Inilah Jenis-jenis Kertas untuk Membuat Papercraft

Inilah Jenis-jenis Kertas untuk Membuat Papercraft - MAxipro.co.id

Jenis kertas untuk papercraft menjadi hal penting untuk diperhatikan sebelum melakukan kegiatan papercraft. Dengan memilih jenis kertas yang paling cocok untuk membuat papercraft yang dibuat akan memiliki hasil yang maksimal.

Kegiatan papercraft memang membutuhkan keterampilan, ketelitian dan kemampuan berimajinasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan untuk membuat papercraft maka diperlukan perencanaan pola dan desain serta proses pembuatannya. Cara membuatnya adalah dengan cara melipat dan menggunting.

Oleh karena itu dengan cara yang tepat, desain yang sesuai serta jenis kertas yang terbaik untuk papercraft dapat menjadi tolak ukur kualitas papercraft itu sendiri. Papercraft yang berkualitas tinggi dan menarik tentu akan memiliki nilai jual serta nilai seni yang tinggi.

Pengertian Papercraft

Papercraft memiliki pengertian berupa karya seni yang dibuat dari kertas dengan membentuk model karakter atau benda tertentu. Hasil yang didapatkan adalah berupa benda multidimensi atau 3D sehingga sering juga disebut patung dari kertas.

Meskipun begitu, papercraft bukanlah origami. Papercraft adalah karya seni yang dikembangkan dari origami. Perbedaannya terletak dimana origami adalah seni melipat kertas yang biasanya dilakukan hanya dengan 1 lembar kertas saja, sementara papercraft dalam pembuatannya membutuhkan lebih dari 1-2 lembar kertas.

Mengenai teknik pembuatan papercraft pun beragam yakni melipat, memotong, menggunting, mengecat, mengelem dan membentuk model karakter. Selain teknik yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu memilih jenis kertas untuk papercraft yang tepat agar hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Jenis Kertas Untuk Papercraft

Cutting Paper Craft Pakai Mesin Digital Flatbed Telson 4060 & Software Dragon Cut Pro -maxipro.co.id 8-56 screenshot

Cutting Paper Craft Pakai Mesin Digital Flatbed Telson 4060

Jenis kertas yang bisa digunakan untuk papercraft pun bervariasi baik dari ketebalan, tekstur, warna hingga gramasi. Oleh karenanya Anda bisa memahami karakter masing-masing kertas sebelum membuat papercraft.

Beberapa contoh jenis kertas untuk papercraft yang sering digunakan oleh masyarakat adalah kertas HVS, origami, art paper, jasmin, cardstock, contraction, WF paper, inject paper, brief card, stardream dan glossy photo paper.

1. HVS

Kertas HVS merupakan jenis kertas yang paling mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. HVS biasa digunakan untuk keperluan menulis, menggambar, mencetak dokumen, fotokopi dan keperluan lainnya.

Didukung dengan harga yang relatif murah, membuat kertas ini terjangkau untuk dibeli. HVS juga tersedia dalam berbagai berat atau gramasi yang biasanya sekitar 70 gsm sampai 100 gsm serta memiliki beragam warna, terutama warna putih.

Jenis kertas HVS juga mudah digunakan untuk membuat papercraft sehingga sangat cocok untuk pemula. Meskipun begitu HVS tidak disarankan untuk membuat papercraft dengan tinggi lebih dari 5 cm karena dikhawatirkan gagal. Hal ini dikarenakan HVS terbilang tipis sehingga dinilai tidak kokoh.

2. Origami

Sebagai seni melipat, origami memang juga memiliki jenis kertasnya sendiri. Kertas origami berbentuk persegi empat atau belah ketupat yang mempunyai tekstur ringan dan halus. Kertas origami umumnya memiliki warna di satu sisi serta putih di sisi lainnya, sedangkan untuk kertas origami putih maka akan berwarna putih di kedua sisinya.

Kertas origami memiliki karakteristik yang ringan, mudah dilipat namun kuat untuk menahan bentuk lipatan serta kaku. Oleh karenanya, kertas origami bisa digunakan sebagai salah satu jenis kertas untuk membuat papercraft.

3. Art Paper

Sesuai dengan namanya, art paper adalah jenis kertas yang dikhususkan untuk melakukan kegiatan seni seperti menggambar dan melukis. Maka dari itu, art paper cocok digunakan untuk membuat papercraft dengan bantuan alat seperti pensil, spidol, cat air serta tinta.

Art paper mempunyai tekstur permukaan yang kasar dan mengkilap. Lebih tebal dari HVS, membuat kertas jenis ini memiliki gramasi sekitar 120 gsm hingga 220 gsm.

Karakteristik kertas ini adalah kokoh, mudah dibentuk serta tebal. Oleh karenanya, art paper sering digunakan untuk membuat papercraft yang tinggi hingga di atas 30 cm.

4. Kertas Jasmine

Kertas jasmine memiliki tampilan mengkilap yang cantik sehingga terkesan mewah dan elegan. Selain dipakai secara manual, kertas ini juga dapat dicetak menggunakan inkjet printer.

Mempunyai gramasi sekitar 120 gsm hingga 175 gsm, kertas jasmine sangat tebal saat digunakan untuk membuat papercraft sehingga cocok untuk model dan desain yang tingginya melebihi 30 cm. Ketebalan dan tampilan kertas yang menarik membuat kertas jasmine berharga lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

5. Kertas Cardstock

Cardstock adalah jenis kertas yang mempunyai permukaan tipis dan halus serta memilik gurat berupa garis tipis. Jenis kertas ini tergolong luwes sehingga cukup mudah dibentuk.

Karena memiliki tekstur lembut, kertas cardstock jarang digunakan untuk membuat papercraft yang cukup tinggi. Cardstock lebih sering dipakai untuk membuat papercraft yang sederhana seperti kartu ucapan dan model lain yang minimalis.

6. Construction

Kertas construction merupakan kertas yang memiliki tekstur lentur. Permukaannya cukup kasar dan berwarna cerah sehingga cocok sekali untuk kebutuhan papercraft yang menarik minat anak-anak.

Construction pun menjadi salah satu jenis kertas papercraft yang digunakan untuk melatih keterampilan tangan anak dalam hal menggunting dan membentuk kertas. Beberapa contoh papercraft yang bisa dibuat dari kertas ini adalah pop up serta model 3D lainnya.

7. WF Paper

Kertas buku gambar atau WF paper merupakan kertas yang tebal sehingga tidak mudah lecek saat dibentuk. Dinamakan kertas buku gambar, dikarenakan memang sering digunakan pada buku gambar atau sebagai media menggambar dan melukis lainnya.

Jenis kertas ini memiliki gramasi sekitar 120 gsm hingga 160 gsm, yang mana sangat cocok untuk kebutuhan pemula hingga expert saat membuat papercraft.

8. Inkjet Paper

Kertas inkjet paper memiliki warna yang terang sehingga cocok untuk papercraft yang berusaha menonjolkan warna. Di sisi lain, inkjet paper biasanya hanya bisa dicetak pada satu sisinya saja untuk memaksimalkan warna yang ingin ditampilkan.

Gramasi sekitar 100 gsm sampai 135 gsm membuat kertas ini sangat cocok untuk kebutuhan papercraft dari tingkat pemula hingga yang mahir sekalipun.

9. Brief Card (BC)

BC atau yang dikenal dengan brief card adalah jenis kertas yang sangat cocok untuk digunakan papercraft dengan tinggi hingga 30 cm. Hal ini dikarenakan bahannya tebal dengan gramasi 160 gsm hingga 220 gsm dan dikenal cukup kokoh.

Kertas ini juga mudah ditemukan di pasaran serta mudah untuk dibentuk. Tak hanya expert, pemula juga bisa menggunakan kertas ini dengan baik untuk membuat papercraft.

10. Stardream

Kertas bernama stardream ini merupakan kertas yang sangat cocok untuk pengguna yang mahir. Keunggulan kertas ini adalah kokoh dan kuat untuk membuat papercraft dengan tinggi hingga 40 cm.

Penampilannya juga menarik dengan warna beragam, permukaan mengkilap, tekstur yang licin serta berkarakteristik kaku. Kertas ini memiliki gramasi sekitar 120 gsm hingga 220 gsm. Beberapa alat yang bisa membantu pembuatan papercraft dengan kertas stardream adalah printer laser dan lem UHU.

11. Glossy Photo Paper

Jenis glossy photo paper sebenarnya untuk mencetak foto, namun juga bisa digunakan untuk membuat papercraft. Kertas ini menghasilkan kualitas cetak warna yang terang sehingga cocok untuk papercraft yang ingin mengutamakan warna.

Dengan ketebalan dari 110 gsm hingga 220 gsm, Anda bisa membuat papercraft dari ukuran besar hingga kecil. Model yang mengkilap dan tidak mudah luntur saat terkena air sekalipun,  juga akan membuat hasil papercraft akan tampak semakin menarik.

Peluang Usaha Papercraft Yang Menguntungkan

Cutting PaperCraft Pakai Mesin Digital Flatbed Telson 4060

Peluang usaha papercraft yang bisa dikelola dengan baik akan sangat menguntungkan. Keragaman jenis kertas, warna serta tekstur yang ada membuat Anda bisa berkreasi sebebas dan sekreatif mungkin.

Saat menjalankan usaha papercraft pun, Anda memerlukan bantuan mesin pendukung yang bisa membantu proses pembuatan hingga finishing papercraft dengan baik. Salah satunya adalah Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 4060.

Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 4060 merupakan mesin yang sangat cocok untuk kebutuhan pemotongan kertas papercraft. Dilengkapi dengan system suction, akan membantu media kertas papercraft agar tidak mudah bergeser sehingga hasil pemotongan bisa presisi.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik Cetak Rotogravure: Andalan Produsen Besar - Maxipro.co.id