Mungkin di era digital yang terus berkembang seperti sekarang sudah tidak banyak orang yang berpikir pentingnya memiliki kartu nama bisnis. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa aplikasi bisnis yang saat ini dapat diakses dengan mudah jauh lebih efektif untuk memperluas jaringan maupun memperkenalkan informasi profesionalnya (jabatan atau profesi, kontak bisnis, serta namam usaha atau perusahaan tempat bekerja).

Tapi tahukah Anda jika kartu nama masih sangat penting dimiliki oleh para profesional maupun pelaku bisnis. Pasalnya fungsi kartu nama sendiri bukan hanya sebagai tanda pengenal yang memuat nama dan kontak seseorang maupun perusahaan saja. Tanda pengenal yang umumnya terbuat dari kertas berjenis art paper yang kemudian dibentuk sedemikian rupa dengan menggunakan mesin potong kartu nama ini juga memiliki fungsi dan manfaat lainnya.

Jadi agar Anda tidak ragu lagi untuk membuat kartu nama bisnis, berikut beberapa alasan mengapa seorang profesional perlu memiliki kartu nama.

Manfaat Memiliki Kartu Nama Bisnis

Kartu nama merupakan kartu yang dipotong dengan mesin potong kartu nama untuk menghasilkan kartu nama dengan ukuran yang simpel. Pada umumnya dalam kartu nama bisnis akan tertulis beberapa informasi penting dari si pemilik kartu, mulai dari nama, jabatan, kontak yang dapat dihubungi, serta nama perusahaan tempatnya bernaung. Seringkali kali kartu nama bisnis juga dapat menjadi representative sebuah perusahaan. Oleh karena itu walau ada banyak jenis layanan digital yang mulai digunakan untuk mendukung bisnis, namun kartu nama memiliki tempat istimewa tersendiri karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membuat kartu nama bisnis.

  • Cara Memperkenalkan Diri yang Efektif

Saat bertemu pertama kali dengan seseorang terkadang Anda tidak cukup memiliki waktu untuk memperkenalkan diri dengan panjang lebar. Namun dengan membuat kartu nama bisnis maka Anda bisa memberikan informasi mengenai jabatan atau profesi, serta perusahaan maupun bisnis Anda dengan cara yang efektif tanpa perlu banyak bicara. Cukup dengan memberikan kartu nama bisnis maka dapat membuat seseorang tahu tentang posisi Anda dalam suatu perusahaan, hingga alamat kontak yang bisa dihubungi.

Selain itu, kartu nama yang dibuat dengan sedemikian rupa juga bisa menjadi alat personal branding. Untuk menunjukkan keistimewaan pada profil Anda, maka Anda perlu membuat kartu nama bisnis yang sesuai dengan profesi atau bidang usaha yang Anda geluti. Dengan begitu orang yang menerima kartu nama tersebut bisa dengan mudah mengingat Anda.

  • Sebagai Media Promosi Bisnis atau Perusahaan

Selain sebagai tanda pengenal pribadi serta personal branding bagi diri sendiri, kartu nama bisnis juga bermanfaat sebagai media untuk merepresentasikan perusahaan atau bisnis. Hal ini tentu saja juga membuat kartu nama bisa menjadi media promosi bagi usaha Anda. Pasalnya dalam kartu nama bisnis yang dibuat secara profesional bukan hanya akan memuai nama, jabatan dan kontak pribadi saja, tapi juga terdapat nama perusahaan, logo serta profil singkat dari bisnis atau perusahaan tempat bekerja.

Dengan begitu orang akan mengetahui bidang pekerjaan atau bisnis Anda. Jadi apabila nantinya mereka membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan maupun usaha yang Anda geluti, mereka pun bisa menghubungi Anda untuk bekerjasama.

  • Menunjukkan Profesionalitas

Tidak dapat dipungkiri jika di mata masyarakat umum, seseorang yang memiliki kartu nama bisnis akan terlihat lebih profesional dan memiliki posisi yang penting. Tentu dengan penilaian tersebut akan membuat orang lain menjadi lebih percaya kepada profesionalitas kerja Anda sehingga mereka pun tidak akan ragu jika ingin bekerjasama dengan Anda.

Jadi tidak heran bila banyak orang yang sangat teliti dalam memilih serta membuat desain kartu nama. Pasalnya desain kartu nama yang elegan serta rapi akan memberikan nilai lebih terhadap penilaian profesionalitas yang dimiliki oleh seseorang.

Melihat Peluang Dari Pembuatan Kartu Nama untuk Usaha

Bila dilihat dari target pasar, usaha pembuatan kartu nama bisnis cukup menjanjikan untuk digeluti. Sebab cakupan pangsa pasar dari bisnis ini sangatlah luas, mulai dari perorangan, pemilik bisnis mikro maupun makro, hingga tingkat perusahaan. Jadi dengan promosi marketing yang baik maka Anda pun bisa mendapat banyak konsumen dari berbagai segmentasi pasar.

Namun perlu diingat, agar bisa mendapat kepercayaan dari konsumen terhadap jasa cetak kartu nama milik Anda, maka pastikan untuk menghasilkan kartu nama bisnis yang berkualitas. Baik itu dari isi profil dalam kartu nama maupun segi tampilan. Dari segi visual selain memilih desain yang sesuai dengan profil profesi atau usaha klien, pastikan juga hasil potongan dari kartu nama dapat rapi sempurna. Cara mudah untuk membuat kartu nama bisnis dengan hasil yang memuaskan adalah dengan mengenakan mesin potong kartu nama.

Selain peluang yang besar, usaha kartu nama bisnis juga bisa memberikan keuntungan optimal. Pasalnya itu modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kartu nama bisnis pun cukup terjangkau serta proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Hal tersebut membuat usaha ini pun bisa dijalankan oleh para pemula yang tertarik untuk menggeluti bisnis di industri digital printing. Bahkan bagi Anda yang ingin membuat usaha rumahan pun, jenis usaha ini juga bisa memberikan peluang yang bagus.

Alat yang Dibutuhkan untuk Usaha Kartu Nama Bisnis

Untuk memulai usaha kartu nama bisnis, Anda cukup mengeluarkan modal kecil karena selain perlu membeli kertas sebagai media cetak, alat yang diperlukan untuk membuat kartu nama juga cukup sederhana, antara lain:

  • Laptop

Laptop atau personal computer (PC) diperlukan untuk membuat desain kartu nama bisnis. Mulai dari tahapan memilih image, memilih font tulisan, hingga membuat layout yang sesuai. Jika proses desain sudah selesai, maka Anda pun bisa melanjutkan ke tahapan pencetakan.

  • Printer

Tentu saja dalam membuat kartu nama Anda perlu memiliki printer untuk mencetak kartu nama. Bagi para pemula, menggunakan printer biasa saja sudah cukup untuk membuat kartu nama yang sederhana. Namun jika Anda ingin hasil cetak yang lebih baik maka Anda bisa menggunakan printer tinta art paper.

  • Mesin Potong Kartu Nama

Mesin potong kartu nama merupakan alat wajib yang dimiliki jika Anda menginginkan hasil kartu nama yang sempurna. Mesin potong kartu nama akan berguna untuk mendapatkan ukuran kartu yang diinginkan. Hasil cutting dengan menggunakan mesin potong kartu nama pun akan jauh lebih rapi dan juga presisi daripada memakai alat manual.

Bukan itu saja, mesin potong kartu nama juga bisa menghemat waktu dalam proses pemotongan kartu. Pasalnya mesin potong kartu nama otomatis seperti Mesin potong Kartu Nama A4 ZMH mampu memotong 30 lembar kartu hanya dalam waktu 1 menit saja. Untuk menemukan mesin potong kartu nama yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, Anda bisa membelinya di Maxipro