Tips Cetak Undangan Pernikahan Murah, Berkualitas dan Menarik

finishing-undangan-pernikahan

Apakah kalian memiliki rencana menikah di tahun ini? Sangat menyenangkan menyiapkan pernikahan seperti dekorasi, baju pengantin, catering dan yang paling penting undangan. Tentu kita ingin mengundang kerabat serta saudara untuk ikut merasakan hari spesial bukan? Namun, harga undangan saat ini sangatlah mahal.

Harga undangan pernikahan mahal atau murah ditentukan oleh desain undangan itu sendiri. Mulai dari harga kertas cetak, jenis kertas, teknik cetak, jumlah pesanan dan sebagainya. Contoh model undangan yang menjadi trend saat ini yaitu hiasan mengkilat seperti emas atau disebut hot print (hot foil).

Model dan desain undangan pernikahan bisa diproduksi cetak dengan harga murah, jika kalian tahu cara membuat atau mengetahui dasar pembuatan kartu undangan tersebut. Jenis kertas untuk cetak undangan memiliki banyak jenis. Biasanya kertas cetak yang paling sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan adalah jenis ivory. Untuk harga kertas ini masuk dalam kategori menengah. Selain ivory sebetulnya ada banyak jenis kertas yang digunakan seperti hammer, milano, BC, java, jasmine. Kertas-kertas ini termasuk kertas cetak yang dinilai memiliki kualitas baik dan tidak terlalu mahal.

Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi harga undangan pernikahan murah menjadi mahal;

  • Teknik Cetak
Gambar: Teknik Cetak

Teknik cetak ternyata sangat berpengaruh untuk sebuah harga undangan pernikahan selain kertas cetak. Kalian pasti banyak yang tidak tahu antara cetak satu warna dan full color. Teknik cetak satu warna tentu lebih murah dari teknik cetak fullcolor, karena biaya cetak dan pembuatan master cetak menjadi 4x lipatnya.

Jika cetak satu warna misal merah, hitungan cetaknya hanya satu kali naik cetak yaitu warna merah, yang berarti biaya cetaknya hanya satu kali. Sedangkan untuk cetak fullcolor membutuhkan empat kali naik cetak, karena full color terdiri dari CMYK (Cyan,Magenta,Yellow,Black). Untuk ulasan lengkapnya baca artikel RGB dan CMYK. Untuk mendapatkan hasil warna seperti warna foto, mesin cetak memerlukan teknik empat kali naik cetak. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun mahal karena sebanding dengan teknik cetaknya. 

  • Cetak hot print/Poly
Gambar: Mesin hot print

Cetak hot print adalah satu dari faktor yang mempengaruhi harga sebuah undangan. Untuk artikel lengkap tentang hot print klik disini. Bahan hot print yang menempel pada undangan berasal dari kertas foil. Foil memiliki beberapa karakter yang berbeda tergantung selera dan keserasian desain.

Pengerjaan hot print dikenai biaya per item. Misal tulisan “Undangan” atau khusus nama pengantin yang terdiri dari dua baris tetap dihitung satu item.

  • Cetak Emboss
Gambar: Mesin Emboss

Cetak emboss ini upaya membuat permukaan menjadi timbul. Emboss ini hampir sama dengan cetak hot print karena pengerjaannya menggunakan mesin yang sama, menggunakan klise dan juga foil sesuai kebutuhan.

  • Finishing Pond
Gambar: Mesin Die Cut/Pond

Jika melihat undangan pernikahan yang memiliki potongan meliuk-liuk, itu adalah teknik pond. Mesin pon juga disebut mesin pond, ataupun mesin press ini berfungsi untuk memotong berbagai macam bahan terutama kertas. Mesin pond merupakan upaya melubangi sebagian undangan untuk memperindah desain. Bentuknya bermacam-macam seperti meliuk-liuk, bentuk hati, oval, kotak, lingkaran dan lain sebagainya.

Jika tidak ingin menguras budget undangan, pertimbangkan kembali hot print, emboss dan pond. Karena finishing seperti ini tidak mutlak harus ada dalam undangan pernikahan. Jika kalian memahami kebanyakan teknik finishinglah yang membuat undangan murah menjadi mahal. Maxipro merekomendasikan mesin finishing agar cetak undangan kalian tetap murah dan diminati konsumen.

×