4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli - Maxipro

Kegiatan berbisnis mempunyai masa naik dan turun sesuai dengan keadaan yang ada. Di sinilah peran penting kalian sebagai pemilik usaha dibutuhkan, untuk bisa mengatur segala kegiatan operasional agar tetap berjalan dengan baik.

Salah satu unsur yang memiliki pengaruh besar pada kegiatan usaha adalah hubungan perusahaan dengan pelanggan. Perlu diingat, bahwa hubungan diantara keduanya tidak langsung berakhir hanya setelah transaksi jual beli selesain, namun harus terus berlanjut hingga menjadi pelanggan tetap pada perusahaan.

Setelah mendapatkan pelanggan yang loyal, tentunya perusahaan perlu melakukan berbagai cara agar hubungan tetap berjalan dengan baik. Seperti dengan mengucapkan terima kasih atas dukungan pelanggan selama ini.

Namun, ucapan terima kasih belaka sangatlah standar. Lalu bagaimanakah caranya mengucapkan terima kasih pada pelanggan dengan unik sekaligus dapat menyenangkan pelanggan?

 

Membalas pertanyaan pelanggan dan review yang diberikan

Kalian bisa menunjukkan rasa terima kasih pada pembeli yang sudah memberikan review atas produk yang sudah mereka beli, dengan membalas review tersebut maupun mengirimkan chat atau email secara personal. Meskipun sederhana, hal ini memperlihatkan bahwa perusahaan juga menghargai opini dan feedback dari konsumennya.

Selain menghubungi secara personal, perusahaan juga bisa menyenangkan kosumen dengan menyusun FAQ (frequently asked questions) agar tak perlu bertanya kepada customer service dan hanya perlu membaca daftar pertanyaan yang ada. Kalian juga bisa membagikan tutorial mengenai produk yang dijual. Misalnya di Maxipro, kami bisa membantu melakukan video call mengenai instalasi mesin agar bisa membantu pembeli.

4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli! - Maxipro.co.id

Perlakuan proaktif itu membuat pembeli merasa diutamakan dan memahami bahwa perusahaan juga mengutamakan pengalaman dan kenyamanan mereka. Menjawab pertanyaan yang ada juga dapat mempererat hubungan dengann konsumen serta memperkokoh loyalitas sambil mengurangi pekerjaan yang mungkin harus dilakukaan di masa mendatang.

 

Hadiah atau pemberian gratis

Dalam kegiatan berbisnis, terutama pada kegiatan berbelanja secara digital, ucapan terima kasih bisa diucapkan dalam bentuk yang riil. Dengan mencetak produk asli perusahaan yang memang diperuntukkan sebagai hadiah, kalian bisa berterima kasih pada pelanggan dengan hadiah yang dapat menyenangkan mereka.

4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli! - Maxipro.co.id

Ada banyak bentuk hadiah yang bisa diberikan sebagai bonus untuk pembelian. Misalnya sticker untuk setiap pembelian, mug atau kaos berlogo perusahaan untuk pembelian tertentu, dan lainnya. Namun kalian tak perlu memberitahukannya kepada pelanggan sehingga nantinya akan menjadi kejutan bagi mereka.

Terutama untuk pelanggan baru, pasti akan merasa senang dengan merchandise yang diterima. Tidak hanya senang, hadiah yang bermanfaat tersebut pasti akan digunkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti kaos yang bisa dipakai untuk bersantai di rumah atau mug yang bisa digunakan untuk menjamu teman, secara tak langsung bisa menjadi sarana promosi bagi siapapun yang melihatnya.

 

Kode unik untuk diskon

 

4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli! - Maxipro.co.id

 

Tak seperti merchandise sebelumnya yang berbentuk produk, ucapan terima kasih kali ini berbentuk seperti selembar voucher berisi kode. Pemberian kode ini secara tak langsung akan mendorong pelanggan untuk melakukan repurchasing.

Dengan memberikan kode voucher berupa diskon, menjukkan bahwa kalian berterima kasih pada pembeli karena telah memilih berbelanja di perusahaan kalian dibandingkan kompetitor lainnya. Loyalitas tersebut yang sebenarnya menjadi apresiasi bagi perusahaan.

Cara mudah mengirimkan voucher ini adalah bersamaan dengan pembelian dari pelanggan tersebut. Namun, dengan berkembangnya kemajuana teknologi, kalian bisa memanfaatkan produk digital seperti email, dimana kalian bisa mengaturnya sesuka hati. Jika dikirimkan secara personal, kalian bisa menambahkan pesan maupun detail lainnya agar terasa lebih spesial.

 

Sertifikat pelanggan

 

4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli! - Maxipro.co.id

 

Voucher diskon memang sesuatu yang bisa menggembirakan hati pelanggan. Selain menghemat pengeluaran, pemberin voucher juga bisa membentuk loyalitas pada pelanggan.

Salah satu cara lainnya untuk meningkatkan loyalitas adalah pemberian sertifikat pelanggan. Benda tersebut merupakan penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang telah memenuhi kriteria khusus, seperti top spender of the month, pemenang give away atau mungkin juga pada pembeli yang selalu melakukaan pembelin di tiapa bulannya.

Pemberian sertifikat pelanggan dapat menjadi motivator yang baik bagi pelanggan untuk semakin bekerja sama dengan perusahaan. Bahkan bentuk ucapan terima kasih ini dinilai seefektif promosi melalui media sosial.

 

Mudah bukan untuk berterima kasih dengan cara unik?

Dalam memberikan bentuk ucapan terima kasih, perusahaan kalian bisa memperhatikan skala usaha agar sesuai dengan tindakan yang dilakukan. Misalnya jika perusahaan kalian masih tergolong kecil, maka tak susah untuk membangun hubungan yang dalam dengan pelanggan.

Loyalitas pelanggan bisa diperkokoh dengan bentuk terima kasih yang khusus. Karena perusahaan masih dalam skala kecil, akan mudah bagi karyawan untuk menghafal pelanggan yang ada dan yang sering membeli produk.

Sementara jika perusahaan kalian memiliki skala yang lebih besar, maka cara pemberian ucapan terima kasih secara personal jelas tak bisa dilakukan karena pelanggan sangat banyak. Untuk ini, perusahaan bisa menggunakan software khusus yang memiliki kemampuan untuk mengirim pesan secara otomatis. Meskipun terkesan lebih kurang personal, tapi tindakan tersebut menggambarkan bahwa perusahaan berterima kasih secara tulus pada pelanggan.

Pada dasarnya, berterima kasih pada pelanggan karena telah mau memilih perusahaan kalian dibanding dengan kompetitor lainnya, mampu membawa kehangatan dan pengalaman baru pada kegiatan berbelanja secara online. Apresiasi pada konsumen adalah sikap yang bisa menumbuhkan kepercayaan pada perusahaan, yang mana tak bisa dilakukan oleh metode pemasaran lainnya.

 

Tapi bukan berarti bentuk “terima kasih” yang dulu dilupakan

Meskipun begitu, tidak ada salahnya juga memberikan ucapan terima kasih standar berupa kartu ucapan dan brosur dalam paket barang pembelian pelanggan beserta merchandise lainnya. Brosur dan kartu ucapan bisa dibuat semenarik mungkin agar tetap menujukkan ciri khas perusahaan kalian.

Mengenai hal itu, Maxipro menyediakan Mesin Creasing Porforasi Manual yang dapat membantu kebutuhan untuk memberikan garis pada kertas brosur dan kartu ucapan. Memberikan hasil tekukan yang rapi, presisi dan tidak pecah membuat mesin ini cocok digunakan untuk industri percetakan dengan skala industri atau perusahaan digital printing.

Tidak hanya berfungsi membuat lipatan, Mesin Creasing Porforasi Manual juga dapat membuat lubang putus-putus pada kertas agar mudah disobek contohnya pada tiket, invoice dan nota. Tentunya mesin multifungsi ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dengan kualitas top loh. Info lebih lanjut, bisa Maxivers kunjungi di halaman ini ya!

Mesin Creasing Porforasi Manual

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

4 Bentuk Ucapan Terima Kasih Unik Yang Memuaskan Pembeli! - Maxipro.co.id