Ciri-ciri Kertas Manila, Ukuran, Kegunaan, dan Pengertian - Maxipro.co.id

Ciri-ciri Kertas Manila, Ukuran, Kegunaan, dan Pengertian - Maxipro.co.id

Kertas manila adalah kertas yang cukup ringan dan kuat dari serat atau rami manila dan biasanya memiliki tekstur yang agak kasar dan halus pada sisi lainnya. Menjadi salah satu jenis kertas yang ditemukan karena harganya yang murah. Selain dinamakan manila, kertas ini juga dikenal dengan nama lain seperti kertas BC dan BW (Blues White).

Karena memiliki harga yang murah, kerta ini mudah untuk didapatkan. Sejarah kertas ini awalnya terbuat dari tali rami Manila (abacá) dari tumbuhan bernama musa textilis yang tumbuh di Filipina. Abacá merupakan suatu jenis serat yang kuat sehingga sering digunakan untuk pembuatan kertas khusus seperti kantong teh. 

Tali tersebut digunakan untuk menggantikan rami asli yang banyak digunakan di kapal. Dan karena tumbuhan tersebut tumbuh di Filipina, maka dinamai hasil seratnya dinamakan Manila seperti nama ibukota Filipina. 

Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat prakarya, map berkas hingga pola pakaian tertentu. Berbagai kegunaan tersebut membuat kertas manila cukup dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

Ukuran Kertas Manila

Ukuran kertas manila pada umumnya adalah adalah 61 × 68 cm dalam sentimeter, 609.6 × 678.1 mm dalam milimeter dan 24 × 26.7 in dalam inchi. Sedangkan gramasi manila yang sering dijumpai di pasaran dan digunakan oleh masyarakat ialah 160 gr, 220 gr, dan 250 gr.

Dengan ukuran yang standar tersebut, membuatnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika membutuhkan bagian kecil saja, kalian dapat memotongnya sesuai dengan keinginan.

Ciri-ciri Kertas Manila

Kertas manila memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut:

a. Cukup Tebal Dan Gramasinya Beragam

Kertas ini cenderung cukup tebal dibandingkan kertas lainnya seperti HVS, sehingga dapat digunakan untuk menggambar dengan tinta yang tebal. Selain itu dengan ukuran yang lebar membuatnya dapat digunakan untuk menggambar objek yang besar dan membutuhkan ruangan yang luas, seperti mind map dan kaligrafi.

b. Tekstur Yang Cenderung Halus

Kertas manila mempunyai tekstur yang cenderung halus serta lembut. Oleh karenanya, jenis kertas ini cocok untuk menjadi media gambar menggunakan pensil. Namun, untuk pensil warna mungkin akan kurang bisa menyerap pigmen warna dikarenakan permukaannya licin.

Karena tak memiliki lapisan lainnya, kertas ini cukup tembus pandang meskipun tak terlalu transparan. Meskipun begitu, jika mencetak di kertas ini hasilnya akan bagus karena warna yang dihasilkan dapat memblokir area permukaan kertas. 

c. Mempunyai Banyak Pilihan Warna

Kegunaan Kertas Manila

Karena memiliki berbagai kegunaan, maka tak heran jika kertas manila mempunyai banyak pilihan warna. Ada warna putih, merah, hijau, ungu, pink bahkan jenis lainnya seperti metalik dan gradasi. Namun, yang akan paling kalian sering temukan adalah warna-warna pastel seperti pink, biru mudah dan kuning muda.

Kegunaan Kertas Manila

Kertas manila memiliki banyak kegunaan, antara lain:

1. Media Menulis Dan Menggambar

Memiliki harga yang murah dan ukuran yang cukup lebar membuat kertas manila sangat cocok bila dipakai untuk media menulis dan menggambar. Meskipun tidak sekuat kertas lainnya seperti asturo, namun harganya yang lebih murah membuat kertas ini cukup terjangkau. Selain itu tingkat ketebalannya juga dapat digunakan untuk media bagi tinta yang tebal.

Pilihan warna yang beragam membuat kertas ini dapat menjadi bahan pembuatan kartu nama, map, sertifikat dan kerajinan tangan. Kalian dapat menuliskan teks atau membuat gambar lalu mengguntingnya sesuai keinginan di atas media kertas manila.

2. Bahan Prakarya (Art Papercraft)

Dengan pilihan warna yang beragam, membuatnya cocok sekali digunakan untuk bahan prakarya (art papercraft) dalam bentuk apapun. Maka tak heran, biasanya anak sekolah banyak mencari jenis kertas ini di pasaran untuk pembuatan karya seni.

Tak hanya ada banyak pilihan warna, berikut adalah alasan mengapa kertas manila sering digunakan sebagai bahan prakarya, yakni:

  • Permukaannya Tetap Rata Saat Diberi Lem

Saat membuat prakarya dengan bahan kertas HVS dan memberinya lem, tak jarang permukaannya akan bergelombang. Namun, dengan tekstur yang kuat, kecil kemungkinan kertas akan bergelombang.

  • Harga Murah

Karena terbuat dari serat rami, harga untuk kertas ini pun tergolong murah. Segulung kertas manila sudah bisa didapatkan dengan harga dibawah Rp 5.000,- saja. Sehingga kalian dapat membelinya dalam jumlah banyak sebagai stok untuk berbagai keperluan.

  • Gramatur Ideal Untuk Dibentuk Sesuai Keinginan

Sebagai karya seni, papercraft dikatakan memiliki gramatur kertas yang ideal sekitar 160 gr. Kertas manila yang juga memiliki gramatur 160 gr dinilai ideal untuk ini, karena tebal namun tak terlalu kaku. Sehingga mudah untuk dibentuk sesuai keinginan, seperti telinga kucing atau bunga.

  • Mudah Ditemukan Di Lingkungan Sekitar

Memiliki berbagai kegunaan dan harga yang murah, membuatnya menjadi kertas yang akan sering kalian temukan di sekitar. Kalian bisa mendapatkannya di toko alat tulis (stationery), usaha fotokopi, percetakan dan toko kelontong biasa. Dengan begitu, kalian tak perlu bersusah payah mencarinya di tempat yang jauh.

3. Membuat Contoh Bangun Datar Dan Bangun Ruang

Hampir seperti prakarya, namun kegunaan dalam membuat contoh bangun datar dan bangun ruang lebih merujuk pada pembuatan bangun untuk kepentingan tugas sekolah. Bahannya yang kaku namun mudah dibentuk, membuatnya sangat cocok bagi keperluan pembuatan bangun ruang. 

Dengan warna beragam, tentu akan membuat anak sekolah tak mudah bosan saat melihatnya. Serta kalian bisa menuliskan keterangan-keterangan penting seperti berapa luas sisi nyata bangun tersebut bahkan rumus untuk mencari keliling dan luas bangun.

4. Cover Atau Sampul Buku

Tak jarang, kalian akan menemui cover atau sampul buku yang terbuat dari kertas manila. Meskipun lebih tebal dari kertas yang biasanya dijadikan sebagai sampul buku lainnya, namun tentu akan membuat sampul tak mudah robek dan tahan lama. Yang perlu diperhatikan adalah untuk menatanya dengan rapi, karena sekali dibentuk, maka biasanya akan meninggalkan bekas pada kertas manila itu sendiri.

Memotong Kertas Manila Dengan Mesin Potong Kertas MP680H ST

Saat menjadikan kertas manila sebagai media menulis dan menggambar atau membuat prakarya, tak jarang kalian membutuhkan mesin pemotong kertas untuk memotong kertas sesuai keinginan dengan rapi. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, memang ada baiknya Maxivers menggunakan bantuan mesin yang profesional.

Mesin Potong Kertas MP680H ST  adalah salah satu mesin pemotong kertas terbaik yang dapat Maxipro rekomendasikan. Dengan fisik yang besar, mesin ini tentunya memiliki kemampuan yang luar biasa pula. Bagaimana tidak, mesin ini mampu memotong kertas dengan ketebalan yang cukup lumayan yaitu sekitar 1 rim atau 500 lembar.

Pemotongan itu bisa dilakukan sekali saja. Hanya dengan satu mesin dan sekali potong, kalian bisa memotong lembar sebanyak itu. Luar biasa, bukan? Pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama atau berhari-hari, tentunya mereka pun akan merasa puas.

Mesin Potong Kertas Telson MP680H ST

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Jangan Sampai Salah Pilih Warna Untuk Brosur Usahamu! - Maxipro.co.id