Memahami Fungsi Jenis Mesin Finishing Percetakan - Maxipro

Memahami Fungsi Jenis Mesin Finishing Percetakan - Maxipro

Jika zaman dahulu usaha percetakan hanya sebatas fotokopi, printing dokumen, dan jilid dokumen maka di era modern seperti sekarang jasa percetakan semakin berkembang. Saat ini ada begitu banyak pilihan jasa yang disediakan oleh pemilik usaha digital printing. Hal ini tentu tak luput dari permintaan pasar yang beragam atas kebutuhan jasa percetakan. Mulai cetak buku, undangan, kartu ucapan, brosur, poster, bahkan hingga pembuatan kotak kemasan.

Memahami Fungsi Jenis Mesin Finishing Percetakan - Maxipro

Sebuah usaha digital printing tentu bisa semakin berkembang dan mendapatkan omset yang besar jika dapat menyediakan beberapa macam jasa layanan percetakan tersebut. Oleh karena itu sangat penting memiliki beragam jenis mesin percetakan dalam industri ini. Misalnya saja seperti mesin printer, dan mesin finishing.

 

Mesin finishing percetakan sendiri merupakan alat yang sangat penting untuk menunjang hasil dari produk percetakan. Selain itu mesin finishing ini juga memiliki jenis yang beragam sesuai dengan kegunaannya sendiri. Untuk lebih memahami seluk beluk mesin percetakan, berikut ulasan selengkapnya yang dapat Anda simak.

Apa itu Mesin Finishing Percetakan

Untuk membuat pelanggan puas maka tentunya pemilik usaha percetakan perlu memperhatikan dengan seksama kualitas hasil produk yang dibuatnya. Kerapian, hasil yang presisi, dan ketahanan suatu produk cetak merupakan unsur yang sangat penting jika ingin mendapatkan kepuasan dari konsumen. Untuk mendapatkan hasil produksi yang berkualitas maka Anda yang tengah menjalankan bisnis digital printing sangat perlu memiliki beberapa jenis mesin percetakan, salah satunya adalah mesin untuk finishing.

Memahami Fungsi Jenis Mesin Finishing Percetakan - Maxipro

Mesin finishing percetakan sendiri berfungsi untuk membantu proses penyelesaian akhir dalam percetakan agar daoat menghasilkan produk yang lebih rapi, menarik, serta awet. Ada beberapa jenis mesin yang dapat digunakan untuk proses finishing. Contohnya adalah mesin pemotong kertas, mesin laminating, dan juga lainnya.

Jenis Mesin Percetakan untuk Membantu Proses Finishing

Masing-masing mesin percetakan finishing seperti yang telah disebutkan sebelumnya memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda. Karena ada begitu banyak jenis mesin percetakan untuk finishing maka Anda pun perlu memahami betul fungsi dari setiap mesin tersebut. Apalagi bila Anda baru akan memulai menjalankan bisnis dalam industri digital printing ini.

Nah, agar Anda bisa menemukan mesin finishing percetakan dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan industri, berikut beberapa jenis alat atau mesin untuk mendukung proses finishing produk beserta fungsinya.

Mesin laminating adalah alat yang digunakan untuk laminasi atau berguna untuk melapisi kertas dengan menggunakan plastik atau film agar dokumen terlihat lebih rapi serta aman dari tetesan air maupun noda lainnya. Melakukan laminasi pada sebuah dokumen atau produk cetak lainnya akan membuatnya menjadi tidak mudah sobek atau cepat rusak, sehingga dokumen pun akan lebih awet. Jenis mesin percetakan satu ini merupakan alat yang umum digunakan di copy center maupun di perkantoran.

Mesin finishing percetakan untuk laminating ini sendiri memiliki beberapa tipe dilihat dari fungsinya, antara lain adalah 

  • Mesin laminating panas: Jenis mesin laminating ini menggunakan thermal laminating metode atau pemanas pada proses laminasinya. Kelebihan dari mesin ini adalah dapat memberikan hasil laminating yang berkualitas tinggi. Pasalnya mesin dengan metode pemanasan ini dapat membuat plastik film melekat erat pada dokumen yang dilaminasi sehingga plastik pun menjadi tidak mudah lepas.
  • Mesin laminating dingin: Mesin finishing percetakan untuk laminating ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis mesin laminating panas yakni berguna untuk merekatkan lapisan film atau plastik pada dokumen. Yang berbeda adalah sistem dari mesin ini yang menggunakan wet method untuk melaminasi. Oleh karena itu mesin laminating dingin ini digunakan untuk plastik laminating yang tidak membutuhkan suhu panas untuk menempelkan plastik pada dokumen.
  • Mesin laminating panas dingin: Mesin laminating dengan tipe ini menjadi salah satu jenis mesin percetakan yang banyak dicari. Pasalnya mesin finishing percetakan untuk laminasi ini tak hanya memiliki metode panas saja, tapi juga metode dingin dalam satu mesin. Hal ini membuat mesin laminating panas dingin bisa digunakan untuk melakukan proses laminating dengan berbagai jenis media laminasi untuk berbagai ukuran dokumen.

Pesatnya kemajuan industri digital printing di masa ini membuat jasa yang ditawarkan pun ada begitu banyak. Selain jasa percetakan, kini usaha digital printing juga banyak yang menyediakan jasa pembuatan kemasan seperti rigid box misalnya. Untuk menghasilkan kemasan rigid yang berkualitas tinggi maka jenis mesin percetakan yang diperlukan adalah mesin rigid box maker.

Mesin pembuat rigid box tidak hanya dapat menghasilkan kotak rigid yang presisi, rapi, dan awet saja. Mesin finishing percetakan satu ini juga bisa menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam proses pembuatan rigid box. Dengan mesin ini Anda pun bisa membuat kotak dengan bentuk yang diinginkan serta hasil rekat yang optimal. Mesin rigid box maker sendiri terdiri dari beberapa rangkaian yaitu mesin isolasi box, mesin lem, dan juga mesin press.

Mesin finishing percetakan glue binding atau yang juga lebih dikenal dengan nama mesin lem panas merupakan salah satu jenis mesin percetakan yang digunakan untuk membantu proses pembuatan buku dengan standar penerbit. Mesin ini akan sangat membantu untuk menghasilkan hasli binding dalam jumlah yang besar dengan waktu yang singkat.

Mesin yang digunakan untuk proses finishing ini dapat digunakan untuk menjilid berbagai jenis dokumen mulai dari skripsi, buku penerbit, katalog, majalah foto, novel, komik, dan lainnya. Umumnya jenis mesin percetakan yang untuk tahapan finishing ini digunakan untuk menjilid dokumen dengan teknik perfect binding. 

Sesuai dengan namanya jenis mesin percetakan ini memiliki fungsi untuk memotong kertas dari dokumen atau media cetak lainnya. Dengan menggunakan mesin finishing percetakan ini maka proses pemotongan kertas akan menjadi lebih mudah dan hasilnya pun akan lebih rapi serta presisi. Bahkan Anda pun tidak akan mengalami kesulitan ketika harus memotong kertas yang cukup tebal sekalipun.

Selain untuk memotong media cetak atau kertas, mesin potong kertas juga memiliki fungsi untuk memadatkan atau mengepress media sehingga kertas akan lebih ringkas dan rapi. Tak hanya itu, mesin ini juga dapat digunakan untuk memadatkan media yang akan diproses sehingga hasil jilidan maupun cetakan pun akan lebih kuat.

Itu tadi jenis mesin yang dapat digunakan untuk proses finishing yang dibutuhkan dalam industri percetakan. Untuk hasil terbaik, gunakan mesin pendukung yang berkualitas seperti yang bisa Anda temukan di Maxipro.

Sebagai distributor alat dan mesin percetakan, Maxipro menghadirkan produk-produk dengan harga yang kompetitif namun tetap memiliki kualitas terbaik. Selain itu setiap mesin atau alat percetakan di Maxipro juga dilengkapi dengan garansi resmi.

Mengalami kesulitan menentukan mesin yang Anda butuhkan? Hubungi customer service kami untuk kosultasi lebih lanjut.

Memahami Fungsi Jenis Mesin Finishing Percetakan - Maxipro