Penjelasan Lem PUR

PUR sample 10

Apakah kalian tertarik dengan dunia percetakan? Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang penjilidan sempurna (perfect binding). Perfect binding atau yang disebut glue binding ini masuk ke dalam teknik penjilidan. Penjilidan itu ada beberapa macam yaitu: Jilid jahit kawat, Jilid jahit benang, dan jilid hardcover klik disini. Nah untuk perfect binding atau glue binding sendiri itu biasanya ada batas minimum, karena apabila halaman bukunya terlalu tipis maka dia tidak akan bisa dilem samping dengan sempurna. Pada umumnya finishing perfect binding saat jilid buku jumlah halamannya harus agak banyak minimal 100 halaman. Nah gimana apakah kalian ingin tau lebih jauh penjelasan tentang perfect  binding?

Gambar: Contoh hasil penjilidan

Apa itu Perfect Binding?

Binding atau jilid lem adalah pengikat sempurna menggunakan lem untuk mengikat halaman buku. Teknik ini digunakan untuk mengikat buku-buku bersampul tipis. Kalian sering menemukan brosur, majalah, direktori telepon dan sejenisnya dengan penjilidan metode prefect binding. Secara teknis penjilidan ini bisa dilakukan menggunakan lem biasa untuk menempelkan, akan tetapi untuk sebuah bisnis yang dituntut hasil  profesional, kalian bisa menggunakan mesin glue binding yang Maxipro sediakan.

Gambar: Mesin perfecting glue binding

Perferct Binding atau sering disebut gule binding merupakan salah satu bagian dari penjilidan.

Seperti sebelumnya yang disebutkan perfect binding juga merupakan salah satu bagian dari sebuah penjilidan. Pada dasarnya terdapat 2 jenis lem pengikat yang sempurna, yaitu lem panas atau sering disebut hot melt glue dan lem panas PUR. Kedua metode ini menawarkan kualitas tinggi untuk mengikat. Namun lem PUR lebih populer dikalangan percetakan, karena selain kekuatannya lebih tinggi dalam mengikat buku dibanding lem panas atau hot melt glue, lem PUR juga lebih mudah untuk didaur ulang.

Pengertian Lem PUR

Lem PUR atau kepanjangan dari polyurethane, adalah sebuah jenis material lem yang sangat populer diperannya dalam dunia percetakan yaitu jilid buku. Lem PUR ini sudah digunakan dalam menjilid buku pada tahun 1989, lem PUR berbasis lem dingin yang memberi perekat yang sangat unggul dan bisa dijadikan alternatif dibanding hot melt.

Sampai era modern pun lem PUR masih tetap dipakai dan juga terbagi menjadi 2 yaitu high-temperature PUR dan low-temperature PUR. Banyak dari bidang percetakan menggunakan high-temperature PUR.

Gambar: Ilsutrasi hasil lem PUR

Lem PUR tidak hanya digunakan pada jilid buku tetapi juga digunakan untuk packaging dan pengerjaan kayu. Setelah lem digunakan, lem PUR tidak bisa dicairkan lagi jika ingin dipanaskan. Keunikan lain dari lem PUR  juga dapat digunakan pada pintu darurat api yang tahan akan suhu tinggi.

Berikut beberapa kelebihan dari pemakaian lem PUR,yaitu :

  1. Kekuatan

Kekuatan dari lem PUR 2 kali lebih kuat dibanding kekuatan perekat dari lem panas. Perekat dari lem PUR yang kuat, tidak akan mudah rusak walaupun penggunaannya sangat besar. Lem PUR dapat merekatkan jilid buku hingga rata tanpa merusak pengikat buku atau punggung buku. Lem PUR tetap dapat bekerja walaupun media buku terdapat laminating, coating atau varnish.

2. Ketahanan

Lem Pur memiliki ketahanan yang tidak sama seperti lem lain, yakni tahan pada suhu yang ekstrim. Jika pada lem lain hancur ketika dikenai suhu ekstrim, lem PUR tidak akan hancur dan tidak akan membuat punggung buku rusak. Tapi kekurangan dari lem PUR adalah membutuhkan waktu 24 jam untuk lem tersebut utuh atau merekat dengan sempurna saat jilid buku.

3. Fleksibilitas

Selain kekuatan merekat yang kuat, lem PUR juga memiliki fleksibilitas yang sangat bagus. Kekuatan lemnya memudahkan tiap halaman untuk dibuka halaman per halaman, sehingga lem PUR menjadi alternatif yang bisa digunakan diberbagai media kertas dari buku halaman tipis hingga halaman tebal.

4. Serba Guna

Pada kelebihan yang terakhir ini disebut serbaguna, karena penggunaan penjilidan ini dapat mengelem seperti majalah, buku, kamus dan katalog. Lem PUR dapat merekatkan dari 48 lembar halaman buku hingga 800 lembar halaman. Ini mengapa penjilidan menggunakan lem PUR banyak digunakan pada usaha percetakan.

Proses jilid lem ini memerlukan teknik kecepatan dalam pengerjaannya, karena lem yang meleleh pada keadaan panas sangat cepat membeku sekitan 3 sampai 5 detik. Hal ini yang menyebabkan teknik jilid lem ini hanya bisa dikerjakan dengan bantuan mesin glue binding yang canggih maxipro.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×