Strategi Bisnis Kecil Meningkatkan Penjualan dengan Pemasaran Lokal

Strategi Bisnis Kecil Meningkatkan Penjualan dengan Pemasaran Lokal

Sebagai pengusaha, kalian pasti tahu betapa sulitnya menarik perhatian pelanggan di tengah persaingan yang ketat. Sebagai contoh banyak bisnis percetakan kecil merasa kewalahan dalam menemukan cara efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis mereka.

Kalian mungkin telah mencoba berbagai strategi pemasaran, namun hasilnya belum memuaskan. Iklan yang mahal dan kampanye yang tidak efektif sering kali hanya membuang-buang anggaran tanpa memberikan hasil yang diharapkan. Selain itu, kurangnya waktu dan sumber daya untuk menjalankan strategi pemasaran yang kompleks membuat situasi semakin sulit.

Namun, jangan khawatir! Pemasaran lokal adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Dengan fokus pada target pasar di sekitar lokasi bisnis kalian, kalian bisa memanfaatkan berbagai strategi pemasaran yang lebih terjangkau dan efektif. Dari optimasi media sosial hingga kolaborasi dengan bisnis lokal lainnya, ada banyak cara untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan bisnis. Mari kita bahas strategi-strategi ini lebih lanjut dalam artikel ini!

Baca Juga: 5 Cara Memperoleh Omset Tinggi Dalam Bisnis Percetakan

Optimalkan Promosi Online & Pencarian Lokal

Promosi online yang dibarengi dengan pemasaran lokal memungkinkan bisnis kecil untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan potensial di sekitar mereka. Ini tidak hanya meningkatkan visibilitas bisnis tetapi juga membantu membangun hubungan yang kuat dengan komunitas setempat.

Dengan menargetkan audiens lokal, bisnis kecil dapat memanfaatkan peluang pasar yang spesifik dan relevan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan di daerah tersebut.

Sebab biasanya costumer menggunakan mesin pencarian mendapatkan lokasi bisnis dan menemukan informasi yang ada di sekitar mereka. Apalagi jumlah pencarian online terhadap bisnis lokal semakin meningkat setiap tahunnya.

Melakukan Search Engine Optimization (SEO) lokal akan membantumu menghasilkan mendapat lebih banyak kunjungan, ketertarikan, dan penjualan online bisnismu. Apalagi mesin pencari, seperti Google memang dibuat untuk memudahkan siapa saja menemukan toko atau bisnis terdekat.

Jadi sebagai pemilik bisnis lokal, iklan dengan target lokasi yang lebih spesifik dapat meningkat penjualan. Sebab calon pelanggan pasti lebih menyukai iklan dan hasil pencarian yang relevan dan sesuai dengan lokasi mereka.

1. Google My Business

Google My Business

Pada setiap pencarian kata kunci lokal seperti “percetakan terdekat”, “fotocopy terdekat”, atau “cetak foto terdekat”, Google akan menampilkan daftar bisnis lokal pada urutan pertama.

Google My Business akan membantu kalian terhubung dengan Google Penelusuran dan Google Maps secara gratis. Lengkapi semua informasi bisnis mulai dari alamat, nomor telepon, jam buka, foto, tautan website, dan deskripsi bisnis.

2. Gunakan Keyword Lokal

Gunakan Keyword Lokal

Gunakan “kata kunci + lokasi” pada halaman judul halaman dan judul situs, dan tambahkan juga ke dalam setiap konten kalian. Ini akan membantu mengarahkan bisnis ke area yang kalian targetkan. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk meneliti keyword yang paling relevan untuk bisnis kalian.

3. Informasi Yang Konsisten

Informasi Yang Konsisten

Pastikan nama, alamat, dan nomor telepon konsisten di setiap situs dan akun sosial media yang terdaftar. Data yang konsisten meningkatkan visibilitas lokal. Hindari memberikan data yang salah, yang dapat membuat pelanggan bingung dan kesulitan mencari detail bisnis kalian.

4. Iklan Media Sosial Target Geografis

Iklan Media Sosial Target Geografis

Menyempurnakan target audiens adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan usaha kecil sekaligus menurunkan biaya pemasaran. Hal ini dapat dilakukan secara efektif dengan penargetan geografis. Penargetan geografis membuat konten hanya tampil kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis yang telah ditentukan.

Akan sangat menguntungkan jika memfokuskan dan membatasi iklan hanya kepada orang-orang yang tinggal di sekitar usaha kalian. Lagi pula, bagi bisnis lokal seperti percetakan tentu sangat tergantung pada kunjungan langsung. Penargetan geografis tersedia di media sosial seperti Iklan Facebook, Iklan Instagram, Iklan Twitter, Iklan LinkedIn, dan Iklan Snapchat.

Perhatikan Pelanggan & Masukan Mereka

Perhatikan Pelanggan & Masukan Mereka

Amati bagaimana pelanggan menggunakan produk dan layanan kalian. Identifikasi fitur yang paling mereka sukai atau kesulitan. Gunakan informasi ini untuk perbaikan dan berikan pelatihan atau layanan yang lebih personal. Luangkan waktu untuk memperbaiki hubungan dengan pelanggan daripada melihat ini sebagai peluang untuk meningkatkan penjualan.

a. Informasikan & Tanyakan

Beritahu pelanggan tentang layanan dan produk yang kalian tawarkan dan kumpulkan masukan tentang kebutuhan mereka. Jika ada ide produk yang menarik, pertimbangkan untuk mengembangkannya di masa depan. Ini adalah cara tanpa biaya untuk meningkatkan penjualan.

b. Dengarkan & Pahami

Dengarkan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka. Buka saluran komunikasi untuk memperkuat hubungan dan mencegah mereka beralih ke pesaing. Tambahkan layanan berdasarkan minat pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan penjualan.

c. Kumpulkan Testimoni

Minta pelanggan untuk memberikan referensi atau testimonial. Berikan insentif seperti diskon atau poin untuk setiap referensi yang mereka berikan. Testimonial dapat digunakan untuk membangun reputasi di situs web dan media sosial.

d. Program Loyalitas

Buat program loyalitas untuk meningkatkan frekuensi dan nilai pembelian tanpa perlu pelanggan baru. Gunakan kartu stempel atau program yang lebih canggih untuk melacak dan memberi reward kepada pelanggan setia.

e. Penjualan atau Promosi Terbatas

Adakan penjualan atau promosi jangka pendek untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang lama. Tetapkan parameter yang jelas dan manfaatkan penjualan terbatas untuk meningkatkan penjualan keseluruhan. Promosi ini dapat memperluas basis pelanggan kalian.

Dengan strategi-strategi ini, kalian dapat memperkuat kehadiran bisnis kalian di komunitas lokal dan meningkatkan penjualan.

Google Reviews

Google Reviews

Pelanggan dapat menambahkan foto dan menulis ulasan tentang bisnis klaian. Ulasan pelanggan memiliki dampak besar pada bisnis lokal. Delapan puluh enam persen konsumen membaca ulasan untuk bisnis lokal.

Apakah kalian juga membaca ulasan online untuk bisnis? Berdasarkan survei 37% mengatakan ya, kadang-kadang. 22% mengatakan ya, secara teratur. 27% mengatakan ya, selalu. 14% mengatakan tidak pernah.

Ulasan mempengaruhi keputusan sejumlah besar konsumen. Selama setahun terakhir, sedikit perubahan terjadi dalam hal ini. Ulasan positif membuat 68 persen konsumen lebih mungkin menggunakan bisnis lokal. Ulasan negatif mencegah 40 persen konsumen ingin menggunakan bisnis lokal tersebut. Tujuh puluh delapan persen konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi.

Konsumen mengevaluasi ulasan bisnis dengan 4 cara:

  1. Jumlah ulasan
  2. Penilaian ulasan – memiliki banyak ulasan bintang 5 lebih mengesankan daripada ulasan bintang 1
  3. Waktu ulasan – ulasan terbaru lebih baik daripada ulasan yang sudah berusia lebih dari enam bulan
  4. Tingkat aktivitas pemberi ulasan – lebih banyak aktivitas dalam riwayat pengulas lebih baik dan lebih dapat dipercaya oleh konsumen daripada pengulas yang hanya meninggalkan beberapa ulasan dan tidak aktif berkontribusi

Dengan memahami cara kerja Google Reviews dan memanfaatkannya dengan baik, kalian dapat meningkatkan reputasi bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan.

Tingkatkan Kepuasan dengan Mesin Finishing Terbaik

Sulit untuk menjalankan bisnis kecil dengan semakin jenuhnya pasar lokal dan kemajuan teknologi. Sebagai pemilik usaha kecil, kalian harus tetap fleksibel dengan pendekatan penjualan dan mengadaptasi tren baru dalam teknologi. Ingatlah selalu nilai-nilai bisnis dan visi kalian, meskipun dalam skala kecil, bisnis kalian harus terus beradaptasi agar tetap kompetitif.

Teruslah berkembang dan dapatkan pelanggan baru teknik pemasaran yang berkelanjutan. Yaitu dengan terus memperhatikan kepuasan pelanggan agar tak berpindah ke tangan pesaing. Diferensiasi menjadi kunci jika usaha kalian ingin terus diingat. Temukan keunggulan yang tidak dimiliki pesaing, seperti produk yang berkualitas, layanan yang ramah, harga yang terjangkau, atau kecepatan layanan.

Dukungan peralatan terbaik dapat membantu usaha percetakan memperoleh hasil yang berkualitas, efisiensi produksi, dan layanan yang cepat. Mesin Laminasi terbaik dapat menjamin hasil selalu bagus dan mengurangi kesalahan produksi sehingga lebih hemat biaya. Ada juga Mesin Potong Kertas yang dapat dengan cepat memotong ribuan lembar kertas dalam waktu singkat.

Dapat Mesin Finishing Percetakan Terbaik di Maxipro