jenis kartu ucapan dan peluang bisnis - Maxipro

jenis kartu ucapan dan peluang bisnis - Maxipro

Mengirimkan kartu ucapan untuk keluarga, kerabat, sahabat hingga rekan kerja merupakan hal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai jenis kartu ucapan yang umumnya dipilih untuk momen-momen istimewa. Mulai dari untuk mengucapkan selamat hari raya, selamat ulang tahun, hingga mengucapkan rasa terima kasih yang disematkan dalam hampers atau souvenir.

jenis kartu ucapan dan peluang bisnis - Maxipro

Banyaknya kegunaan kartu ucapan ini membuat permintaan masyarakat atas berbagai jenis kartu ucapan pun semakin besar, sehingga bisnis kartu ucapan bisa menjadi salah satu ide menarik yang dapat dicoba. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha ini.

Jenis Kertas pada Kartu Ucapan

  • Kertas Art Cartoon

Jenis kertas kartu ucapan dengan menggunakan bahan kertas art cartoon merupakan yang paling sering dijumpai. Jenis kertas kartu ucapan ini memiliki warna yang mengkilap dan karakteristik yang serupa dengan Art Paper namun lebih tebal dan kokoh. Selain dapat dijadikan kartu ucapan, umumnya kertas art carton dalam dunia percetakan juga biasa digunakan untuk pembuatan undangan, kartu nama, hingga brosur. 

Kertas ini banyak dimanfaatkan dalam bisnis kartu ucapan maupun percetakan karena harganya yang relatif terjangkau, namun tetap memberikan kualitas yang baik. Jenis kertas kartu ucapan untuk pembuatan kartu ucapan ini memiliki beberapa ukuran ketebalan, yang paling umum dan sering digunakan adalah ketebalan 210 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm.

  • Kertas Blues White

Biasanya jenis kertas kartu ucapan yang menggunakan bahan dari kertas blues white memiliki tekstur yang halus. Kertas ini juga mempunyai karakteristik yang mirip seperti kertas gambar. Selain art cartoon, kertas jenis ini juga menjadi salah satu bahan yang kerap dimanfaatkan untuk membuat kartu ucapan maupun kebutuhan produk cetak lainnya.

Jika Anda ingin bisnis kartu ucapan dengan menggunakan bahan dari jenis kertas kartu ucapan blues white maka dapat memilih kertas yang memiliki ketebalan 250 gsm. Varian ini sering digunakan untuk pembuatan kartu ucapan karena ketebalannya yang pas, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Hasil jenis kartu ucapan yang terbuat dari kertas ini pun juga akan lebih halus

  • Kertas Fancy Constellation Snow

Jika ingin membuat bisnis kartu ucapan dengan tampilan jenis kartu ucapan yang elegan, maka kertas fancy constellation snow bisa menjadi pilihan. Bahan satu ini termasuk dalam material premium sehingga dapat memberikan kesan mewah pada kartu ucapan yang sederhana sekalipun.

Kertas jenis ini memiliki tekstur yang cukup halus sehingga hasil yang diberikan tidak akan kaku. Jenis kertas untuk kartu ucapan bahan ini umumnya memiliki ketebalan 240 gsm sehingga membuat kartu ucapan tidak terlalu tebal.

  • Kertas Fancy Splendorgel Extra White

Bahan jenis kertas ucapan fancy splendorgel extra white bisa menghasilkan jenis kartu ucapan dengan banyak pilihan warna, dan menjadi media yang tepat untuk berbagai desain kartu. Sesuai dengan namanya kertas ini memiliki warna dasar putih terang sehingga bisa menonjolkan desain yang dipilih dengan lebih baik.

Jenis kertas untuk kartu ucapan ini juga termasuk kategori premium, karena jenis kertas kartu ucapan yang memiliki ketebalan 270gsm ini juga mempunyai tekstur yang halus dan mampu memberikan kesan mewah serta elegan pada kartu ucapan Anda.

  • Kertas Fancy Via Felt

Menggunakan jenis kertas kartu ucapan fancy via felt adalah jenis kertas kartu ucapan yang dapat meningkatkan nilai serta citra dari kartu ucapan maupun undangan. Bahan kertas yang umumnya mempunyai ketebalan 298 gms ini akan menghasilkan jenis kertas kartu ucapan yang memiliki karakteristik lebih dalam dan juga bergelombang  karena menggunakan sistem embos.

Jenis kertas untuk kartu ucapan yang dibuat dengan bahan jenis kertas kartu ucapan fancy via felt dapat lebih tahan lama walaupun terkena air sekalipun. Hal ini dikarena ketebalan bahan ini yang lebih tebal dari jenis kertas lainnya.

  • Kertas Fancy Via Linen Bright White

Jika ingin membuat jenis kertas ucapan yang unik dengan tampilan premium dan elegan maka Anda dapat menggunakan bahan dari kertas fancy via linen bright white. Sesuai dengan namanya, jenis kertas ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan kain linen.

Material pembuat jenis kertas untuk kartu ucapan maupun undangan ini memiliki warna yang lebih putih serta bersih daripada kertas fancy constellation snow. Hal ini pun membuat desain pada kartu bisa lebih menonjol, Memiliki ketebalan 298 gsm membuat jenis kertas untuk kartu ucapan yang terbuat dari kertas fancy via linen bright white akan memiliki hasil yang kokoh dan tahan lama.

Peluang Bisnis Kartu Ucapan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, permintaan untuk kartu ucapan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini tak lain dikarenakan kebutuhan masyarakat akan kartu ucapan dan undangan juga semakin besar. Tentu hal tersebut membuat bisnis kartu ucapan menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan.

jenis-kertas-untuk-kartu-ucapan-Maxipro

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini pun tergolong tidak terlalu besar. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan untuk membuat kartu ucapan serta alat yang bisa membantu proses produksi agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan maksimal. Semakin banyak jumlah produksi yang bisa diraih, maka omset usaha pun juga akan semakin meningkat.

Mesin yang Dibutuhkan untuk Menunjang Bisnis Kartu Ucapan

  • Mesin Pemotong Kertas

Sesuai dengan namanya mesin pemotong kertas berfungsi untuk memotong serta merapikan material yang digunakan untuk membuat kartu ucapan agar hasil cutting menjadi lebih rapi dan presisi. Bahkan mesin ini bisa memudahkan proses memotong kertas yang cukup tebal sekalipun.

Selain itu mesin pemotong kertas juga bisa bisa digunakan untuk menekan atau mengepress tumpukan kertas, sehingga membuatnya menjadi ringkas lebih rapi. Mesin ini juga dapat digunakan untuk memadatkan kertas yang akan diproses sehingga bisa memberikan hasil yang cukup kuat.  Dengan menggunakan mesin pemotong kertas akan memungkinkan proses produksi kartu ucapan menjadi lebih cepat serta memberikan hasil yang memuaskan.

  • Mesin Slitting

Mesin ini merupakan jenis mesin finishing yang memiliki peranan penting dalam proses pemotongan lembaran material. Mesin slitting sendiri mempunyai beberapa fungsi, seperti untuk memotong bahan kertas dalam bentuk roll maupun lembaran agar hasilnya lebih presisi dan rapi,

Mesin slitting yang berjenis rewind slitter juga bisa menghasilkan potongan yang dapat digulung sehingga lebih rapi dan ringkas, serta memungkinkan untuk menjadikan master material menjadi roll yang berukuran kecil.

Selain itu dengan menggunakan mesin ini, Anda juga bisa memotong kertas dengan hasil setengah putus hingga garis putus-putus sehingga memudahkan untuk menyobek kertas. Mesin ini juga dapat digunakan untuk creasing dengan beberapa penyesuaian. Hasilnya proses creasing bisa lebih mudah dan cepat.

jenis kartu ucapan dan peluang bisnis - Maxipro

Perlu diingat untuk menghasilkan jenis kartu ucapan yang berkualitas, Anda perlu menggunakan mesin pendukung bisnis kartu ucapan yang berkualitas juga, seperti mesin-mesin finishing yang bisa Anda temukan di Maxipro, Sebagai distributor resmi mesin dan alat pendukung usaha percetakan, Maxipro hanya menyediakan mesin-mesin berkualitas dengan harga yang kompetitif dan memiliki garansi resmi. Salah satu Mesin yang cocok untuk bisnis kartu nama ini adalah Mesin Potong Kartu nama A3+ ZMH 

Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH

Mengalami kesulitan menentukan mesin yang Anda butuhkan? Hubungi customer service kami untuk kosultasi lebih lanjut.

jenis kartu ucapan dan peluang bisnis - Maxipro