Tips Bikin Buku Surat Yasin Murah

memilih-finishing-buku-yasin

Jika kalian perhatikan usaha seperti fotocopy dan percetakan skala menengah, selain menerima cetak undangan mereka juga menerima pesanan cetak buku surat yasin. Fotocopy dan percetakan tidak lepas dari namanya cetak yasin. Pembuatan cetak yasin ini sebenarnya bisa kalian pelajari sendiri dirumah, karena bahan-bahan dan perlengkapannya cukup mudah didapatkan. Tapi jika ingin membuat buku yasin profesional kalian bisa menggunakan jasa percetakan.

Buku surat yasin biasanya dipesan untuk tahlilan dan souvenir memperingati 100 hari kematian saudara atau kerabat. Buku yasin murah yang bagus, kuat dan eksklusif dengan harga yang terjangkau menjadi pilihan yang tepat. Tentunya kalian tidak ingin memberikan buku surat yasin untuk keluarga, teman dan tetangga dengan segi tampilan yang kurang bagus, bukan?

Maxipro akan memberikan tips yang perlu diperhatikan sebelum memesan buku yasin murah di tempat percetakan:

Desain Buku Yasin

Biasanya percetakan sudah menyediakan katalog hasil cetak yasin yang pernah dibuat. Pilihlah buku yasin sesuai dengan pilihan kalian, dengan memperhatikan kesesuaian warna cover dan kiblat isi buku surat yasin.

Untuk desain tambahan seperti prakata dari keluarga biasanya percetakan juga menyediakan beberapa alternatif template yang telah dibuat. Tentu ini hanya menjadi referensi saja, jika kalian ingin membuat template sendiri bisa ditambahkan.

Perhatikan juga kelengkapan daftar isi dalam buku yasin. Apakah isi buku surat yasin sesuai dengan daftar isi yang diinginkan,karena biasanya buku yasin yang lengkap ditambahkan dengan beberapa surat dan beberapa do’a yang lain.

Kualitas Kertas

Ada beberapa pilihan kertas dalam buku yasin, semakin bagus kualitas kertas yang dipilih semakin mahal pula harganya. Ada beberapa macam kertas yang bisa dipilih:

  1. Kertas Matte Paper adalah kertas yang memiliki tekstur halus (doff)
  2. Kertas Art Paper adalah kertas yang memiliki tekstur licin (glossy)
  3. Kertas HVS adalah kertas yang umumnya sering dijumpai atau jenis kertas yang seperti dalam buku tulis.

Biasanya buku yasin murah menggunakan kertas HVS karena harganya yang lebih terjangkau dibanding menggunakan kertas Matte paper dan kertas Art paper.

Biaya atau Budget

Hitunglah berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk pemesanan buku yasin sesuai budget. Semakin bagus cetak yasin tentu harganya semakin mahal. Jika kalian ingin membuat buku yasin yang bagus namun terhalang biaya, solusinya hanyalah memilih buku yasin murah dengan bahan yang biasa namun dari segi desain bisa dibuat lebih menarik sehingga berbeda dari desain buku surat yasin pada umumnya. Ini akan terlihat bagus dan juga mahal. Jangan lupa juga untuk menentukan jumlah pesanan yang akan dipesan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Tips Mencetak Buku untuk Pemula | Berapa Biayanya?

Finishing Buku Yasin

Finishing pada cetak yasin salah satunya adalah jilid buku. Jilid pada prinsipnya adalah merekatkan lembaran-lembaran kertas menjadi sebuah buku, baik itu dengan finishing benang atau finishing lem. Selama ini pasti kalian pernah melihat buku yasin murah ada beberapa bagian yang lepas, itu karena kualitas finishing yang kurang bagus. Finishing jilid buku yang baik menentukan kualitas serta ketahanan buku yasin. Ada beberapa jenis finishing dalam buku yasin:

  1. Jilid jahit benang: jilid jenis ini telah dipastikan kualitas buku akan terjamin awet serta tidak akan ada kertas yang terlepas, karena jilid jahit benang ini akan merangkai beberapa halaman buku terkait dengan beberapa halaman lainnya
  2. Jilid lem (perfect binding): Jilid lem ini bisa saja untuk finishing buku yasin, namun bukan jaminan jilid ini tidak membuat buku yasin murah tahan lama. Perlu ditambahkan jilid staples agar buku surat yasin tidak mudah rusak.
  3. Hot print : Cover buku yasin  biasanya ditambahkan tinta emas atau disebut Hotprint. Hal ini agar buku yasin murah tetap terlihat eksklusif.
  4. Sudut siku buku: Sudut siku buku ini adalah hiasan (optional). Siku buku digunakan agar tampilan buku surat yasin berbeda dengan buku yasin murah pada umumnya yang terlihat biasa.
Baca juga : Mesin Jilid Buku Lem Panas

Proses Waktu Pengerjaan

Sebelum memesan buku yasin pada jasa percetakan, tanyakan terlebih dahulu berapa lama waktu proses pengerjaan buku yasin kalian. Ini dapat membantu kalian agar buku yasin yang dipesan bisa selesai tepat waktu. Oleh karena itu lakukan jauh-jauh hari melakukan pemesanan buku yasin, contohnya 2-3 minggu sebelum acara. Biasanya percetakan pada umumnya menargetkan pengerjaan dalam 1 minggu atau lebih tergantung jumlah buku surat yasin yang kalian pesan. Semakin banyak buku yang dipesan maka akan semakin lama pengerjaannya.

Pilih Percetakan Yang Berpengalaman

Ini adalah poin terakhir yang perlu menjadi prioritas. Pastikan percetakan yang kalian pilih memiliki rate kerja yang bagus, untuk mengetahui percetakan itu bagus atau tidak kalian bisa membaca ulasan lengkap kami Tips Usaha Tempat Percetakan Surabaya.

Ada baiknya kalian memilih percetakan terdekat dengan lokasi kalian. Ini akan memudahkan kalian untuk datang ke workshopnya dan meyakinkan kalian akan kualitas buku yang sudah pernah dibuat. Jangan mudah tergiur dengan iklan yang mencantumkan harga murah tanpa memperhatikan kualitasnya.

Mungkin itu saja Tips sebelum mencetak buku yasin yang bisa Maxipro berikan. Semoga artikel ini dapat membantu menghemat biaya kalian yang akan mencetak buku surat yasin. Untuk kalian yang menjadikan peluang usaha pembuatan buku yasin kalian bisa dapatkan mesin finishingnya di Maxipro.co.id.

×