Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - Maxipro

Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - MaxiproHingga saat ini, jilid lem panas masih menjadi salah satu metode jilid yang paling bisa diandalkan. Dari segi estetika, jilid lem panas terlihat lebih berkelas. Daya tahannya tinggi serta tidak mudah terlepas. Namun tentu saja, daya rekat seperti ini hanya bisa diperoleh berkat peran lem jilid buku yang digunakan.

Saat memilih lem panas untuk jilid buku, sedikitnya ada dua jenis lem yang paling sering direkomendasikan. Kedua lem tersebut adalah lem EVA dan lem PUR. Secara kualitas dan daya rekat, bisa dibilang keduanya mirip. Itulah kenapa memilih lem panas untuk jilid buku bisa cukup memusingkan, khususnya bagi para pelaku bisnis percetakan.

Apa Itu Lem EVA dan Lem PUR

Penggunaan lem EVA dan lem PUR pada dasarnya cukup sering dijumpai dalam industri percetakan. Saat mencari lem untuk jilid buku tebal, kedua lem tersebut kerap direkomendasikan. Namun untuk tujuan efisiensi dan efektivitas pekerjaan, tentu Anda tidak bisa membeli semua lem panas untuk jilid buku. Lantas apa itu lem EVA dan lem PUR?

Lem EVA

Lem jilid buku yang satu ini cukup sering digunakan di bisnis-bisnis percetakan. Nama lem EVA sendiri sebenarnya merujuk pada bahan dasar yang digunakan, yakni ethylene vinyl acetate. Secara kasat mata, lem jilid buku yang satu ini terlihat seperti pasta berwarna putih.

Setiap jenis lem jilid buku biasanya memiliki komposisi yang berbeda. Komposisi inilah yang menentukan karakteristik lem tersebut. Hal ini juga berlaku pada lem EVA.

Komposisi lem EVA terdiri dari 10-40% vinyl acetate dan ethylene untuk sisanya. Perbedaan kandungan vinyl acetate ini nantinya menentukan fungsi dan pemanfaatan dari lem EVA itu sendiri. Itulah kenapa sebelum memilih lem untuk jilid buku tebal ada kalanya Anda juga perlu memperhatikan kandungannya terlebih dahulu.

Lem PUR

Selain lem EVA, lem PUR juga kerap digunakan sebagai lem untuk jilid buku tebal. Hanya saja kalau lem EVA digunakan dengan metode perfect binding, lem PUR digunakan untuk jilid lem panas dengan metode PUR binding.

Lem PUR tergolong sebagai lem polyurethane dan masih cukup baru. Lem ini bisa mengikat buku dengan kuat saat dipanaskan. Karena daya rekatnya yang kuat, lem PUR banyak digunakan dalam industri percetakan sebagai salah satu lem jilid buku andalan.

Lem EVA VS Lem PUR, Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - Maxipro

Bagi pelaku bisnis percetakan, memilih lem panas untuk jilid buku terkadang bisa cukup tricky. Kualitas memang harus menjadi pertimbangan utama. Namun saat dihadapkan pada pilihan yang sama baiknya, memilih akan menjadi jauh lebih sulit. Untuk membantu menemukan pilihan terbaik, berikut kelebihan dan kekurangan dari dua kandidat terbaik lem panas untuk jilid buku, lem EVA dan lem PUR.

Lem EVA

Kelebihan:

  1. Beberapa jenis lem EVA cenderung lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti formalin, timbal, merkuri, dan bahan-bahan berbahaya lainnya
  2. Memiliki daya rekat yang cukup tinggi dan tahan lama
  3. Tidak meninggalkan lapisan lem yang menonjol
  4. Dibandingkan dengan lem untuk jilid buku tebal yang lain, harga lem EVA relatif lebih terjangkau

Kekurangan:

  1. Tidak tahan terhadap suhu tinggi atau suhu rendah. Rentang suhu yang dapat ditangani lem EVA adalah -5 sampai 80 derajat Celcius

Lem PUR

Kelebihan:

  1. Memiliki daya rekat yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan lem EVA
  2. Tidak menyebabkan lapisan menonjol pada permukaan kertas
  3. Tahan terhadap suhu rendah maupun tinggi dengan rentang temperatur antara -40 sampai 150 derajat Celcius
  4. Lebih hemat dan tidak butuh banyak lem untuk merekatkan

Kekurangan:

  1. Harga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan lem EVA

Cara Mengaplikasikan Lem EVA dan Lem PUR

Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - Maxipro

Meski sama-sama tergolong sebagai lem untuk jilid buku tebal, cara pengaplikasian lem EVA dan lem PUR sangat berbeda. Hal tersebut tidak terlepas dari karakteristik dan bahan dasar yang digunakan keduanya. Jika lem EVA dapat digunakan tanpa dipanaskan, beda halnya dengan lem PUR yang harus dipanaskan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengaplikasikan lem EVA dan lem PUR.

Cara Mengaplikasikan Lem EVA

Aplikasi lem EVA sebagai lem untuk jilid buku tebal sangat lazim dijumpai. Pengaplikasiannya juga mudah. Berikut tahapan pengaplikasian lem EVA.

  1. Bersihkan kertas atau media yang akan direkatkan. Pastikan media tersebut kering dan bebas dari minyak
  2. Panaskan lem jilid buku dan gunakan alat yang bersih untuk mulai mengaplikasikan lem EVA ke permukaan media yang akan direkatkan. Aplikasikan lem pada bagian yang diinginkan dan pastikan lem tersebar merata
  3. Rekatkan media yang telah diberi lem ke media lain yang diinginkan
  4. Tekan dengan kuat. Gosok permukaan media agar merekat sempurna dan tidak ada bagian yang menonjol
  5. Diamkan selama beberapa waktu agar lem merekat sempurna

Cara Mengaplikasikan Lem PUR

Baik lem EVA maupun lem PUR, keduanya sama-sama tergolong sebagai lem panas untuk jilid buku. Karena itu, pengaplikasiannya sebenarnya tidak berbeda jauh. Namun untuk memberi gambaran yang lebih utuh, berikut cara mengaplikasikan lem untuk jilid buku tebal, khususnya lem PUR.

  1. Bersihkan permukaan media yang akan diaplikasikan lem jilid buku. Sebelum mulai mengaplikasikan lem PUR, pastikan tidak ada kotoran ataupun minyak yang masih menempel
  2. Panaskan lem jilid buku PUR kemudian ratakan pada sisi yang akan direkatkan. Pastikan lem diaplikasikan secara merata
  3. Rekatkan dan tekan kertas yang dijilid. Gosok permukaannya agar kertas merekat lebih sempurna
  4. Buku yang selesai dijilid didiamkan selama beberapa saat. Hal ini dilakukan agar lem kering dengan baik

Penutup

Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - Maxipro

Jika membandingkan antara lem EVA dan lem PUR, dalam beberapa hal lem PUR memang terlihat lebih baik. Dari segi daya rekat dan tingkat kerapian, lem ini bisa menjadi kandidat lem panas untuk jilid buku yang nyaris sempurna. Hanya saja, ada kalanya lem EVA lebih unggul sebagai lem untuk jilid buku tebal. Misalnya saja dalam hal harga dan kemudahan dalam perawatan mesin jilid lem panas.

Mengingat hal tersebut, pilihan kembali kepada Anda. Setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika Anda ingin mengejar kualitas dan siap, lem PUR jelas lebih direkomendasikan.

Jilid lem panas kini bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak perlu lagi menjilid buku dengan cara manual. Dengan mesin jilid lem panas, semua proses rumit dan membutuhkan akurasi tinggi bisa dilakukan dengan mudah mesin yang satu ini.

Tertarik untuk membeli mesin jilid lem panas dan meningkatkan produktivitas? Maxipro punya solusinya. Mesin jilid lem panas Maxipro dirancang dengan penuh perhitungan dan mampu memudahkan segala urusan penjilidan, khususnya jilid perfect binding. Apapun lem panas untuk jilid buku yang digunakan, baik itu lem EVA atau lem PUR, Maxipro siap membantu menemukan mesin jilid terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lem EVA Vs Lem PUR, Mana yang Lebih Baik Untuk Jilid Lem Panas? - Maxipro