Pengertian Ordner Dalam Kearsipan - Maxipro

Semua orang pasti menginginkan meja kerja yang rapi dengan rak kertas yang tersusun. Kali ini Maxipro akan membahas tentang pengertian dan fungsi ordner. Sebuah peralatan kearsipan yang umum digunakan pada kegiatan perkantoran dan sejenisnya.

Sebuah kantor yang besar dengan aktifitas yang padat setiap harinya memiliki administrasi yang keluar masuk. Semua perusahaan besar pasti memerlukan peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan tugas administrasi seperti Alat Tulis Kantor (ATK).

Banyak sekali jenis alat tulis kantor seperti pulpen, kop surat, kalkulator, kertas HVS, spidol, staples, ordner dan lain sebagainya. Tapi dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pentingnya fungsi ordner untuk keperluan administrasi.

Pengertian OrdnerPengertian Ordner Dalam Kearsipan - Maxipro

Mencari dokumen lama sangatlah merepotkan apalagi jika perusahaan kalian tidak memiliki manajemen dokumen yang baik. Sama seperti bisnis percetakan, jika kertas baru dan kertas bekas tidak dirapikan dengan baik akan mengganggu proses pengerjaan. Jika kalian pernah merasakan masalah tersebut rak buku atau ordner adalah solusi yang tepat.

Ordner adalah sebuah map besar yang berbahan dasar karton tebal yang mempunyai fungsi untuk menyimpan dokumen dan arsip. Ordner memiliki karakteristik besar dan kokoh (berbahan dasar board) dan kekuatan ordner dapat kalian langsung rasakan dengan memegang cover-nya saja.

Akan tetapi ordner sangat rentan dengan api, sehingga jika terpapar pada elemen api media ini sangat mudah terbakar.

Baca juga: Plastik Laminating Untuk Mesin Laminasi

Struktur dan Karakteristik Ordner

Ordner biasanya berukuran 3,45 cm × 28,5 cm × 7 cm dan biasanya terdapat dua penjepit besi pada sisi tengah dalam nya yang digunakan untuk menjilid dokumen dan arsip. Ordner memiliki dua sisi yaitu cover depan dan belakang untuk menutupi dan melindungi dokumen yang ada didalamnya.

Ordner dalam hal ini dapat dibeli di toko ATK dengan bentuk dan gambar yang kalian lihat dengan beberapa merek terkenal. Akan tetapi bagi perusahaan yang membutuhkan Ordner dengan design custom, dapat memesan Ordner secara custom di percetakan offset dan digital printing.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Sejarah, dan Jenis Mesin Cetak Offset

Pakailah jasa digital printing jika kebutuhan Ordner kalian tidak banyak dan jika kebutuhan cetak ordner kalian banyak, maka percetakan offset adalah solusi yang tepat buat kalian dikarenakan harganya yang lebih bersaing.

Pengertian Ordner Dalam Kearsipan - Maxipro

Mencetak cover ordner dapat menggunakan kertas art paper dan matt paper dan dilapisi dengan plastik laminasi Doff atau Glossy sesuai dengan pilihan kalian. Hasil cetak akan terlihat lebih premium jika kalian menambahkan elemen finishing seperti Spot UV atau Hot Print Poly Emboss (cetak emas, dan perak).

Fungsi Ordner

fungsi ordner dalam kearsipan

Setelah kalian mengetahui tentang ordner, sekarang kita membahas tentang fungsi ordner. Kertas yang bertebaran dapat dirapikan dengan menggunakan rak buku atau ordner. Dengan manajemen administrasi yang rapi akan membantu kalian menjalankan bisnis. Kalian tidak perlu khawatir kehilangan dokumen penting seperti data customer, tagihan atau lainnya saat diperlukan.

Pastikan untuk menjepit dokumen kalian pada saat memasukkan arsip sehingga dokumen tidak jatuh. Pastikan kalian menyusun dokumen dengan nomor urut yang jelas sehingga mudah bagi kalian dalam mencari dokumen tersebut. Taruhlah kembali Ordner kalian pada tempatnya jika kalian sudah selesai mencari dokumen dan arsip kalian.

Ordner digunakan pada setiap perusahaan baik itu pada perusahaan dengan skala kecil, sedang maupun besar. Tidak hanya perusahaan, yayasan dan sekolah pun juga pasti menggunakan ordner dikarenakan memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap penggunanya. Berikut tips supaya Ordner dapat terlihat lebih rapi:

  1. Letakkan di dalam lemari yang tertutup atau dalam rak buku jika kalian memilikinya
  2. Kelompokan Ordner sesuai dengan isinya
  3. Berilah label pada setiap Ordner supaya mudah untuk ditemukan
  4. Sisi punggung Ordner harus menghadap keluar sehingga mudah dibaca

Sekian pembahasan tentang pengertian dan fungsi ordner bagi perusahaan untuk menyimpan dan mengelola dokumen kalian dengan baik dan benar. Semoga dapat membantu kalian. Untuk pengusaha percetakan kalian dapat membeli rak kertas di Maxipro.co.id.

Rak Kertas 40 Susun dari Besi, Kokoh dan Kuat

Mesin Bor 2 Mata, Ketebalan Max 5 cm

Agar dapat menyimpan dokumen ke dalam ordner dibutuhkan alat pelubang atau pembolong kertas. Biasanya pekerjaan ini dapat dilakukan menggunakan punch hole. Namun, akan merepotkan jika perlu melubangi banyak tumpukan dokumen dalam waktu singkat.

Maxipro merekomendasikan Mesin Bor Kertas 2 Mata Elektrik SYS untuk melakukannya. Peralatan ini memiliki 2 mata bor yang dapat melubangi kertas sesuai bentuk lubang pada ordner. Karena digerakkan menggunakan sistem elektrik, siapa pun dapat mengoperasikannya dengan mudah.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!