Tugas dan Pekerjaan Operator Mesin di Perusahaan

Apakah kalian seorang teknisi? Teknisi atau operator mesin memegang posisi penting dalam dunia industri dan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Performa operator ikut menentukan tingkat produktivitas perusahaan karena ia bertanggung jawab atas semua pekerjaan produksi sesuai divisi mulai proses penyiapan bahan sampai dengan finishing.

Operator mesin adalah sekelompok orang yang bertugas mengoperasikan alat kerja seperti mesin, kendaraan dan sejenisnya. Operator mesin memiliki tanggung jawab untuk memeriksa mesin di sebuah industri atau perusahaan sebelum dinyalakan.Mereka biasanya bertugas untuk memeriksa bahan bakar mesin, melaporkan temuan kerusakan pada mesin kepada pengawas lapangan, serta memastikan perawatan dari mesin tersebut. Profesi ini harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai berbagai macam mesin dan bagaimana cara merawatnya.

Modal utama yang wajib dimiliki seorang operator mesin tentu saja kemampuan dalam mengoperasikan mesin tersebut. Tak hanya mengoperasikannya, ia pun dituntut untuk memahami cara kerja mesin tersebut serta spesifikasinya. Selain itu, ia harus mampu merawat dan menjaga kualitas mesin tersebut. Oleh sebab itu, seorang teknisi mesin harus memiliki pengetahuan mengenai berbagai jenis mesin serta cara merawatnya. Ia pun mesti mampu melakukan reparasi apabila mesin tersebut mengalami masalah.

Lantas apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh seorang teknisi dalam suatu perusahaan? Dalam industri umum, operator mesin biasanya mengerjakan tugas yang sama walaupun secara spesifik cara bekerjanya ada  yang berbeda. Berikut ini diantaranya

  • Mengoperasikan Mesin

Operator mesin atau teknisi memulai pekerjaan sesuai bidang. Dalam bekerja, teknisi harus mengikuti panduan yang telah ditentukan dalam briefing sesuai target dan ketentuan. Teknisi juga mengikuti SOP (Standard Operational Procedure) yang sudah ditentukan oleh perusahaan. SOP tersebut umumnya meliputi hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan media kerja, efisiensi material produksi, kualitas produksi yang diminta dan keamanan.

  • Target

Pastinya, setiap perusahaan memiliki target bagi operator hubungannya dengan deadline dari pihak klien. Seorang operator harus berusaha memenuhi target untuk menjaga produktivitas dan kredibilitas perusahaan. Maxipro memiliki teknisi yang tanggap dan mudah dihubungi.

  • Skema pekerja

Skema pekerja seperti pengaturan jadwal lokasi service atau jadwal bergilir (shift) diberlakukan untuk mencapai target. Skema ini sesuai dengan ketentuan perusahaan masing-masing. Maxipro menjadwal lokasi service teknisi sesuai laporan kendala yang dilaporkan oleh customer. Dengan deadline sesuai kerusakan mesin. Hal ini dilakukan agar service customer lebih terjadwal dan perbaikan mesin lebih cepat.

  • Lingkungan Kerja

Ketika bekerja, seorang operator mesin juga harus menjaga serta memelihara lingkungan kerja tempatnya beroperasi. Lingkungan ini sendiri bisa meliputi peralatan produksi, bahan material mentah, spare part, kebersihan mesin dan lain sebagainya.

  • Laporan

Meskipun bekerja sebagai operator yang berurusan dengan mesin dan hardware, seorang teknisi juga dituntut bisa membuat laporan. Seorang yang berprofesi sebagai operator apapun dalam praktek industri harus bisa merancang dan menyusun laporan kinerja yang sudah ia lakukan dalam periode tertentu. Laporan ini berguna sebagai bahan untuk analisa pihak leader produksi serta akan dijadikan sebagai bahan untuk laporan pihak akunting produksi.

Dalam laporan teknisi, umumnya hal yang dimuat antara lain;

  • Kuantitas produksi
  • Jenis produk
  • Adanya jam lembur yang diikuti
  • Beberapa keterangan tambahan lain jika ada

Itulah tadi beberapa hal umum yang merupakan tugas dan tanggung jawab seorang operator mesin dalam suatu perusahaan. Perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa perusahaan yang menentukan tugas lain mengingat mesin yang dijalankan terkadang meminta hal lain yang sifatnya khusus. Jika kalian sedang mencari mesin percetakan dengan teknisi yang handal dan cepat dihubungi Maxipro.co.id pilihan yang tepat.

×