Maxipro cetak undangan pernikahan 01

Jenis kertas undangan dapat menjadikan sebuah undangan akan berkesan. Dengan kertas yang memiliki tampilan menarik dan tekstur yang unik, nyatanya bisa membuat penerima undangan terkesan. Juga pemberi undangan, bisa merasa puas dengan kualitas kertas tersebut.

Memang di jaman serba digital ini, undangan bisa Anda berikan dalam bentuk online. Namun, keberadaan undangan dalam bentuk kertas masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang, terutama untuk kalangan orang tua.

Sehingga undangan berupa kertas masih menjadi bagian yang penting dalam penyelenggaraan suatu acara. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis kertas undangan yang cocok dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jenis Kertas Undangan

Dalam mempersiapkan sebuah acara, memilih jenis kertas undangan adalah hal yang bisa Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan jenis kertas yang dipilih sangat berpengaruh pada hasil akhir dari undangan tersebut. Serta kertas undangan juga menentukan kesan yang ingin disampaikan kepada calon penerima undangan.

Pentingnya memilih jenis kertas undangan juga dipengaruhi oleh banyaknya jenis kertas yang bisa dipilih. Adapun beberapa contoh kertas undangan adalah art paper, art carton, matte paper, ivory, akasiaconcorde, linen, samson kraft, aster dan jasmine

1. Art Paper

jenis kertas art paper 120 gr untuk undangan

Merupakan salah satu jenis kertas yang sering digunakan sebagai undangan, art paper mempunyai tampilan yang glossy mengkilap dan tekstur yang halus. Kertas ini biasanya digunakan dalam ukuran gramatur sekitar 85 gr hingga 150 gr, tergantung keinginan dan selera.

Tidak hanya digunakan sebagai bagian isi undangan, art paper juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan pelapis luar atau dalam undangan, hingga sebagai hardcover. Tampilan dari kertas ini akan terlihat elegan dengan laminasi glossy, doff ataupun UV.

2. Art Carton

Jenis Kertas Art Carton 310 gr untuk Undangan

Kertas berjenis art carton dikenal memiliki gramasi yang cukup tebal, terutama jika dibandingkan dengan art paper. Karena ketebalannya, art carton juga bisa digunakan menjadi hardcover untuk undangan dari kertas jenis lain.

Tidak hanya hardcover, Anda bisa mengasah kreativitas dengan membuat undangan yang tergabung dari beberapa material kertas lainnya dengan art carton. Harganya yang murah, serta mudah dibentuk menjadi beragam bentuk membuat jenis kertas ini begitu efektif dan efisien untuk kebutuhan Anda.

3. Matte Paper

Jenis Kertas Undangan, Matte Paper

Kertas jenis matte paper sebenarnya hampir mirip dengan art paper. Hanya saja, kertas ini tidak terlalu mengkilap atau glossy dibandingkan art paper. Sehingga lebih cenderung ke arah doff, sesuai dengan namanya. Hal ini dikarenakan matte paper mengurangi pantulan cahaya.

Meskipun begitu, jenis kertas ini lebih mudah untuk menyerap tinta dan juga lebih tebal daripada art paper. Matte paper juga sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tekstur kertas yang terlihat lebih gelap namun tak mengurangi detail dan elegan ini, menjadi salah satu pilihan kertas yang sering dipilih untuk membuat undangan.

4. Kertas Ivory

Jenis Kertas Ivory

Kertas jenis ivory adalah kertas yang cantik sehingga biasa digunakan untuk membuat poster karena bisa memberikan hasil yang menarik. Ivory juga bisa digunakan untuk menghasilkan undangan yang elegan.

Merupakan kertas dari perpaduan ketiga kertas sebelumnya yaitu art paper, art carton dan matte paper, maka ivory memiliki karakteristik yang unik.

5. Kertas Akasia

Jenis Kertas Akasia

Jenis kertas akasia mempunyai tekstur yang unik, yakni garis-garis yang menjadi satu seperti kain tenun. Contoh penggunaan kertas akasia yang paling sering dijumpai adalah untuk pembuatan piagam, sertifikat dan undangan.

Garis-garis yang terbentuk pada kertas akasia akan memberikan kesan yang mewah dan elegan. Tak hanya itu, tampilan yang berbeda dari kertas lain akan membuat undangan dari akasia akan tampak menarik.

6. Concorde

kertas concorde

Hampir sama dengan jenis kertas akasia, concorde juga memiliki tekstur berupa serat garis. Namun, serat garis yang dihasilkan cenderung tak beraturan sehingga menimbulkan kesan abstrak. Meskipun begitu, keunikan tersebut justru bisa membuat undangan yang Anda buat semakin berkesan.

Undangan yang dibuat dari kertas concorde biasanya hanya dicetak satu warna saja, agar kesan elegan bisa terasa maksimal. Di sisi lain, bahannya yang tebal membuat kertas concorde yang dilipat akan terlihat bekasnya, maka Anda sebaiknya membuat kertas undangan yang bentuknya tidak ditekuk.

7. Samson Kraft

jenis kertas undangan, Samson Kraft

Pengertian dari jenis kertas yang satu ini adalah sebuah kertas yang berasal dari daur ulang dan menghasilkan sebuah kertas multiguna serta ramah lingkungan. Kertas samson kraft memiliki tekstur yang kasar dan biasanya berwarna kusam dan gelap. Warna yang paling sering ditemui pada samson kraft adalah warna coklat.

Tekstur samson kraft juga tergolong kasar seperti pasir. Tetapi justru kesan tersebut membuat undangan Anda menjadi sederhana dan klasik. Elegan juga bisa ditonjolkan dengan undangan yang polos dan menarik.

Oleh karena itu, penggunaan samson kraft pada undangan sebaiknya tidak diberi warna yang meriah atau kontras. Hal ini dilakukan agar kesan original dan klasik dari samson kraft tidak hilang saat dibuat menjadi undangan.

8. Kertas Linen

 

jenis kertas linen

Kertas linen merupakan kertas yang juga memiliki tekstur berupa garis-garis yang tipis. Garis tersebut juga bisa dikatakan timbul sehingga menimbulkan tekstur yang kasar saat dipegang. Untuk ketebalannya, kertas ini cenderung tebal dengan gramasi sekitar 150 gr hingga 230 gr.

Karena berkarakter kuat, maka kertas linen dapat digunakan untuk berbagai keperluan yaitu undangan, kartu nama, cover makalah, dan sebagainya. Dengan warna yang menarik pula membuat kertas linen bisa dipilih sesuai selera. Penggunaanya yang fleksibel juga membuat kertas ini bisa digunakan secara manual maupun dicetak digital menggunakan bantuan alat serta mesin. 

9. Kertas Aster

kertas aster untuk undangan

Asher adalah kertas yang permukaan serta teksturnya terbilang cukup halus. Hal ini membuat kertas aster cocok menjadi undangan yang bisa dibilang eksklusif. Tampilan yang elegan tentu akan menjadikan undangan terlihat menarik.

Oleh karena itu, harga kertas aster memang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kertas lainnya. Tetapi hal ini jelas sebanding dengan kualitas terbaik yang ditawarkan. Maka tak heran jika kertas aster menjadi alternatif bagi mereka yang ingin membuat undangan dengan kesan eksklusif dan mewah.

10.  Kertas Jasmine

kertas jasmine

Kertas jasmine memiliki corak yang cukup berbeda dari lainnya karena memiliki tampilan yang berkilau. Kilau cantik pada kertas muncul karena adanya glitter pada permukaan kertas jasmine. 

Selain kilau cantik seperti kristal, kertas jasmine juga halus saat disentuh. Sama seperti kertas aster, kertas jasmine juga termasuk dalam kertas yang bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada undangan.

Walaupun begitu, harganya termasuk murah dibandingkan kesan mewah yang dibandingkan kertas ini. Namun, kertas ini cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering. Kertas jasmine juga tidak mudah menyerap tinta, sehingga dibutuhkan teknik cetak deboss maupun emboss untuk membuat undangan dari kertas ini.

Mencetak Kertas Undangan Dengan Mudah Dan Presisi

Berbagai jenis kertas undangan yang bisa Anda pilih, membuat Anda bisa menentukan kertas yang diinginkan sesuai dengan kepentingan. Setelah menentukan jenis kertas, maka Anda bisa memulai menyusun isi undangan kemudian mencetaknya.

Mencetak kertas undangan dengan mudah dan presisi dapat Anda lakukan dengan bantuan Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 4060. Dengan menggunakan mesin ini, Anda bisa memotong bentuk undangan secara otomatis tanpa membuat pisau pola pond terlebih dulu dan hanya perlu menyiapkan desain undangan dalam software dari mesin tersebut.

Dilengkapi pula dengan vacum system, maka media seperti kertas bisa dipotong dengan mudah karena posisinya stabil dan tak mudah bergeser. Selain untuk memotong kertas undangan, Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 4060 juga cocok untuk memotong sticker, cover buku hingga kotak kemasan.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik Cetak Rotogravure: Andalan Produsen Besar - Maxipro.co.id