Cara Membuat Neon Flex RGB dengan Mesin Laser Telson 1390

Cara Membuat Neon Flex RGB dengan Mesin Laser Telson 1390

Banyak banget nih ide produk menarik yang bisa kalian ciptakan memanfaatkan Mesin Laser Cutting Telson 1390Salah satunya yaitu dengan membuat Lampu Neon Flex Custom. Apalagi peluang bisnis yang besar menjadi alasan jasa pembuatan lampu neon akrilik bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Lampu neon flex ini seringkali dipakai untuk menonjolkan logo suatu brand, semisal pada bisnis pakaian, rumah makan, dan lainnya. Untuk itu neon flex menjadi pilihan yang tepat bagi para pebisnis untuk mempercantik tampilan tempat usaha dan juga menghasilkan desain tata cahaya ruangan yang maksimal. 

Nah kalian kan udah tau nih sedikit tentang neon flex. Sekarang mari kita coba membuat neon flex custom akrilik menggunakan Mesin Laser Cutting Telson 1390. Dengan fitur double head laser proses produksi lampu neon flex dalam jumlah besar bukan lagi jadi masalah.

Kalian juga bisa menonton cara nya di video berikut ini !!!

Cara Membuat Neon Flex dengan Mesin Laser Cutting Telson

Untuk pembuatan neon flex akrilik custom seperti ini yaitu kita pertama perlu memotong terlebih dahulu akriliknya. Di sini kita menggunakan Mesin Laser Cutting Telson 1390. Akrilik yang sudah terpotong ini akan berfungsi sebagai mal atau papan dudukan untuk menempelkan neon flex-nya.

Proses Pemotongan

Berikut panduan proses cutting akrilik menggunakan mesin laser cutting Telson:

  1. Kalian bisa membuat terlebih dahulu deasain papan dudukan dan tulisannya. Kalian bisa membuatnya menggunakan software desain seperti corel draw, photoshop atau bahkan adobe illustrator.
  2. Setelah melakukan proses desain kalian bisa save file desain papan dudukan tadi ke dalam format DXF.
  3. Selanjutnya kita bisa buka software bawaan mesin nih yaitu RD Work yang mana software ini akan membantu kalian dalam proses pengoperasian mesinnya.
  4. Nah software RD worknya udah kebuka nih, sekarang import file desainnya.
  5. Kalian bisa edit atau setting file desain tadi untuk mengetahui area mana yang akan di-cutting atau mungkin juga bila ada area yang ingin digrafir. Atur juga power dan kecepatan laser cuttingnya.
  6. Selanjutnya copy to flashdisk, caranya klik save to U file > maka nanti akan muncul tampilan berikut ini > lalu kalian bisa beri nama file kalian sesuai keinginan aja > kemudian klik save > kemudian klik ok.
  7. Jika file sudah tercopy baru deh kita nyalakan mesinnya dengan memutar tombol emergency ke arah kanan, lalu nyalakan water chiller, tekan tombol power mesin, dan tombol power lasernya.
  8. Setelah itu masukkan flashdisk pada port U Disk. Pada Mesin Laser Cutting Telson 1390 ini memiliki 3 port data transfer yaitu kabel USB, kabel LAN, dan U Disk seperti ini.
  9. Selanjutnya kita bisa cek pada bagian file > lalu cari U disk > tekan enter > kita tekan enter lagi > nah cari dan pilih file desain yang tadi telah dibuat > jika sudah ketemu file mana yang akan di-cutting baru deh kita tekan enter > lalu pilih copy to memory > tekan enter > setelah itu kembali ke menu awal dengan menekan esc.
  10. Jika desainnya sudah tersimpan di memory mesin, kita bisa nih menaruh media yang akan kita cutting pada meja kerja mesin.
  11. Jika sudah tekan origin dan frame untuk menempatkan laser pada area kerja yang diinginkan.
  12. Setelah area framing sudah selesai baru kita bisa tekan tombol start dan mulai untuk proses cuttingnya.

Nah untuk hasil cuttingnya seperti ini maxivers, bagus, rapi dan presisi ya. Nah sekarang kita bisa nih untuk mulai merakit atau menempelkan lampu neon flexnya tadi pada media akrilik yang sudah kita potong ya.

Proses Perakitan

Membuat neon flex custom dengan akrilik

Tapi sebelum proses penempelan nih kita pasang terlebih dahulu kabel pada lampu neon flexnya agar nanti bisa menyala, untuk proses ini lakukan dengan benar ya. 

Untuk proses penyambungan kabel pada akrilik kalian bisa siapkan alat dan bahan sebagai berikut :

  1. Ukur terlebih dahulu panjang lampu neon flex yang akan digunakan. 
  2. Jika sudah terukur kita bisa potong lampu neon flexnya sesuai ukurannya dan potong lampu neon flex ini tepat di titik hitam jangan di tengah-tengah. 
  3. Jika sudah terpotong kita bisa sambungkan menggunakan solder lampu dengan kabel agar nantinya bisa menyala. Oh ya di sini digunakan 2 kabel dengan warna yang berbeda, agar nantinya mudah mengetahui kutub positif dan negatifnya.
  4. Jika sudah selesai menyolder, baru deh kita bisa tes apakah lampunya bisa menyala atau tidak. Nah pastikan lampunya di sini menyala ya maxivers. 
  5. Selanjutnya kita bisa berikan lem tembak agar kedua kabel ini tidak mudah terlepas.
  6. Kemudian kita bisa menempelkan lampu neon flexnya tadi pada mal akrilik yang sudah kita desain pola hurufnya tadi.
  7. Untuk proses penempelannya kita bisa gunakan lem G atau lem alteco ya.
  8. Tempelkan dengan hati-hati sesuai dengan pola yang sudah kita buat tadi.

Dan berikut hasil akhirnya, coba matikan lampunya ya biar terlihat. Coba Lihat sangat bagus kan Maxivers. So, pastinya bisa banget kalian contoh untuk memulai usaha jasa pembuatan lampu neon flex custom akrilik yang sangat menjanjikan ini.

Hasil Membuat Neon Flex Custom ala Maxipro

Ditambah kalau untuk proses cuttingnya menggunakan Mesin Laser Cutting Telson 1390, dijamin deh hasilnya cepat, rapi dan presisi. Gak cuman untuk membuat lampu neon flex aja, tapi kalian bisa membuat aneka macam produk lainnya. Seperti gantungan kunci, jam dinding custom, kotak hantaran dari akrilik, papan nama, papan nomer rumah dan masih banyak lagi tentunya.

Gunakan Mesin Laser Cutting Telson untuk Hasil yang Berkualitas