Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro

Pemasaraan dengan merchandise selalu menjadi cara promosi terbaik bagi usaha bisnis kalian. Namun pada beberapa tahun belakangan ini, dengan kemajuan teknologi, keberadaan dunia digital mulai menyebar ke seluruh sektor.

Sehingga sebagian orang berpendapat bahwa merchandise tidak lagi seefektif metode pemasran lainnya yang lebih modern. Apa benar dengan pernyataan tersebut?

Padahal, sebenarnya pemasaran yang dilakukan dengan promosi merchandise bisa memberikan banyak keuntungan loh.

Ini adalah alasan mengapa promosi menggunakan merchandise sangat penting bagi bisnismu!

 

Sebagai low-cost marketing (pemasaran dengan biaya rendah)

 

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id

 

Faktanya, promosi dengan merchandise merupakan bentuk promosi termurah dibanding metode lainnya. Dibandingkan dengan memasang iklan di media elektronik yang hanya akan beredar dalam waktu terbatas, tentunya merchandise lebih menguntungkan. Wujudnya yang tangible, membuat merchandise tentunya bersifat ekonomis dan lebih bisa mempunyai cangkupan pengaruh yang luas.

 

Menarik bagi berbagai kalangan

 

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id

 

Keberagaman merchandise adalah bentuknya yang bisa muncul dari berbagai benda, ukuran hingga kegunaan. Hal ini membuat pelanggan kalian dari rentang umur muda hingga dewasa, dapat dengan mudah menemukan barang yang sesuai dengan selera mereka. Karena juga menarik perhatian tersebut, merchandise bahkan bisa dengan mudah diterima oleh publik dengan demografis yang luas.

 

Menunjukkan kepedulian pada pelanggan

Benda yang digunakan promosi dalah gratis, yang mana berarti perusahaan memberikan pelanggan beberapa barang yang berguna namun tak perlu membayar apapun. Siapa sih yang tak menyukai barang gratis? Pelanggan tentu senang dan merasa telah diapresiasi.

Perusahaan juga bisa menunjukkan bahwa mereka peduli dengan kepuasan pelanggan. Sehingga hubungan perusahaan dengan pelanggan bisa tumbuh, berkembang dan terjaga dengan baik. Salah satu alasannya adalah karena perusahaan juga tidak enggan untuk memberikan sesuatu secara gratis.

 

Memberikan kebahagiaan pada pelanggan

 

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id

 

Bentuk promosi yang cukup sering dilakukan pada beberapa tahun belakangan ini adalah giveaway. Pengertian giveaway adalah pemberian hadiah berupa uang atau benda lainnya yang berfungsi sebagai hadiah pada pemenang atau pelanggan yang biasnya diproses melalui undian atau kontes.

Pengadaan giveaway akan membuat perusahaan tetap bisa mengikuti perkembangan jaman dan selalu up-to-date. Merchandise juga akan membuat pelanggan ingat bahwa perusahaan selalu ada untuk mereka, sehingga mereka tidak akan ragu untuk kembali melakukan pembelian atas produk dari perusahaan.

 

Kreativitas perusahaan sebagai industry leader

Saat membuat merchandise, perusahaan bisa mengolah kreativitas yang dimiliki agar menciptakan benda yang berbeda dari yang lainnya. Dengan memberikan barang yang khas, akan menujukkan sisi kreatif perusahaan pada pelanggan sekaligus menarik perhatian banyak pihak. Produk yang beda dari yang lain bahkan bisa menjadi trendsetter, yang mana menempatkan perusahaan sebagai industry leader.

 

Menegaskan bisnis yang dijalankan

Setiap perusahaan baiknya memiliki logo dan warna khas yang mampu mempresentasikan identitas perusahaan. Pemilihan warna dan logo mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya unsur tersebut dapat menguatkan pesan yang ingin disampaikan perusahaan. Kesan yang kuat dapat membekas di ingatan pelanggan kalian.

Jika mampu meninggalkan kesan yang kuat, pelanggan akan dengan mudah mengingat perusahaan kalian saat mendapat merchandise. Perilaku ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis ke depannya.

 

Menumbuhkan loyalitas pelanggan pada perusahaan

 

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id

 

Pengadaan merchandise seperti memberikan kaos yang mempunyai logo perusahaan pada desainnya, bisa meningkatkan brand awareness. Namun, ada juga efek yang terbaik adalah membuat pelanggan untuk tetap kembali menggunakan brand perusaahaan. Efek inilah yang akan terjadi setelah kalian bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan berdasarkan loyalitas.

 

Memberi kesan bahwa perusahaan kalian menyenangkan

Pastikan merchandise perusahaan tidak hanya berguna namun juga memberikan kesenangan bagi penggunanya. Memberikan benda tersebut pada pelanggan lama dan calon pelanggan, kalian bisa menunjukkn sisi menyenaangkan milik perusahaan.

Dengan begitu secara tak langsung, perusahaan dipandang sebagai usaha yang mempunyai kesamaan dengan tiap personal. Dengan begitu, loyalitas dan brand awareness akan tumbuh dan berkembang lebih kuat lagi.

 

Awet dibandingkan promosi bentuk lain

Yang menakjubkan dari benda promosi berupa merchandise adalah produk itu akan terus mampu memberikan brand exposure dalam jangka waktu yang lama. Variasi merchandise berupaa kaos, gantungan kunci, tempat minum, dan lain-lain membuatnya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Produk seperti itu dapat dengan mudah dipakai oleh pelanggan atau sekedar dibawa kemana-mana. Tentunya, ketika melihat logo perusahaan, pelanggan bisa langsung teringat dengan brand kalian. Yang mana berarti, perusahaan akan mendapat brand exposure yang stabil dan konsisten.

 

Keberadaan merchandise ternyata penting sekali ya!

Sarana promosi yang dilakukan perusahaan terdiri dari banyak metode, namun salah satu cara paling efektif dan tradisional adalah pemberian merchandise pada pelanggan. Dengan memberikan barang secara gratis yang mempunyai desain khas atau logo perusahaan, maka kalian bisa menyebarkan brand pada pelanggan.

Pemanfaatan merchandise sebagai media promosi mampu membangun kesadaran atas brand perusahaan kepada pelanggan dengan halus. Pada kenyataanya, secara tak langsung dalam pemikiran pelanggan yang sering melihat merchandise, membuat terbangunnya brand awareness.

Dari beberapa jenis merchandise di luaran sana, salah satu benda yang mempunyai manfaat luas adalah buku catatan atau notes. Dalam pembuatan notes, Maxipro selaku solusi terbaik untuk usaha digital printing mempunyai berbagai penawaran mesin potong kertas yang bisa membantu perusahaan melakukan pekerjaan potong kertas.

Salah satu mesin potong terbaik di Maxipro adalah Mesin Potong Kertas Telson MP520H ST. Mesin ini bahkan bisa memotong atau merapikan kertas yang memiliki ketebalan 1 rim atau sebanyak 500 lembar. Fakta tersebut membuat mesin ini sangat cocok untuk usaha menengah ke atas.

Dilengkapi dengan sistem mutakhir dan touch screen tentunya memberikan pengalaman yang maksimal pada penggunanya. Sistem potong kertas hydraulic dan mechanical pedal yang ditawarkan Mesin Potong Kertas Telson MP520H ST pun memastikan pengguna mendapatkan kemampuan mesin yang maksimal. Lebih lengkapnya bisa Maxivers lihat di halaman berikut ini ya!

Mesin Potong Kertas Telson MP520H ST

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id