Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - Maxipro

Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - MaxiproDi Indonesia, tradisi Yasinan masih santer terlihat, terlebih di wilayah pedesaan. Hal ini tidak terlepas dari budaya masyarakat Indonesia yang sangat menghormati orang yang telah meninggal dan kentalnya keyakinan agama. Tak mengherankan, permintaan cetak buku Yasin begitu tinggi. Percetakan buku Yasin pun tidak sulit dijumpai.

Kebutuhan buku Yasin tahlil yang terbilang tinggi membuka peluang bagi pengusaha percetakan untuk menjawab kebutuhan tersebut. Potensi keuntungan yang besar memang membuat bisnis cetak buku Yasin terlihat begitu menggiurkan. Akan tetapi, bisnis adalah bisnis. Tanpa bekal ilmu dan modal yang memadai, bisnis percetakan buku Yasin tentu tidak akan bertahan lama.

Mengenal Jenis-Jenis Buku Yasin Menurut Jumlah Halaman

Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - Maxipro

Setiap buku Yasin pada dasarnya memiliki isi yang sama. Hanya saja, ada beberapa jenis buku Yasin jika dilihat dari jumlah halamannya. Berdasarkan isinya, sedikitnya ada 3 jenis buku Yasin tahlil yang kerap dijumpai di pasaran. Ketiga jenis buku Yasin tersebut antara lain.

1. Buku Yasin 128 Halaman

Bisa dibilang, buku Yasin 128 halaman adalah jenis buku Yasin yang paling laris di pasaran. Jenis buku Yasin tahlil yang satu ini memiliki 128 halaman. Jika dibandingkan dengan jenis buku Yasin yang lain, buku Yasin 128 halaman adalah yang paling tipis. Isinya juga lebih fokus pada inti surat-surat yang biasa dibacakan pada acara yasinan.

Buku Yasin 128 halaman biasanya berisi daftar isi, fadilah dan keutamaan surat Yasin, surat Yasin, doa surat Yasin, doa tahlil dan surat-surat pendek. Jumlah halaman yang lebih sedikit membuat buku yasin tahlil 128 halaman dibanderol dengan harga yang terbilang murah. Karena itu jugalah, buku Yasin 128 halaman sangat laris di pasaran.

2. Buku Yasin 176 Halaman

Isi yang lebih lengkap dengan kualitas yang lebih baik. Mungkin karena alasan inilah, buku Yasin 176 halaman sangat laris di pasaran. Buku Yasin tahlil 176 halaman memang memiliki isi yang lebih lengkap, terlebih jika dibandingkan dengan buku Yasin 128 halaman.

Isi buku Yasin 176 halaman biasanya terdiri dari daftar isi, surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, surat An-Nas, ayat kursi, fadilah surat Yasin, surat Yasin, doa surat Yasin, doa tahlilan, doa-doa pendek dan Asmaul Husna. Dari segi harga, buku Yasin tahlil 176 halaman juga relatif masih terjangkau.

3. Buku Yasin 256 Halaman

Dibandingkan dengan kedua jenis buku Yasin tahlil yang telah disebutkan sebelumnya, buku Yasin yang satu ini tergolong yang paling lengkap. Jumlah halaman yang lebih banyak membuat buku Yasin 256 halaman mampu membuat lebih banyak surat.

Surat yang ditulis di buku Yasin 256 halaman pada dasarnya sama seperti kedua jenis buku Yasin sebelumnya. Hanya saja, buku Yasin ini dilengkapi dengan doa-doa panjang dan mujarab serta ayat-ayat pendek juz 30. Karena lebih lengkap dan jumlah halaman yang lebih banyak, percetakan buku Yasin biasanya membanderol buku Yasin 256 dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dua jenis buku Yasin sebelumnya.

Jenis-Jenis Buku Yasin Menurut Cover yang Digunakan

Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - Maxipro

Selain terbagi berdasarkan isinya, buku Yasin tahlil juga dapat dibagi berdasarkan cover yang digunakan. Jika dilihat dari cover-nya, sedikitnya ada 3 jenis buku Yasin. Untuk lebih jelasnya, berikut ketiga jenis buku Yasin menurut cover yang biasa disediakan percetakan buku Yasin.

1. Buku Yasin HVS Cover Premium

Meski menggunakan istilah premium, buku Yasin HVS cover sebenarnya tergolong sebagai jenis buku Yasin yang paling murah. Harga yang lebih murah tidak terlepas dari jenis cover yang digunakan, yakni kertas HVS. Biaya produksi yang lebih murah juga membuat percetakan buku Yasin membanderolnya di harga yang terjangkau.

Karena menggunakan kertas HVS, cover buku Yasin terlihat lebih tipis dan cenderung lebih mudah tertekuk. Jika tidak berhati-hati, cover-nya juga bisa sobek dengan mudah.

Meski buku Yasin cover HVS punya banyak kelemahan, percetakan buku Yasin justru lebih sering mendapatkan pesanan untuk membuatnya. Hal ini menunjukkan jika jenis buku Yasin yang satu ini memang laris di pasaran dan jadi salah satu sumber pendapatan terbesar jasa cetak buku Yasin.

2. Buku Yasin Hardcover

Kesan elegan selalu terpancar dari buku dengan hardcover, tak terkecuali buku Yasin. Material cover yang tebal dan keras tidak hanya membuat buku Yasin hardcover menarik secara estetika. Cover yang tebal juga mampu melindungi isi buku agar tidak mudah tertekuk.

Buku Yasin hardcover biasanya juga memiliki desain cover yang elegan. Tulisan Arab dengan efek timbul kerap menghiasi cover cetak buku Yasin. Untuk membuatnya terlihat lebih premium, penyedia jasa cetak buku Yasin juga kerap menggunakan warna-warna yang terkesan elegan, seperti emas atau perak di bagian cover buku Yasin.

3. Buku Yasin Silk Cover

Selain buku Yasin hardcover, beberapa percetakan biasanya juga menyediakan jasa cetak buku Yasin silk cover. Meski disebut silk cover, buku Yasin yang satu ini sebenarnya terlihat mirip seperti buku Yasin hardcover. Cover-nya tebal dan kaku. Hanya saja, permukaannya terasa lebih halus dan mengkilap.

Percetakan buku Yasin umumnya menyediakan buku Yasin silk cover sebagai salah satu pilihan alternatif untuk pelanggan yang menginginkan buku Yasin premium namun dengan harga yang lebih terjangkau. Karena harga yang lebih terjangkau ini jugalah, banyak yang tertarik dengan buku Yasin silk cover. Jadi jika Anda tertarik untuk memulai bisnis jasa cetak buku Yasin, ada baiknya Anda menyediakan jasa cetak silk cover.

Memulai Bisnis Percetakan Buku Yasin

Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - Maxipro

Potensi bisnis cetak buku Yasin masih cukup tinggi. Karena itu, rasanya sayang jika potensi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Namun untuk memulai bisnis cetak buku Yasin, tentunya ada beberapa hal, khususnya mesin yang perlu dipersiapkan.

1. Mesin Jilid Lem Panas

Mesin Glue Binding Telson 60A

Mesin jilid lem panas tergolong sebagai mesin wajib untuk memulai percetakan buku Yasin. Setelah mencetak bagian isi, mesin inilah yang nantinya membantu menjilid setiap lembaran kertas menjadi buku Yasin, khususnya buku Yasin hardcover dan silk cover.

2. Mesin Booklet Maker

Mesin Booklet Maker M2000 DF

Untuk jilid yang lebih murah, biasanya digunakan metode jilid stapler. Mesin booklet maker sendiri memang dirancang untuk membuat booklet. Meski demikian, mesin ini juga bisa digunakan untuk menjilid buku Yasin.

3. Mesin Laminating

Mesin Laminasi Telson ML 375 WGK Conveyour

Mesin laminating adalah mesin yang dibuat untuk memudahkan proses laminasi. Dengan mesin ini, cover buku Yasin jadi terlihat lebih menarik. Cover buku juga tidak mudah rusak dan tahan dari percikan air.

4. Mesin Stapler Jilid

Mesin Stappler 1 Mata SYS118E

Berbeda dengan stapler biasa, mesin stapler jilid dirancang untuk produksi skala besar atau jilid buku yang relatif tabal. Cukup dengan sekali tekan, puluhan lembar kertas bisa disatukan dengan mudah.

Semua mesin di atas bisa Anda temukan di Maxipro. Dengan harga yang cukup kompetitif, Anda sudah bisa mendapatkan aset bisnis yang sangat berharga.

Sebelum Mulai Bisnis Cetak Buku Yasin, Yuk Kenali Jenis-Jenisnya - Maxipro