Apa itu jilid spiral? Teknik Jilid Spiral sesuai dengan namanya menggunakan kawat spiral, Anda mungkin sering menemuinya di buku Agenda, Buku Annual Report atau buku-buku Note.

Jika ingin memakai Jilid Spiral ini, dan Anda memutuskan untuk layout dan desain buku Anda sendiri, perlu diperhatikan sisi Inside buku Anda untuk diberi margin (jarak) lebih lebar dari sisi atas dan bawah. Hal ini untuk menghindari bagian dalam buku Anda agar tidak terambil buat posisi lubang spiral. 

Selain itu ada beberapa macam pilihan warna agar bisa disesuaikan dengan hasil cetakan. Sebagai contoh pekerjaannya adalah proposal, portofolio, agenda, kalender. Melakukan penjilidan spiral juga biasa digunakan untuk membuat sketch book. Jika Anda ingin mengetahui jilid spiral seperti apa, cobalah melihat sketchbook atau notes dan agenda yang dijilid spiral. 

Nah, di artikel ini, Maxipro.co.id akan memberikan penjelasan lengkap mengenai tipe penjilidan tersebut.

Jilid spiral ini tersedia dalam berbagai jenis ukuran, dari yang kecil sampai besar, tergantung ketebalan kertas yang akan dijilid.

Ukuran spiral sendiri dari paling kecil 1/4″ = 6,4 mm (paper thickness = 4,8 mm).Dan ukuran spiral paling besar 1 1/4 = 31,8 mm (paper thickness = 28,6 mm).

Selain itu ada beberapa macam pilihan warna agar bisa disesuaikan dengan hasil cetakan. Sebagai contoh pekerjaannya adalah proposal, portofolio, agenda, kalender. Melakukan penjilidan spiral juga biasa digunakan untuk membuat sketch book. Jika Anda ingin mengetahui jilid spiral seperti apa, cobalah melihat sketch book atau notes dan agenda yang dijilid spiral.

Jilid spiral terbagi menjadi 2 yaitu : jilid spiral kawat dan juga jilid spiral plastik.

                               

                 Jilid Spiral Kawat                                                                                    Jilid Spiral Plastik

Perbedaannya adalah pada bahan spiralnya, Jilid spiral kawat menggunakan bahan yang dasarnya dari kawat untuk proses penjilidannya, sementara plastik menggunakan bahan dasar yang  terbuat dari plastik untuk proses jilidnya. biasanya jilid jenis satu ini digunakan untuk buku yang ketebalannya medium.

Baca Juga : 4 Cara Memperbaiki Buku Jilid Hardcover

  • Pengertian

Secara umum, bisa diartikan bahwa definisi jilid spiral adalah penjilidan yang dilakukan dengan kawat yang didesain khusus dengan bentuk menyerupai spiral. Jilid spiral dilakukan dengan cara melubangi tepi halaman di satu sisi lalu menyatukannya dengan kawat atau plastik berbentuk roll. Teknik ini biasanya dipakai untuk buku dengan bahan kertas yang cukup tebal namun tidak memiliki terlalu banyak halaman. Saat menggunakannya, Anda perlu memikirkan bagian kosong di tepi margin dokumen agar bisa dipakai untuk menjilid tanpa merusak isinya.

  • Fungsi Jilid Spiral                            

Berikut ini guna sekaligus kebutuhan yang bisa diatasi dengan tipe penjilidan ini.

  1. Pembuatan catatan harian atau jurnal
  2. Pembuatan notebook 
  3. Pembuatan kalender
  4. Pembuatan undangan
  • Kelebihan dan Kekurangan Jilid Spiral

Meski lebih mahal namun dengan kelebihan yang dimilikinya membuat jilid kawat spiral adalah pilihan yang terbaik. Adapun kelebihan tersebut adalah:

  • Kelebihan: 
  1. Secara estetika sangat menarik. Tampilan menjadi lebih profesional
  2. Tidak begitu sulit dilakukan. Tidak memakan banyak tempat saat membuka
  3. Cocok untuk buku-buku dengan jumlah halaman sedikit yang akan dipakai untuk souvenir ataupun catatan pribadi
  4. Kertas buku lebih mudah disobek 
  5. Bisa terbuka dengan sempurna tanpa takut bagian dalam buku sobek atau terlepas.
  • Kekurangan :
  1. Tidak memungkinkan dilakukan pada buku dengan jumlah halaman yang banyak. Buku akan menjadi tidak stabil dan cepat rusak bila dipaksakan dijilid dengan sistem ini.
  2. Membutuhkan mesin jilid spiral tersendiri dalam aplikasinya
  3. Membutuhkan spiral yang jelas harus dibeli dengan biaya tersendiri
  4. Biasanya tidak diterima untuk kebutuhan penjilidan yang sifatnya formal. Misalnya untuk penjilidan proposal, skripsi, tesis, dan sejenisnya
  5. Bagian kertas yang mudah rusak di area lubang, khususnya bila kertas tersebut tak begitu kuat.
  • Sekilas Tips Aplikasi Jilid Spiral

Jilid spiral tak begitu sulit dilakukan asalkan Anda memiliki perlengkapan yang memadai dan bisa menggunakan perlengkapan tersebut. Umumnya, cara aplikasi tipe penjilidan ini memang tidak sulit, tapi tetap harus dilakukan dengan cermat supaya hasilnya rapi dan bagus.

  • Permasalahan yang Sering Terjadi

Beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada aplikasi jilid spiral antara lain:

  1. Lubang yang tidak pas atau sesuai dengan spiral yang akan digunakan
  2. Lubang pada kertas yang tidak sempurna karena kerusakan mesin jilid.
  3. Kesulitan diterapkan pada buku dengan jumlah kertas yang banyak.
  • Kesimpulan

Proses menjilid ini memang perlu dilakukan untuk berbagai kebutuhan, dan pada kondisi tertentu jilid kawat spiral adalah pilihan yang tepat. Semakin banyak jumlah bundel yang dijilid maka biasanya percetakan akan memberikan potongan harga per bundelnya. Jadi tidak perlu cemas akan membayar terlalu mahal, apalagi Anda bisa mencari jasa percetakan yang murah. 

Kalau mau membangun usaha percetakan dan menyediakan jasa jilid spiral maka sediakan mesinnya dulu, bisa dibeli di sini 

Demikian artikel mengenai jilid spiral ini. Semoga bermanfaat ya.