4 Cara Memperbaiki Buku Jilid Hardcover

buku-rusak-memperbaiki-jilid-hardcover

Terkadang dalam melayani pelanggan, petugas percetakan akan menemukan permintaan yang cukup membingungkan dalam hal mengaplikasikan permintaan customer. Menjilid memang mudah bagi profesi petugas percetakan, namun memperbaiki jilidan dan membuat tampilannya terlihat seperti semula sangatlah susah, terlebih lagi jika hardcover. Jika terjadi kekurangan pada lampiran yang harus dilampirkan, sedangkan customer berharap dapat menambah lampiran tanpa harus membongkar jilidan, ini tentu pekerjaan yang cukup rumit.

Gambar: Mesin Hardcover

Jilid Hardcover atau Soft cover dibuat selalu terkait dengan tebalnya jilidan. Semakin tebal maka semakin sulit pengerjaannya. Jika kertas dengan gramasi 70 gram untuk 1 rim bisa mencapai ketebalan 5 centimeter apalagi kertas dengan gramasih 80 gram. Karena jenis jilidan cover hardcover atau soft cover dibuat khusus mengikuti sesuai dengan ketebalan yang akan dijilid.

Maka dari itu alangkah baiknya sebelum melakukan penjilidan hardcover atau soft cover, periksalah kembali isi yang akan dijilid. Lebih baik sedikit terlambat dan hasil yang diterima lebih baik daripada terburu-buru dalam menjilid namun harus membongkar, merevisi dan menjilid kembali dengan biaya yang tidak sedikit.

Kali ini Maxipro akan memberikan Tips dan Trik untuk kalian yang ingin memperbaiki jilidan buku yang rusak, Tips ini kami dapatkan dari berbagai sumber blog dan kami rangkum agar lebih mudah dipraktikkan.

Memperbaiki Buku Hardcover

Pada buku hardcover yang menggunakan sistem jilid jahit benang, jika lemnya lepas akan mengakibatkan cover goyang dan buku tidak rata. Langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Lepas cover dari buku

Cara melepas cover buku hardcover tidak sembarangan, pada kertas buku hardcover lipat dua halaman pertama dan terakhir buku. Pegang ujung kertas pada cover dan kertas isi buku dalam keadaan kuat pada posisi buku yang setengah terbuka. Lalu buka buku selebar-lebarnya dengan perlahan-lahan tetap menahan kedua ujung kertas dengan kencang sampai lem cover buku dan isi buku terlepas. Bersihkan sisa lem dan kotoran lainnya yang masih menempel dipunggung buku.

2. Merapikan Ulang

Rapihkan kembali isi buku, hardcover yang menggunkan jilid jahit benang, jahitan yang longgar akan mengakibatkan halaman goyang. Lakukanlah pengencangan, tarik jahitan kebelakang kaitkan benang dibagian atas dan bawah posisi yang longgar agar kencang. Jika kesulitan atau tidak bisa, cukup tarik tali kebelakang agar halaman pada tumpukan kertas menjadi rapat dan mengunci pada saat pengeleman. Gunakan benang tetoron 0.02mm, jika tidak ada gunakan benang jahit biasa dan buat 2 lapisan supaya tebal dan kuat.

3. Pengeleman Cover

Gambar: Kapitalban

Lem yang direkomendasikan disini adalah lem kayu. Pengeleman harus masuk ke sela-sela lipatan punggung cover. Caranya adalah ambil lem secukupnya, angin-anginkan lem (3-5 menit) hingga setengah mengering atau mengeras, ambil sedikit demi sedikit menggunakan jari atau alat, lem kan ke sisi buku untuk merapatkan. Letakkan di tempat yang rata sambil memperhatikan kerataan sisi buku, letakkan beban diatas buku agar buku bisa di pres dan rapat yang diperbaiki covernya, ratakan juga lem yang keliar akibat tekanan pres lalu biarkan hingga benar-benar kering.

4. Pemasangan Cover Buku

Setelah lem kering pasangkan kapitalban pada sisi atas dan bawah punggung buku sambil dilebihkan diujung punggung buku. Jika tidak memiliki kapitalban, bisa diganti dengan pita biasa dilipat menjadi dua lalu di lem. Beri lem sisi buku selebar ±55mm dan ratakan dengan sisi lipatan pembatas cover, tempelkan hingga rapat, setelah kering pasangkan sisi lainnya.

Biasanya buku hardcover punggung buku tidak akan menempel langsung pada buku. Kapitalban berfungsi untuk memperkecil celah punggung buku dengan cover, namun ada juga hardcover yang langsung menempel dengan punggung buku dan ada juga yang hanya kapitalban yang menempel pada cover buku sehingga punggung buku tetap berongga. Jika ingin hasil yang maksimal punggung buku bisa dilapisi kertas terlebih dahulu sebagai pengunci.

Demikian tips dan trik memperbaiki jilid hardcover. Untuk mendapatkan hasil jilid cover yang maksimal Maxipro merekomendasikan mesin hardcover terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat.

×