usaha top spender pada media sosial perusahaan, yang mana bisa menjadi ajang promosi juga bagi pembeli. Atau juga perusahaan bisa menawarkan pilihan bonus yang bisa dipilih jika menjadi top spender.

 

Adakan promosi bundle

Selain pemberian diskon, bentuk promosi bisnis lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan program bundle. Yang dimaksud dengan bundle adalah penawaran atas 2 produk atau lebih yang mempunyai total harga lebih kecil dibandingkan jika melakukan pembelian produk yang di bundling secara terpisah. Promosi jenis ini jug dikenal dengan nama bundle deal atau bundle offers.

 

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

 

Strategi promosi bisnis ini sering dilakukan pada produk yang biasanya tidak terlalu laku dengan produk yang menjadi best seller, sehingga bisa menaikkan penjualan. Di sisi lain, pembeli akan merasa senang bisa membeli beberapa produk sekaligus dengan harga yang lebih murah.

 

Bonus khusus minimal pembelian

 

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

 

Kalian bisa meningkatkan Average Value of Orders (AOV) dengan memberikan freebie atau bonus jika pembelian yang dilakukan pelanggan melebihi suatu minimum yang ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan. AOV adalah rata-rata pengeluaran dari seorang pembeli setiap kali dia melakukan pembelian di sebuah toko. Penghitungannya adalah dengan membagi total pendapatan perusahaan dengan jumlah pesanan dari pembeli.

Salah satu bentuk promosi bisnis yang bisa digunakan dalam konteks ini adalah pemberian gratis ongkir dengan minimum pembelian. Karena pembelian sekarang juga dilakukan melalui online, sehingga pembeli tidak hanya berasal dari satu wilayah yang sama, tapi juga lintas daerah bahkan di luar pulau. Hal ini menyebabkan promosi gratis ongkos kirim tentu sangat menggiurkan.

Namun jika memang promosi tersebut dirasa tidak bisa dilakukan, kalian masih bisa memberikan bonus lain seperti setiap pembelian mesin akan mendapatkan lem gratis atau juga pemberian bahan lainnya ketika pembeli membeli produk dalam jumlah banyak dan memenuhi minimum pembelian yang ada.

 

Review produk

 

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

 

Ketika akan membeli suatu produk, pembeli akan banyak memikirkan banyak pertimbangan. Salah satu cara yang bisa meningkatkan kepercayaan pada suatu produk selain deskripsi adalah review atau ulasan mengenai sebuah produk. Adanya review bisa meningkatkan penjualan dibandingkan produk yang tidak memiliki review.

Sebelum melakukan promosi itu, pastikan produk memiliki review yang baik sambil mengumpulkan review lain dari kompetitor, entah atas produk yang sama atau yang serupa. Strategi lain adalah dengan mengirimkan produk baru pada konsumen langganan dan meminta review dari mereka, lalu mengunggahnya di halaman produk.

Dengan adanya review, pembeli pun akan dapat gambaran mengenai produk yang akan mereka beli. Kemungkinan besar, pembeli yang puas dengan review pun akan membeli produk tersebut.

 

Selalu update website dan marketplace

 

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id

 

Promosi bisnis memang bisa langsung dilakukan kepada pembeli, tapi ada beberapa cara lain yang bisa disebut promosi meski tak langsung berhubungan dengan pembeli. Contohnya adalah update yang bisa kalian lakukan pada situs perusahaan atau penjualan dan akun perusahaan di situs marketplace.

Pembeli yang sering berkunjung ke situs perusahaan, pasti setidaknya akan hapal dengan tampilan web. Dengan merombak tampilan web seperti mengganti homepageheader atau sekedar warna tema, membuat situs akan terlihat berbeda dan fresh. Pembeli akan tertarik karena tampilan situs telah berbeda dari biasanya.

Kalian juga bisa menambahkan produk yang diskon pada homepage website dengan menempatkannya diposisi tengah paling atas. Tambahan juga, dengan memberikan testimoni dari pembeli agar bisa menumbuhkan kepercayaan pada calon pembeli baru.

 

Wah, ternyata tipsnya sederhana ya!

Dalam melakukan promosi, sebenarnya kalian tidak perlu terpaku dengan cara yang rumit, sekalipun akan membuat kegiatan promosi bisnis kalian terlihat ‘wah’. Karena pada kenyataannya, sesuatu yang simpel akan lebih diminati karena sifatnya tegas dan mudah dipahami.

Nah, kalian bisa dengan mudah menyusun strategi promosi bisnis dengan memperhatikan tips diatas ya! Tidak perlu terlalu ribet dan dilakukan semua, sesuaikan saja dengan konsep pemasaran perusahaan juga, agar tidak ada tindakan yang bertentangan dengan prinsip bisnis kalian.

Berhubungan dengan promosi, Maxipro juga tak pernah berhenti untuk melakukan promosi loh, baik ke calon pembeli baru, maupun pada Maxivers yang loyal. Lalu, salah satu produk best seller di Maxipro adalah Mesin Laminating Telson A3 4 Roller.

Berbeda dengan mesin laminasi lainnya yang berukuran besar, Mesin Laminating Telson A3 4 Roller mempunyai ukuran kecil yang membuatnya mudah ditempatkan di mana saja. Tapi, mesin ini juga bisa melakukan pekerjaannya dengan baik loh. Kecil-kecil cabe rawit loh!

Dengan ukuran yang mungil, Mesin Laminating Telson A3 4 Roller ini bisa melakukan laminasi 2 sisi, sebagai contoh pada KTP. Maksimal ukuran kertas yang dilaminasi adalah A3+, jadi akan banyak pilihan kertas yang bisa dilaminasi dengan mesin ini.

Harga yang murah dan kualitas yang terbaik, cukup menjadi alasan bagi kalian untuk mempertimbangkan mesin ini, Maxivers. Informasi lebih lanjutnya, bisa dilihat di halaman ini ya!

Mesin Laminating Telson A3 4 Roller

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

7 Tips Promosi Cetar: Bisnis Dijamin Makin Lancar! - Maxipro.co.id