Cara Membuat Plakat akrilik

Cara membuat plakat akrilik berikut bisa kalian ikuti untuk mendapatkan hasil yang bagus, unik, dan profesional. Usaha pembuatan plakat memang tak akan lekang oleh waktu. Setiap kegiatan atau acara selalu membutuhkan plakat sebagai tanda kenang-kenangan. Karena itulah kebutuhan masyarakat terhadap plakat terbilang cukup tinggi.

Karena tingginya permintaan terhadap plakat atau piala membuat persaingan usaha pembuatan plakat tidaklah mudah. Apalagi pada era sekarang persaingan dalam bisnis adalah hal yang wajar adanya. Tetapi dengan kreativitas dan kejelian, maka kalian akan tetap bisa bertahan dan akan memenangi kompetisi bisnis plakat ini.

Cara Mudah Membuat Plakat Akrilik

Kalian sudah sedikit tau kan tentang bisnis yang satu ini, oke sekarang gimana kalau kita coba membuatnya dengan menggunakan Mesin Laser Cutting Telson 1390. Langsung saja Maxipro ulas langkah cara membuat plakat dari bahan akrilik berikut ini :

Tonton juga video dari channel youtube Maxipro Indonesia berikut ini!

Alat dan Bahan

Bahan akrilik untuk membuat plakat

Dalam proses pembuatan plakat akrilik disini kita membutuhkan  dan perlu menyiapkan alat dan bahan berikut

  1. Bahan akrilik lembaran dengan ketebalan 1 cm,
  2. Komputer atau laptop,
  3. Mesin Laser Cutting Telson 1390,
  4. Flashdisk,
  5. dan lem akrilik.

Langkah-langkah Membuat Plakat Akrilik

Setelah kalian menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan, ikuti panduan cara membuat akrilik berikut untuk mendapatkan hasil yang rapi layaknya profesional.

  1. Setelah alat dan bahan siap, selanjutnya nih jangan lupa untuk membuat desain plakatnya sesuai dengan kebutuhan kalian ya Maxivers, nah soal software disini aku menggunakan corel draw. Kalau untuk software nya disini sesuaikan kemampuan kalian ya yang penting support dengan mesin laser cutting-nya.
  2. Setelah kalian buat nih desainnya kalian bisa untuk menyimpannya (save) dengan menggunakan format file DXF, BPM, GIF, JPG, PCX, TGA, TIFF, PLT, CDR, DWG. pilih sesuai kebutuhan ya.
  3. Jika desainnya sudah dibuat kalian bisa nih untuk membuka software tambahan yang digunakan untuk mengoperasikan Mesin Laser Cutting Telson 1390 ini yaitu RDWorks.
    Import file desain ke RDWorks
  1. Kemudian import file desain yang kalian buat tadi ya Maxivers
    Tampilan software RDWorks untuk membuat plakat akrilik
  1. Jika sudah selesai import, kalian bisa memilih mana desain plakat yang ingin kalian gunakan.
  2. Kalian juga bisa setting bagian desain mana yang ingin kalian grafir dan cutting dengan memberikan warna yang berbeda.
  3. Ketika ingin cutting, klik bagian garis/layer yang rubah warnanya sesuai keinginan, kemudian klik dua kali (double click) pada work table di sebelah kanan untuk memunculkan pengaturan layer parameter.double click untuk memunculkan layer parameter di RD works
  4. Kemudian pada pilihan processing mode pilih “cut“.
  5. Sedangkan ketikan ingin grafir, bedakan warna garis dengan garis cutting untuk memudahkan, kemudian atur processing mode menjadi “scan“.
  6. Kamu juga bisa mengatur speed dan power-nya ya maxivers, kalian atur sesuai dengan kebutuhan kalian yaa.Atur speed dan power mesin laser cutting di RDWorks
  7. Karena kita coba menggunakan flashdisk jadi kita perlu menyimpannya nih maxivers dengan format file .rd
  8. Jika sudah tersimpan colokkan flashdisk ke port u-disk di mesin lasernya ya maxivers. Port koneksi dan tombol power Mesin Laser Cutting Sticker Telson 1390
  1. Setelah itu kita tekan tombol file dan pilih file desain dari u-disk yang ingin kita gunakan.Tekan tombol file untuk membuka desain yang ingin di cutting dan grafir
  1. Setelah menemukan file yang mau kalian grafir dan cutting, kemudian tekan enter untuk membukanya.Tekan tombol enter untuk membuka file di mesin laser cutting 1390
  1. Jika sudah selesai proses pengaturannya sekarang kita taruh nih bahan akriliknya diatas meja kerja dan kita atur posisi head lasernya. Tapi jangan lupa ya maxivers sebelum menaruh bahan akrilik nya pastikan lapisan akriliknya sudah kalian lepas ya maxivers. Meletakkan akrilik di mesin laser cutting telson 1390
  1. Setelah posisi akrilik sudah siap dan mesin sudah standby kalian bisa klik origin dan frame untuk menempatkan laser pada area kerja.
  2. Setelah area framing sudah selesai baru kita bisa tekan tombol start dan mulai untuk proses grafir dan cutting-nya.
  3. Kedua proses ini hanya membutuhkan sekitar waktu 10 – 15 menit ya maxivers.
  4. Jika proses nya sudah selesai kita bisa ambil akriliknya ya maxivers. Pastikan hati-hati ya maxivers.
  5. Nah karena akriliknya disini masih terlihat kotor karena debu saat grafir tadi kita bisa bersihkan menggunakan lap bersih atau tisu ya maxivers.
  6. Setelah bersih kita satukan plakat dengan tatakannya menggunakan lem akrilik. Tatakan plakat ini bisa kalian bikin sendiri dari akrilik atau membeli tatakan dari kayu atau plastik secara offline/online.
  7. Dan untuk hasil jadi keseluruhannya seperti ini ya Maxivers. Sangat bagus kan. Contoh kerajinan Plakat akrilik

Gimana sekarang, kalian udah tau nih cara prosesnya seperti apa kemudian peluang bisnisnya juga. So gimana nih maxivers udah kepikiran gak nih buat memiliki mesin yang satu ini. Ditambah lagi kalau kalian pakai Mesin Laser Cutting Telson 1390 ini udah mesinnya yang mudah banget, terus hasil akhirnya yang bagus, rapi dan presisi.

Baca Juga : Keunggulan Potong dan Grafir Akrilik dengan Mesin Laser

Keren kan mesinnya, ya pastinya dong dan tenang aja nih maxivers selain bisa cutting di media akrilik Mesin Laser Cutting Telson 1390 bisa juga memotong di media kain, mdf, kayu, triplek, wpc, alvaboard, dan kertas. Selain itu juga Mesin ini juga bisa untuk menggrafir contohnya seperti ini.

Tips Potong dan Grafir Akrilik dengan Mesin Laser

Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Laser Cutting Engraving

Mesin Laser Cutting Telson 1390 (Double Head)

Grafir atau potong akrilik dengan mesin laser biasanya sangat mudah dilakukan dan hasilnya rata juga presisi. Namun, terkadang kalian mungkin mendapatkan beberapa masalah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kalian memotong akrilik seperti seorang profesional.

1. Pilih jenis akrilik terbaik untuk cutting dan grafir

Apa jenis akrilik yang direkomendasikan? Sebab memilih jenis akrilik yang cocok akan membantu kalian mendapatkan hasil yang memuaskan.

Terdapat 2 jenis akrilik akrilik, yaitu akrilik cor dan akrilik ekstrusi. Akrilik cor, bahannya sangat bagus untuk mendapatkan hasil grafir berwarna doff putih. Sedangkan akrilik ekstrusi harganya lebih murah sehingga dapat menghemat cost produksi pembuatan huruf timbul dan kerajinan berukuran besar.

Baca Juga : Mengenal Jenis, Pengertian, dan Karakteristik Akrilik

2. Sesuaikan layout desain untuk hasil terbaik

Kalian dapat memotong atau grafir akrilik dari bagian depan atau belakang. Perlu diingat untuk membalik layout desain ketika grafir dari bagian belakang. Hasil grafir dari belakang akan memiliki dimensi yang terlihat lebih baik.

3. Buatlah tonjolan kecil

Jika Anda perlu merakit bagian yang berbeda, buatlah simpul atau tonjolan untuk mengunci bagian satu dengan yang lain. Simpul ini bisa berupa tonjolan kecil untuk mencegah terlepas nya sambungan akrilik. Pertimbangkanuntuk menggunakannya pada karya kalian. Simpul ini bisa sangat berguna dan bermanfaat selama proses perakitan.

4. Gunakan sistem air-asisst

Air-assist atau hembusan udara tersedia sebagai fitur dasar atau sebagai opsi pada sebagian besar mesin laser cutting. Sistem ini akan meniupkan aliran udara terkompresi yang stabil ke seluruh permukaan pemotongan, yang membantu mencegah bahan terbakar, hangus, dan menjadi sangat panas.

5. Gunakan power laser sesuai ketebalan akrilik

Daya laser yang dibutuhkan untuk memotong akrilik tergantung pada ketebalan lembaran akrilik dan produktivitas yang diinginkan. Untuk metode kerja yang produktif, kami merekomendasikan daya laser 60 watt atau lebih.

Aturan praktisnya adalah: daya laser 10 watt per ketebalan lembaran 1 mm untuk kualitas pemotongan yang tinggi (hingga ketebalan 20-25 mm)

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan