Mau CV-mu ‘Bersinar’ di Antara Ribuan Lamaran? 5 Tips Ini Layak Kamu Terapkan!

curriculum-vitae-lamaran-kerja-di-sukai-hrd

Sedang mencari pekerjaan? Sebelum melamar suatu pekerjaan, tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat curriculum vitae (CV). Curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup singkat yang berisi hal-hal penting untuk ditujukan  pada perusahaan. Surat lamaran kerja menjadi salah satu pertimbangan yang menentukan kesuksesan kalian saat melamar pekerjaan. Maka dari itu, jangan sampai salah langkah! Apa yang dibutuhkan pada curriculum vitae ? Tentu kalian harus membuat dengan serius dan semenarik mungkin, agar berhasil mendapatkan pekerjaan yang kalian idamkan.

Nah, Maxipro akan memberikan Tips dan Trik hal-hal yang harus diterapkan, agar curriculum vitae (CV) mampu menarik perhatian HRD, dan membuat kalian berhasil diterima di perusahaan yang diinginkan.

Cantumkan Identitas Diri dengan Jelas

Salah satu yang wajib ada dalam curriculum vitae adalah identitas diri. Karena identitas diri menjadi pertimbangan penting apakah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Sebisa mungkin kalian harus menempatkan data diri kalian dengan singkat, jelas, dan tatanan yang runtut.

Data diri biasanya berisi informasi mengenai biodata diri, riwayat pendidikan, skill dan keahlian yang dimiliki, pengalaman magang dan bekerja, serta informasi pribadi yang mampu menunjang profil.

Tidak Bertele-tele

Informasi yang baik adalah informasi yang dapat dengan mudah diterima dan diterjemahkan oleh HRD. Surat lamaran kerja yang baik, memuat informasi yang ringkas, penting, dan tidak bertele-tele. Karena selain memuat data pribadi, curriculum vitae (CV) juga menunjukkan karakter kalian. Jika isi dalam curriculum vitae (CV) bertele-tele dan berisi informasi yang tidak penting, maka sedikit banyak itu akan menjadi bahan HRD menilai karakter kalian.

Tampilkan data diri dengan bentuk daftar point-point, serta tambahkan informasi visual agar terlihat lebih sederhana dan menarik untuk dibaca.

Gunakan Foto Terbaik

Sebelum menentukan mau menggunakan foto yang mana, kalian harus tahu instansi atau perusahaan yang kalian lamar. Ada beberapa perusahaan yang membebaskan pegawainya untuk berpakaian kasual, namun sebaliknya, sebagian besar justru mengharuskan pegawainya berpakaian formal. Untuk itu, kalian harus pandai-pandai memilih foto yang akan ditampilkan pada curriculum vitae (CV). Sebaiknya disertakan foto terbaru kalian. Agar tampak profesional, tampilkan foto dengan pakaian formal namun dengan gaya yang tidak kaku.

Baca juga: Jadikan Foto Kenangan, Sebagai Bisnis Kreasi Foto
Pilih CV yang Menarik

Eye catching adalah kunci. Tampilan desain curriculum vitae yang unik dan bagus berpeluang lebih besar menarik perhatian HRD untuk mempelajari surat lamaran kerja kalian. Desain curriculum vitae (CV) dengan bagus, menarik namun tetap terlihat simpel. Beberapa trik yang harus diperhatikan dalam tampilan surat lamaran kerja antara lain pemakaian font, pemakaian italic, bold, dan capslock. Serta penggunaan palet warna dan visualisasi yang ditampilkan.

Pilih tema desain curriculum vitae (CV) yang menurut kalian paling menarik. Gunakan warna yang tidak mencolok sehingga nyaman untuk dibaca. Misal warna pastel, metal, abu, dan warna-warna soft lainnya. Tampilkan aspek yang ingin kalian tonjolkan menggunakan bold, underline, atau juga bisa menampilkan tabel sederhana agar data kalian semakin mudah dibaca.

Tampilkan Hasil Cetak yang Mumpuni

Setelah dengan sedemikian rupa mendesain surat lamaran kerja seperti yang kalian inginkan, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan yakni media cetaknya. Media dan hasil cetak juga menentukan keseriusan kalia dalam melamar pekerjaan. Tentunya sangat disayangkan, jika kesalahan fatal ada pada media cetak yang kalian gunakan tidak sesuai, sehingga mengurangi nilai estetika dan pesan yang ingin disampaikan. Jangan sampai hanya gara-gara salah pilih kertas, curriculum vitae (CV) menjadi dinilai kurang serius. Atau jangan sampai  juga karena tinta cetak yang digunakan kurang berkualitas, jadi hasil cetaknya mudah luntur dan warnanya jadi kurang menarik.

Baca juga:

×