macam-macam ketebalan dan ukuran kertas HVS

macam-macam ketebalan dan ukuran kertas HVS

Anda ingin mencetak dokumen menggunakan kertas HVS? Atau sedang mencari ukuran kertas HVS untuk kebutuhan usaha percetakan Anda? Dengan mengetahui jenis kertas HVS yang sesuai Anda akan mendapatkan hasil yang bagus dan lebih efisien.

Kertas HVS sangat familiar bagi semua orang. Penggunaan kertas HVS sudah menjadi bagian yang lekat dalam kegiatan tulis menulis maupun mencetak dokumen dalam kehidupan sehari-hari. Sebab tersedia dalam beragam ukuran dan ketebalan kertas HVS.

Jadi untuk menggunakannya, Anda perlu memahami macam-macam ukuran kertas HVS yang ada. Dengan menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan Anda. Sehingga hasil akhir dari dokumen tersebut bisa memuaskan dan pada tempatnya.

Apa Itu Kertas HVS?

Kata HVS asalnya dari bahasa Belanda, yaitu houtvrij schrijfpapier yang berarti kertas tulis yang bebas dari serat kayu. Material bahan yang digunakan untuk membuat HVS adalah pulp (bubur kertas) yang tidak mempunyai lignin (perekat antar serat). Tidak adanya lignin, membuat warna kertas lebih awet meskipun terpapar sinar matahari atau lampu dalam waktu yang lama.

Kertas HVS banyak digunakan karena memiliki harga yang murah dan mudah untuk ditemukan di sekitar. Selain itu, HVS juga tersedia dalam ketebalan dan ukuran yang beragam, sehingga ada banyak pilihan untuk semua kebutuhan.

Macam-macam Ukuran Kertas HVS

Bermacam ukuran kertas HVS membuat Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Untuk ukuran yang besar ada HVS Plano dan A3. Pada ukuran medium atau standar, yang paling sering dijumpai adalah F4, Q4 dan A4. Sedangkan ukuran B5 dan A5 termasuk lebih kecil dibanding lainnya.

Ukuran Kertas HVS Plano

Kata “plano” menurut KBBI berarti kertas lembaran utuh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kertas HVS plano adalah jenis kertas HVS yang berbentuk lebar dan luas serta utuh karena belum dipotong.

Kertas HVS plano jelas berbeda dengan kertas HVS yang Anda temui di pasaran karena ukuran kertas tersebut sudah dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan cetakan tertentu. Adapun beberapa ukuran kertas HVS plano yang bisa didapatkan adalah:

  • 65 cm x 91 cm atau 25,5 inchi x 35,8 inchi;
  • 65 cm x 100 cm atau 25,5 inchi x 39,3 inchi, dan;
  • 79 x 109 cm atau 31,1 inchi x 42,9 inchi.

Ukuran Kertas HVS A3

Merupakan kertas yang berukuran cukup besar, Kertas HVS A3 sering digunakan untuk mencetak dokumen yang membutuhkan kertas yang luas. Ukuran kertas ini adalah 29,7 cm x 42 cm atau 11,69 inchi x 16,54 inchi yang cocok untuk keperluan menggambar atau menulis sesuatu yang panjang.

Ukuran Kertas HVS Q4 (Kuarto / Letter) 

Kertas HVS Q4 ini dinamakan kuarto atau letter memiliki ukuran yang hampir mirip dengan A4, namun lebarnya sedikit lebih panjang. Jenis kertas ini berukuran sedang yakni 21,6 cm x 27,5 cm atau 8.5 inchi x 9.84 inchi serta 21,6 cm x 27,9 cm atau 8.5 inchi x 10.8 inchi.

Kedua ukuran tersebut memang hampir sama, sehingga tak terlalu jauh berbeda. Ukuran 21,6 cm x 27,5 cm sering digunakan di Inggris, sedangkan ukuran 21,6 cm x 27,9 cm banyak digunakan di Amerika Utara.

Ukuran Kertas HVS F4 (Folio)

Termasuk dalam kertas berukuran sedang, folio memiliki ukuran sekitar 21,6 cm x 33 cm atau 8,5 inchi x 13 inchi. Di negara Inggris, kertas F4 atau folio ini mempunyai nama lain yaitu foolscap paper.

Ukuran Kertas HVS A4 (Standar)

A4 merupakan ukuran kertas yang paling populer dan sering digunakan di Indonesia. Secara internasional pun, kertas ini menjadi standar di banyak negara karena ukurannya medium. Ukuran kertas ini adalah 21 cm x 29,7 cm atau 8,27 inchi x 11,69 inchi.

Ukuran Kertas HVS B5

Berbeda dari seri A, ukuran B5 termasuk dalam kertas berukuran kecil dibanding lainnya. Ukuran kertas ini ialah 17,6 cm x 25 cm atau 6,93 inchi x 9,84 inchi.

Ukurannya yang cukup kecil membuat kertas ini sering dijadikan sebagai kertas untuk membuat buku catatan. Produk lainnya dari kertas B5 adalah majalah, amplop, paspor, sampul buku dan lainnya.

Ukuran Kertas HVS A5

Dan kertas HVS yang mempunyai ukuran paling kecil adalah A5. Kertas ini berukuran 14,8 cm x 21 cm atau 5,83 inchi x 8,27 inchi. A5 sangat cocok untuk dibuat menjadi kertas notebook atau buku saku, amplop, undangan, brosur, pamflet dan sebagainya.

Jenis Kertas HVS Berdasarkan Gramatur Ketebalan

Selain ukuran, ketebalan kertas HVS juga menjadi pertimbangan untuk menggunakan kertas tersebut. Misal untuk kebutuhan dokumen biasa, kertas HVS yang tidak terlalu tebal tetap bisa digunakan, sementara untuk dokumen penting biasanya membutuhkan kertas yang lebih tebal.

Satuan untuk menyebut ketebalan kertas adalah gramatur atau yang dikenal juga dengan nama gsm. Kepanjangan dari gsm ialah “gram per square metre” yang dalam bahasa Indonesia berarti “gram per meter persegi”. Yang artinya ialah berat kertas lembaran yang dihitung dengan luas permukaan dalam satu meter persegi.

Pada gramasi atau gramatur, semakin tinggi angkanya maka semakin berat dan tebal kertas tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis kertas yang sesuai dengan kebutuhan jika melihat dari gramaturnya.

Berdasarkan gramatur ketebalannya, kertas HVS terbagi menjadi berikut.

70 gsm

Merupakan jenis kertas HVS yang ketebalannya paling umum digunakan di masyarakat. Kertas ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen biasa, pamflet, brosur, keperluan fotokopi dan sebagainya karena ekonomis dan ringan. Jenis kertas ini termasuk fleksibel sehingga mudah untuk dilipat.

80 gsm

Gramatur standar yang digunakan untuk pembuatan skripsi, tesis, disertasi, makalah, tugas serta dokumen penting lainnya. Pada kertas gramasi ini, ketebalannya cukup terasa sehingga kertas lebih kaku dan tidak mudah meninggalkan bekas lipatan.

100 gsm

Jenis gramatur HVS yang paling tebal. Pada ketebalan ini, kertas sudah cukup kaku dan tebal. Penggunaan HVS ini biasanya sebagai media untuk presentasi atau untuk dokumen penting karena mampu menampung tinta atau gambar dengan desain yang detail.

Cara Akurat Potong Kertas HVS

Kertas HVS mempunyai banyak kegunaan terutama untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, kertas HVS juga mudah untuk dipotong sesuai dengan keinginan namun juga tak mudah sobek atau rusak.

Mesin yang bisa membantu mengatur ukuran kertas HVS dengan mudah adalah Mesin Potong Kertas Telson MP858 ST. Mesin ini memiliki lebar input kertas berukuran 45 cm dengan panjang 48 cm.

Dilengkapi dengan pisau yang agak miring berukuran besar dan bisa diasah, mesin ini memudahkan proses pemotongan kertas. Tingkat akurasi pemotong hingga 1 mm yang dipunyai Mesin Potong Kertas Telson MP858 ST juga membantu Anda mendapatkan hasil potong yang presisi.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan