Kenali Lebih Baik Tentang Sticker Vinyl, Penjelasan Detail & Lengkap - maxipro.co.id

Kenali Lebih Baik Tentang Sticker Vinyl, Penjelasan Detail & Lengkap - maxipro.co.id

Sticker vinyl sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda dapat dengan mudah menemukan sticker ini dimanapun dalam bentuk label, hiasan dinding, kaca dan lantai. Bahkan sticker jenis vinyl juga bisa digunakan untuk mempercantik furniture dan kendaraan.

Bahan vinyl pada sticker juga mempermudah kostumisasi pada desain dan warna. Anda dapat dengan mudah berkreasi atas konsep sticker hingga pewarnaannya. Desain yang rumit sekalipun akan mudah dibuat menggunakan vinyl.

Dimana sangat cocok digunakan untuk keperluan indoor dan outdoor. Anda juga bisa memproduksi sticker dalam jumlah banyak untuk keperluan produksi skala kecil maupun besar. Sebagai contohnya, Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF sangat bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan produksi stiker vinyl.

Apa Itu Sticker Vinyl?

Sticker vinyl merupakan sticker yang berbahan dasar vinyl yang biasanya berwarna putih dengan tampilan yang glossy atau doff. Bahan vinyl adalah bahan yang terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) dan memiliki sifat yang elastis serta tahan lama.

Jenis sticker ini memang sangat populer di kalangan masyarakat. Beberapa alasannya adalah harga yang murah, material yang awet untuk penggunaan jangka panjang serta tahan air. 

Tampilan pun tidak terlihat murahan, karena permukaannya berkilau dan bertekstur halus sehingga menciptakan kesan elegan dan mewah. Selain itu, dengan ketebalan sekitar 80 hingga 100 mic, membuat sticker ini kuat dan tak mudah robek.

Tak hanya tebal, stiker vinyl juga mempunyai tekstur yang lentur dan fleksibel. Oleh karenanya, penggunaan sticker ini juga sering dipakai untuk keperluan indoor dan outdoor.

Jenis-jenis Sticker Vinyl

vinyl cast untuk wrapping body mobil

Sticker Vinyl Cast

Sticker vinyl adalah jenis sticker yang bagian face material nya terbuat dari plastik vinyl. Memiliki karakteristik lentur, tahan air, tidak mudah sobek, dan cocok untuk aplikasi luar ruangan. Berdasarkan ketebalan dan kelenturan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

a. Sticker Vinyl Monomeric

Sticker vinyl monomeric paling banyak digunakan untuk aplikasi pada neon box dan papan nama. Harga murah, tebal, dan kaku menjadi alasan utama banyak pengusaha advertising memilihnya. Secara teknis mempunyai ketebalan 100-104 mikron.

Karena sifatnya yang kurang lentur dan kaku, stiker ini cocok ditempel pada media dengan permukaan datar. Sehingga kurang cocok diaplikasikan untuk wrapping motor atau mobil, terutama pada bagian yang memiliki banyak lekukan.

Kelebihan

  • Ideal untuk aplikasi standar dan datar.
  • Umur pemakaian pendek sampai sedang, sudah cukup untuk sebagian besar penggunaan.
  • Harga lebih murah.

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk permukaan yang tidak rata.
  • Dapat mengalami penyusutan.

b. Sticker Vinyl Polimeric

Karakteristik sticker vinyl polimeric berada ditengah-tengah. Lebih mahal dan lebih tipis dibanding jenis monomeric. Secara teknis mempunyai ketebalan 50-80 mikron.

Kelebihan

  • Umur pemakaian lebih lama.
  • Lebih sedikit penyusutan.
  • Ideal untuk aplikasi datar dan sedikit melengkung.

Kekurangan

  •  Bisa lebih mahal dibandingkan dengan monomer.

c. Sticker Vinyl Cast

Karakteristik sticker vinyl cast adalah yang paling tipis dan sangat lentur dibanding kedua jenis lainnya. Namun harganya yang sangat mahal, sehingga hanya digunakan secara eksklusif pada jenis mobil dan motor mewah. Sticker jenis ini mempunyai ketebalan 30-50 mikron.

Kelebihan

  • Umur pemakaian jauh lebih lama.
  • Tidak akan muncul kembali dari lekukan yang paling dalam sekalipun.
  • Lembut, fleksibel dan tipis.

Kekurangan

  • Harga yang jauh lebih mahal, tetapi jika daya tahan dan kesesuaian tinggi adalah yang Anda butuhkan, maka vinyl cast adalah pilihan yang ideal.

Ciri-ciri Sticker Vinyl

sticker vinyl metalize perak silverl

Sticker vinyl memang memiliki penampilan yang tak jauh berbeda dengan sticker pada umumnya, namun ada beberapa ciri khusus yang bisa membedakan sticker tersebut dengan jenis lainnya. Adapun ciri-cirinya ialah sebagai berikut:

  • Mempunyai tampilan glossy atau matte;
  • Dapat digunakan untuk desain yang rumit;
  • Cocok untuk penggunaan outdoor, dan;
  • Bisa menampilkan warna solid dan gradasi dengan maksimal.

Kelebihan Sticker Vinyl

Penggunaan sticker vinyl yang digemari oleh masyarakat tentunya memiliki berbagai kelebihan yang menarik. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki:

  • Hasil desain dan warna sangat tajam, hampir sama dengan foto cetak;
  • Tidak mudah luntur;
  • Tahan dari kotoran, debu hingga air;
  • Awet sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama;
  • Merekat kuat pada media yang ditempeli;
  • Harganya murah, dan;
  • Mudah ditemukan di pasaran.

Kekurangan Sticker Vinyl

Seperti dua mata koin, stiker vinyl juga memiliki kelemahan. Dengan adanya kelemahan tersebut, Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan untuk memilih jenis sticker ini atau tidak. Kekurangannya dibandingkan jenis sticker lainnya yakni:

  • Kualitas tinta atau alat pemberi warna lainnya sangat mempengaruhi hasil akhir sticker;
  • Jika menggunakan printer, kualitas hasil cetak akan sangat berpengaruh pada ketajaman desain, baik itu kejelasan pola maupun warna yang dihasilkan;
  • Hasil terbaik membutuhkan file dengan resolusi tinggi.

Metode Perekatan Pada Sticker Vinyl

perekatan sticker vinyl

Sticker vinyl mampu merekat kuat pada media yang telah ditempeli. Namun ternyata perekatan pada sticker tersebut terbagi menjadi 2 macam, antara lain:

1. Heat Transfer Vinyl (HTV) 

Perekatan Heat Transfer Vinyl (HTV) adalah perekatan yang dilakukan dengan bantuan transfer paper. Anda membutuhkan bantuan tenaga panas dan kemudian menyalurkannya pada permukaan media yang inginkan menggunakan transfer paper.

Metode HTV ini mudah ditemui pada kegiatan sablon dan biasanya digunakan untuk kebutuhan sablon kaos yang dibantu dengan mesin digital. Oleh karena itu, HTV sangat cocok untuk media garmen seperti kaos karena mampu menempel dengan sempurna pada permukaan yang tidak rata sekalipun dan anti lecek.

2. Adhesive Vinyl

Perekatan adhesive vinyl merupakan jenis perekatan yang paling umum di dunia digital printing terutama untuk pembuatan sticker. Sesuai namanya, adhesive atau perekat berupa kertas yang sudah memiliki lapisan lem tersebut hanya perlu dikelupas sebelum digunakan untuk menempelkan sticker ke media lain.

Jenis adhesive vinyl ini memiliki 2 tipe lapisan yang memiliki tampilan berbeda, yaitu:

  • Lapisan berwarna bening atau transparan, dan;
  • Lapisan dengan warna dasar putih.

Berbeda dengan HTV, adhesive vinyl justru lebih disarankan untuk ditempelkan pada media yang memiliki permukaan rata dan keras. Sebagai contoh adalah dinding, lantai hingga furniture dari kayu atau plastik.

Tinta untuk Cetak Sticker Vinyl

Tinta Eco Solvent

Tinta Eco Solvent

Tinta yang digunakan untuk mencetak pun beragam, yang mana Anda memiliki banyak alternatif yang bisa dipilih sebelum membuat sticker. Beberapa tinta tersebut memiliki karakteristik masing-masing sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

  • Solvent adalah tinta yang cocok digunakan untuk penggunaan outdoor. Dengan penggunaan font besar (lebih dari 15 pt), maka desain Anda akan bisa terbaca dengan jelas.
  • Eco Solvent merupakan tinta yang biasa dipakai untuk kebutuhan indoor. Jenis sticker ini termasuk ramah lingkungan karena mudah untuk dilepas dan tak meninggalkan bekas.
  • Latex ialah tinta yang tidak memiliki bau zat kimia. Jenis tinta ini juga fleksibel untuk penggunaan pada sticker untuk kebutuhan indoor maupun outdoor.
  • Tinta UV adalah tinta yang tahan terhadap sinar matahari. Dilengkapi pula dengan lapisan anti gores, membuat sticker ini sangat sesuai untuk kebutuhan outdoor. Untuk hasil cetak sticker ini, cenderung tampak lebih matte.

Cara Mencetak Sticker Vinyl

Dalam mencetak sticker, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni berupa cara manual maupun dengan bantuan mesin. Hal ini juga sama kaitannya dengan sticker vinyl, Anda bisa menggunakan cara manual, cutting dengan mesin hingga heat transfer untuk menghasilkan jenis sticker HTV.

a. Cetak/Print Sticker

cetak print sticker

Cara manual adalah proses pencetakan sticker vinyl secara biasa tanpa menambahkan proses cutting. Hasil sticker yang berupa lembaran, bisa Anda potong sendiri sesuai keinginan.

Meskipun tidak serapi pemotongan dengan teknik cutting dari mesin, Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus jika berhati-hati. Cara cetak ini sangat cocok untuk keperluan personal yang tak membutuhkan banyak hasil sticker.

b. Cutting Sticker

cutting sticker vinyl manual

Cutting sticker adalah metode membuat sticker dengan cara memotong berbagai warna sticker untuk disatukan membentuk sebuah desain. Secara umum dibuat menggunakan jenis sticker vinyl. Proses pemotongan bisa dilakukan secara manual dengan pisau atau otomatis memakai mesin cutting.

Memotong menggunakan mesin, hasilnya tentu akan lebih hapi, presisi dan mempunyai nilai jual tinggi. Cara pemotongannya pun terbagi menjadi 2 jenis lagi, yakni kiss cut dan die cut.

Jenis sticker kiss cut adalah sticker yang sudah terpotong sesuai desainnya namun hanya sampai di lapisan adhesive dan masih berupa lembaran besar. Anda perlu mengelupas sticker satu per satu sebelum menempelkannya.

Sedangkan untuk sticker die cut adalah jenis sticker yang sudah terpotong sebagaimana polanya dengan utuh hingga ke lapisan perekat. Anda bisa membagikan sticker die cut pada orang lain dengan mudah, terutama untuk sarana promosi dan kegiatan penjualan.

c. Heat Transfer Untuk HTV

heat transfer vinyl

Berbeda dengan cara mencetak lainnya, heat transfer menghasilkan sticker jenis HTV yang desainnya terbalik atau disebut dengan istilah mirror. Setelah dikelupas, nantinya sticker HTV bisa ditempelkan di media yang diinginkan.

Sticker HTV biasanya digunakan untuk kebutuhan sablon pada kain seperti kaos. Kaos yang sudah ditempeli sticker ini harus dilapisi dengan transfer paper dan setelahnya dipress menggunakan mesin mesin heat press atau digosok dengan setrika. Hasilnya, sticker HTV akan menempel sempurna pada kaos.

Potong Sticker Vinyl Dengan Mesin Label Cutting Terbaik

Penggunaan sticker vinyl yang sangat beragam membuat Anda bisa mempertimbangkan peluang usaha tersebut. Sebagai bahan sticker yang paling umum digunakan pula, membuat Anda tidak akan kesusahan untuk mencari bahan sticker serta mesin yang dibutuhkan.

Untuk memastikan usaha sticker Anda sukses, sebaiknya Anda melakukan produksi sticker vinyl dengan mesin label cutting terbaik yaitu Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF. Mesin ini tentu sangat user friendly sehingga mudah untuk dioperasionalkan.

Dengan kerja mesin yang cepat, Anda bisa memproduksi sticker dalam jumlah banyak sehingga cocok untuk heavy duty. Selain itu, pengerjaan dengan tingkat presisi tinggi juga memastikan hasilnya bisa maksimal dan minim akan kesalahan.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

9 Alasan Kenapa Merchandise Penting Bagi Bisnismu - Maxipro.co.id