cara membuat cover buku dengan corel draw

Cara membuat cover buku termasuk bagian penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mencetak sebuah buku. Hal ini dikarenakan cover buku sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membaca buku tersebut. Baik dalam konteks buku sebagai produk penjualan maupun buku lainnya seperti makalah tugas dan skripsi.

Menjadi bagian pertama yang akan dilihat pembaca dan pembeli, cover buku wajib terlihat menarik. Selain itu, cover buku juga menjadi jendela bagi isi keseluruhan buku. Jika dari cover buku saja sudah tak terlalu menarik, maka pemikiran pembaca dan pembeli ialah kemungkinan besar isi buku tersebut juga membosankan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa menciptakan ibuku yang menarik dan memuat dengan baik atas keseluruhan isi buku. Cover buku yang bagus, rapi serta eye catching akan membuat seseorang penasaran dan ingin untuk membacanya, juga mampu meningkatkan nilai jual.

Pengertian Cover Buku

Cara Membuat Cover Photobook K-pop

Cover atau yang juga dikenal sebagai sampul buku memiliki pengertian bagian paling depan dari sebuah buku dan bertugas melindungi lembaran-lembaran buku yang terikat menjadi satu. Selain untuk melindungi halaman isi buku, cover juga menjadi pengikat dari lembaran isi tersebut.

Dalam cover buku, dituliskan mengenai judul buku, nama penulis, penerbit serta beberapa hal lainnya mengenai buku. Pada bagian cover depan adalah identitas singkat mengenai buku, sedangkan di bagian cover belakang bisa berisi sinopsis atau informasi lainnya.

Pembuatan Cover Buku

Untuk membuat cover buku, anda bisa membuatnya secara manual terutama untuk penggunaan personal. Namun jika untuk penjualan dan kebutuhan penting seperti makalah tugas sekolah dan skripsi, tentu harus dibuat sebagus dan serapi mungkin.

Menyatukan Isi buku dengan hardcover

Membuat cover buku sendiri bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan software seperti Microsoft Word, Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop hingga website desain online semacam Canva.

Membuat Desain Cover Buku dengan Microsoft Word

cara membuat cover page microsoft word

Cara membuat cover buku dengan Microsoft Word terbagi menjadi 2, yakni dengan menggunakan Cover Page dan manual.

a. Memanfaatkan Cover Page

    1. Buka software Microsoft Word di perangkat komputer atau laptop.
    2. Buka halaman baru atau blank document, bisa dengan Ctrl + N.
    3. Pilih menu Insert > Cover Page.
    4. Tersedia berbagai contoh cover page buku yang bisa dipilih.
    5. Jika sudah menentukan pilihan, Anda bisa menambahkan menambahkan tulisan dan gambar yang diinginkan.
    6. Anda juga bisa memindahkan posisi beberapa bagian sesuai keinginan serta mengganti warna default dari desain.
    7. Setelah selesai, simpan dokumen dengan Ctrl + S atau File > Save.

b. Menggunakan Cara Manual

Cara kedua adalah dengan membuat halaman word baru lalu membaginya menjadi 2 kolom. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

    1. Buka software Microsoft Word di perangkat komputer atau laptop.
    2. Buka halaman baru atau blank document, bisa dengan Ctrl + N.
    3. Sebagai contoh Anda bisa mengatur ukuran kertas menjadi A3 dengan mengklik menu Page Layout > Size.
    4. Jadikan lembar halaman menjadi 2 bagian atau kolom dengan mengklik Layout > Page Setup > Columns. Dan buat kolom lebih dari 2 dikarenakan ada tambahan garis antar halaman.
    5. Klik Presets Two > ceklis Line between > Ok.
    6. Tekan Enter hingga garis tengah muncul di halaman. Garis tengah tersebut adalah tanda pinggir cover buku.
    7. Setelah muncul garis tengah, tambahkan kotak sebagai simbol punggung buku dengan menggunakan menu Insert > Shapes.
    8. Sesuaikan desain halaman cover bagian depan dan belakang sesuai keinginan Anda. Tambahkan teks dan gambar lainnya untuk mempercantik cover buku.

Membuat Desain Cover Buku Dengan Corel Draw

Cara Membuat Desain Cover dengan Corel Draw

Sebagai software yang sering digunakan untuk menggambar dan membuat desain karya, Corel Draw dapat menjadi pilihan untuk membuat cover buku yang menarik. Cara yang bisa Anda ikuti ialah sebagai berikut:

    1. Buka software Corel Draw dan pilih ukuran kertas A3. Rotasikan lembar kerja menjadi posisi landscape.
    2. Buat dan tarik garis yang ada di samping kanan dan kiri hingga halaman terbagi menjadi 2 bagian, untuk cover buku depan serta belakang.
    3. Pilih menu Text, lalu tuliskan judul dan keterangan lainnya mengenai cover buku. Anda juga bisa berkreasi dengan warna dan efeknya.
    4. Untuk menyisipkan gambar, Anda bisa langsung menggunakan fitur Copy dan Paste seperti biasa.
    5. Atur gambar dan tulisan sesuai selera. Lalu simpan desain. 

Membuat Desain Cover Buku dengan Adobe Illustrator

cara membuat desain cover buku dengan adobe illustrator

Adobe Illustrator merupakan software untuk membuat gambar serta editor grafis dan vektor. Maka tak heran jika program ini juga digunakan untuk membuat cover buku. Adapun cara membuat cover buku dengan software ini yaitu:

    1. Buka software Adobe Illustrator dan pilih New Document.
    2. Klik menu Orientation > Landscape. Atur lebar dan panjang cover buku yang akan dibuat.
    3. Setelah mengatur lebar dan panjang area kerja, tambahkan teks dan gambar sesuai keinginan. Penambahan gambar atau foto dapat menggunakan perintah Copy + Paste seperti biasa.
    4. Buat desain cover buku sesuai keinginan. 
    5. Untuk menyimpan file, pilih File > Save as > Illustrator EPS (.EPS) untuk menghasilkan kualitas terbaik saat cover buku dicetak.

Membuat Desain Cover Buku dengan Adobe Photoshop

cara membuat desain cover buku adobe photoshop

Software dari Adobe lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat cover buku adalah Adobe Photoshop. Dan langkah membuat sampul buku menggunakan program ini adalah:

    1. Buka Adobe Photoshop dan tekan Ctrl+N atau File > New. Detail pengaturan selanjutnya adalah menentukan panjang dan lebar area kerja, atur sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan resolusi 300 pixels/centimeter serta warna CMYK untuk menghasilkan cover buku cetak yang jelas dan halus.
    2. Setelahnya, buat desain untuk punggung cover buku. Pilih Rectangle Tool di toolbox bagian kiri > Create Rectangle > ketik ukuran yang diinginkan. Untuk mengganti warna kotak, pilih Stroke dan ubah menjadi warna lainnya.
    3. Kotak yang sudah jadi, bisa ditarik menggunakan perintah Ctrl + T (Free Transform) dan geser ke atas, bawah dan samping agar bisa menjadi sesuai keinginan.
    4. Desain yang sudah jadi dapat segera diisi dengan gambar dan tulisan. . Anda bisa menggunakan perintah Copy dan Paste seperti umumnya. Sedangkan untuk menambah teks, gunakan Type Tool (T).
    5. Simpan desain dengan format .psd (Photoshop Design) agar bisa dicetak dengan hasil yang maksimal.

Membuat Desain Cover Buku Menggunakan Canva

cara membuat cover book dengan canva

Selain dari software yang di-install di perangkat komputer, Anda juga bisa membuat cover buku menggunakan situs desain online, seperti Canva. Berikut adalah langkah pembuatan sampul buku dengan Canva:

    1. Pastikan perangkat gadget sudah terhubung dengan internet.
    2. Buka browser dan kunjungi situs Canva.
    3. Lakukan sign up untuk membuat akun Canva dikarenakan untuk membuat desain maka Anda harus memiliki akun terlebih dulu. Sedangkan menu Login adalah untuk masuk ke akun yang sudah dimiliki.
    4. Pilih desain Sampul Kindle dan jelajahi template desain yang sudah tersedia hingga menemukan desain yang sesuai dengan selera Anda.
    5. Edit ukuran dan jenis font, filter, gambar hingga penyesuaian perubahan lainnya.
    6. Simpan desain dengan format .png untuk kualitas yang bagus.
    7. Download untuk menyimpannya ke dalam perangkat gadget Anda.

Membuat Sampul Buku Hardcover Cantik Yang Menarik

Cara Mudah Membuat Hardcover Cantik dengan Mesin

Untuk membuat cover buku, Anda bisa memilih beberapa cara yang sudah Maxipro jelaskan di atas. Agar buku semakin dilirik oleh pembeli dan pembaca, maka Anda juga bisa membuat cover buku hardcover cantik yang menarik.

Dengan hardcover, buku akan lebih awet, tahan lama serta terlihat kokoh dan mewah. Tentunya, buku dengan sampul hardcover memiliki nilai plus serta dianggap lebih eksklusif dibanding softcover.

Dan salah satu mesin yang bisa Maxipro rekomendasikan untuk menunjang usaha pembuatan hardcover adalah Mesin Hardcover Maker Press Dan Fold. Mesin ini dilengkapi dengan anlig sehingga pemasangan yellow atau grey board bisa rapi dan presisi. 

Mesin Hardcover Maker Press Dan Fold juga sangat mudah untuk digunakan sehingga siapapun bisa mengoperasikannya dengan maksimal.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik Cetak Rotogravure: Andalan Produsen Besar - Maxipro.co.id