Dalam berbisnis pasti ada beberapa aktivitas penting yang harus dilakukan. Apapun jenis bisnis yang dilakukan atau apapun produk yang dijual, harus melakukan salah satu aktivitas ini.
Apa itu?Â
Tentu yang dimaksud di sini adalah promosi. Dengan melakukan promosi maka ada beberapa manfaat promosi yang bisa memberikan dampak positif kepada bisnis anda.Â
Kenapa kita harus melakukan promosi? Apa sih manfaat promosi bagi perusahaan?
Mengadakan promosi pada perusahaan sangat penting, karena dapat mempengaruhi dari segi penjualan suatu produk atau jasa dan tentunya akan berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas perusahaan tersebut. Maka dari itu tidak sedikit biaya promosi sangat mahal karena memiliki pengaruh yang sangat besar bagi penjualan perusahaan. Strategi promosi perusahaan tentu digunakan untuk menambah permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi dengan calon konsumen.
Manfaat Promosi adalah upaya untuk menawarkan atau memberitahukan produk atau jasa tertentu. Manfaat Promosi ini tidak hanya dilakukan pada perusahaan saja, perusahaan start up sampai dengan usaha UKM dan UMKM perlu melakukan promosi dalam menjalankan usahanya. Dengan manfaat promosi, kalian akan lebih banyak memiliki link kerja serta tantangan baru yang lebih besar. Promosi dilakukan untuk menarik minat calon konsumen agar membeli atau mengenal produk anda. Harapan dari adanya manfaat promosi ini yaitu untuk meningkatkan penjualan.
Promosi perusahaan memang penting dilakukan baik yang sudah memiliki bisnis besar maupun kecil. Maxipro merangkum beberapa alasan dan manfaat promosi, mengapa promosi diperlukan;
1. Mengenalkan produk
Adanya manfaat promosi perusahaan adalah agar produk dikenal oleh konsumen, atau istilahnya brand awareness. Jika produk sudah dikenali konsumen maka penjualan akan meningkat dan keuntungan semakin bertambah. Manfaat promosi ini diutamakan untuk kalian yang memiliki produk baru.
Baca juga:Â Hari Yang Tepat Untuk Strategi Promosi Iklan Penjualan
2. Menciptakan loyalitas konsumen
Selain menciptakan brand awareness, dengan adanya manfaat promosi juga dilakukan agar menciptakan loyalitas konsumen. Loyalitas ini perlu diciptakan dan dipertahankan agar konsumen tidak beralih pada yang lain. Contoh menciptakan loyalitas pada konsumen, misal memberikan promosi dengan program menarik dan berhadiah, memberikan harga khusus untuk konsumen yang membeli banyak atau memberikan pada momen tertentu.
3. Membangun Merek
Membangun merek juga perlu dilakukan oleh pemilik usaha. Setelah brand awareness tercipta, langkah selanjutnya adalah membangun kesan positif terhadap merek tersebut. Cara membangun kesan yang positif adalah dengan memiliki produk yang berkualitas dan layanan yang baik.
4. Untuk sarana edukasi pelanggan
Selain 3 poin di atas tadi, manfaat promosi lainnya adalah untuk mengedukasi pelanggan. Dalam hal ini kalian dapat menjelaskan keunggulan produk, kegunaan serta bahan baku yang digunakan dan hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Dengan adanya promosi diharapkan dapat menginformasi dan memberi pengetahuan baru yang akan didapatkan oleh calon konsumen.
Baca juga:Â Digital Printing: 6 Media Jitu Untuk Promosi
Macam-macam strategi promosi yang terbukti efektif
Untuk mendapatkan beberapa manfaat promosi yang disebutkan di atas memang tidak mudah, ada beberapa strategi atau kegiatan promosi yang perlu anda lakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;
1. Iklan di Website dan Sosial Media
Website dan sosial media saat ini adalah cara promosi yang paling efektif secara massal kepada publik. Akan tetapi hal yang sulit dilakukan ketika melakukan promosi adalah mempersiapkan konten yang menarik agar pelanggan tertarik. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan sebuah tema yang kreatif dan kekinian, persiapkan sebuah desain termasuk foto yang bagus dan promo yang akan ditawarkan.
2. Media Cetak Brosur
Sering sekali kita bahas bahwa brosur masih menjadi alat promosi cetak yang ampuh untuk digunakan. Jika brosur dibagikan pada tempat yang tepat seperti booth pameran, brosur akan membuat target tersadar akan eksistensi perusahaan maupun produk yang ditawarkan. Pembagian brosur juga termasuk salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan dalam kegiatan promosi. Dengan banyaknya ketersediaan perusahaan percetakan digital printing anda dapat dengan mudah mencetak brosur dalam jumlah sedikit secara berkala atau pun mencetak dalam jumlah banyak sekaligus.
3. Spanduk
Sama halnya brosur, spanduk jika ditempatkan pada lokasi yang strategis dapat membantu produk atau jasa kalian lebih mudah dikenal oleh banyak orang secara luas. Jenis Bahan spanduk yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan karena tersedia banyak jenis bahan yang berbeda-beda. Spanduk dipasang di tempat strategis agar banyak dilihat oleh pengguna jalan yang sehingga produk atau merek kita yang akan menjadi pertama terlintas jika mereka membutuhkannya.
Demikian macam-macam promosi dan manfaatnya bagi perusahaan, untuk menunjang hasil cetak promosi kalian, Maxipro menyediakan mesin finishing yang membuat promosi lebih menarik.
Temukan solusi mesin finishing terbaik hanya di Maxipro