Ingin Bisnis Stiker Rumahan? Yuk Pahami Fungsi dan Jenisnya - Maxipro

Ingin Bisnis Stiker Rumahan? Yuk Pahami Fungsi dan Jenisnya - MaxiproPersaingan bisnis kini semakin ketat. Setiap tahunnya, ada banyak produk baru yang diluncurkan ke pasaran. Hal ini mendorong banyak pelaku usaha untuk tampil menarik dengan brand yang juga unik. Untuk memberi identitas produk yang dimiliki, para pelaku usaha pun memanfaatkan fungsi stiker sebagai bagian dari strategi branding.

Salah satu fungsi stiker memang sebagai pemberi informasi. Saat ada banyak produk yang tersedia di pasaran, pelaku usaha harus bisa membuat produknya terlihat berbeda dengan memberi stiker pada setiap pembelian.

Fenomena ini membuat banyak pelaku usaha tertarik untuk membuat desain stiker yang menarik dan unik. Bagi Anda yang jeli melihat peluang, hal ini bisa menjadi kesempatan. Dengan membuka bisnis stiker, Anda pun bisa mendulang banyak keuntungan.

Fungsi Stiker dan Peran Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

Ingin Bisnis Stiker Rumahan? Yuk Pahami Fungsi dan Jenisnya - Maxipro

Daya tarik stiker seakan tidak pernah padam. Saat didesain dengan baik, tidak sedikit orang yang rela membelinya. Dalam bisnis, stiker juga bisa menjadi alat branding dan promosi yang kuat. Namun sebelum Anda tergoda untuk membuat usaha stiker rumahan, apa sih fungsi stiker dan perannya bagi sebuah bisnis?

1. Sebagai Alat Promosi

Saat membeli sebuah produk, terkadang ada stiker yang turut disisipkan ke dalam paket pembelian. Stiker yang diberikan biasanya stiker bertuliskan merek produk atau nama toko yang menjual produk tersebut. Namun sebenarnya ada tujuan dibalik itu semua. Saat mendapatkan stiker yang bagus, orang cenderung terdorong untuk menempelkannya di tempat yang mereka sukai.

Salah satu fungsi stiker memang sebagai alat promosi. Akan tetapi, skenario seperti di atas hanya akan terjadi jika stiker yang Anda buat memang bagus dan menarik. Itulah kenapa ada banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa desainer profesional. Namun untuk mencetak desain tersebut, tidak sedikit dari mereka yang memilih usaha stiker rumahan.

2. Sebagai Alat Branding

Selain untuk promosi, stiker juga sering dimanfaatkan sebagai alat branding. Bisa dibilang inilah salah satu fungsi stiker yang paling banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Itulah kenapa stiker bisnis biasanya hanya bertuliskan logo atau nama merek.

Untuk tujuan branding, stiker biasanya dibagikan ke banyak orang. Terkadang stiker tersebut juga ditempelkan secara sengaja di tempat-tempat tertentu. Tujuannya di sini adalah untuk mendapatkan eksposur. Bagi bisnis skala kecil hingga menengah, fungsi stiker yang satu ini tentu terlalu menarik untuk diabaikan.

3. Memancing Tindakan

Tidak semua stiker bisnis hanya bertuliskan merek. Beberapa stiker justru sengaja dibuat lebih provokatif dengan menyelipkan kata-kata persuasif. Misalnya saja seperti “diskon 70%!!!” atau “beli 1 gratis 1!!!”.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha stiker rumahan, mungkin akan ada banyak pesanan seperti ini. Jadi agar bisa memaksimalkan fungsi stiker sebagai call to action, ada baiknya Anda membekali diri dengan skill copywriting atau desain untuk pemasaran.

4. Sebagai Pemberi Informasi

Fungsi stiker yang juga tidak kalah penting adalah untuk memberi informasi. Hal ini bisa ditemukan di tempat-tempat umum. Banyak label informasi yang menggunakan stiker. Selain karena alasan praktis, stiker juga bisa diandalkan dan cukup terjangkau.

Jenis-Jenis Stiker

Ingin Bisnis Stiker Rumahan? Yuk Pahami Fungsi dan Jenisnya - Maxipro

Bisnis stiker adalah bisnis yang punya potensi besar. Di sisi lain, kompetisinya juga cukup tinggi. Tanpa bekal pengetahuan yang memadai dan diferensiasi, rasanya sulit untuk sukses membangun usaha stiker rumahan. Minimal, Anda harus tahu jenis-jenis stiker yang paling banyak digunakan dalam bisnis stiker.

1. Stiker HVS

Sesuai dengan namanya, stiker ini terbuat dari kertas HVS dengan perekat di bagian belakangnya. Stiker HVS terbilang populer di kalangan para pelaku usaha kecil hingga menengah. Biasanya, stiker ini digunakan untuk membuat label kemasan. Itulah kenapa semua bisnis stiker menyediakan jenis stiker yang satu ini.

2. Stiker Vinyl

Stiker yang satu ini tergolong cukup mahal. Namun hal tersebut sepadan dengan apa yang ditawarkan. Stiker vinyl dibuat dari bahan vinyl yang lentur dan kuat saat ditempelkan di luar ruangan.

Dari segi tampilan, stiker vinyl juga terlihat lebih menarik. Itulah kenapa stiker ini cukup populer, terlebih untuk tujuan dekorasi. Jika ingin membangun usaha stiker rumahan, sebaiknya Anda menyediakan jenis stiker yang satu ini. Meski mahal, Anda bisa menuai banyak keuntungan dari bisnis stiker vinyl.

3. Stiker Kromo

Selain stiker HVS, stiker kromo juga cukup merajai pasar bisnis stiker. Permintaannya tinggi dan bisa datang dari pelaku usaha, aktivis maupun masyarakat biasa.

Stiker kromo sendiri memiliki karakter mirip seperti kertas. Akan tetapi, ketahanannya relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan kertas. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha stiker rumahan, Anda bisa menyediakan stiker kromo sebagai alternatif stiker vinyl.

4. Stiker Foil

Jenis stiker yang satu ini seakan memiliki kelasnya sendiri. Meski fungsi stiker foil pada dasarnya sama dengan stiker jenis lain, kesan mewah yang terpancar membuat stiker jenis ini mampu menciptakan kesan unik pada produk yang dijual.

Produk-produk mahal banyak yang menggunakan stiker foil sebagai label. Stiker ini juga kerap digunakan sebagai alternatif sablon kaos. Jika Anda ingin mendapat banyak keuntungan dari usaha stiker rumahan, ada baiknya Anda menyediakan jenis stiker yang satu ini. Dengan menyediakan jasa cetak stiker foil, Anda pun selangkah lebih dekat dengan brand-brand mahal.

5. Stiker Bontax

Sama seperti stiker HVS, stiker bontax juga sering digunakan sebagai label produk. Karakternya mirip seperti kertas HVS. Hanya saja, stiker jenis ini memiliki daya tahan yang jauh lebih baik.

Ada beberapa alasan kenapa stiker bontax banyak tersedia di usaha stiker rumahan. Selain karena permintaannya yang tinggi, stiker jenis ini juga bisa diberi laminasi, baik doff maupun glossy. Daya rekat stiker bontax juga terbilang kuat.

6. Stiker Yupo

Stiker jenis ini banyak digunakan untuk keperluan outdoor, seperti stiker label informasi “dilarang merokok” dan sejenisnya. Popularitas stiker yupo sebagai stiker outdoor sendiri tidak terlepas dari daya tahannya yang tinggi.

Stiker yupo biasanya menggunakan lem berbahan akrilik permanen. Lem yang digunakan juga tahan air dan anti pudar. Jika tertarik untuk membuka bisnis stiker, ada baiknya Anda juga menyediakan jenis stiker yang satu ini.

Penutup

Hingga saat ini, kebutuhan masyarakat akan stiker masih terbilang tinggi. Di pasar UMKM saja ada banyak pelaku bisnis yang memesan stiker label secara berkala. Belum lagi di pasar retail atau masyarakat umum.

Potensi bisnis stiker yang masih tinggi tentu sayang jika diabaikan begitu saja. Akan tetapi, tentunya Anda tidak bisa langsung memulainya begitu saja. Selain melengkapi diri dengan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan, Anda juga perlu mempersiapkan alat-alat dan mesin yang dibutuhkan.

Mesin Slitter 50

Salah satu alat yang sangat penting dalam usaha stiker rumahan adalah mesin slitting. Dengan mesin ini, membuat stiker jadi lebih mudah. Tertarik untuk membeli mesin slitting? Di Maxipro, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang kompetitif.

Ingin Bisnis Stiker Rumahan? Yuk Pahami Fungsi dan Jenisnya - Maxipro