Jilid buku atau dokumen merupakan salah satu jenis layanan yang tidak dapat dipisahkan di dalam industri percetakan. Melakukan binding atau menjilid buku atau dokumen dimaksudkan agar halaman-halaman data yang ada di dalam dokumen tersebut dapat tersusun dengan lebih rapi dan mudah digunakan. Untuk menjilid sebuah dokumen ada tekniknya tersendiri. Jenis mode binding pun ada beberapa macam. Namun jilid spiral merupakan teknik binding buku yang sering dipilih masyarakat karena hasil dari teknik ini terlihat lebih estetik. Oleh karena itu memiliki mesin spiral sangat diperlukan oleh para pemilik usaha percetakan. Harga mesin spiral saat ini juga memiliki range yang bervariatif sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan budget setiap industri.

Definisi dan Fungsi Mesin Spiral

Jilid spiral atau twin loop wire dapat dibuat dengan cara manual. Namun cara tersebut memerlukan keahlian dan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan jilidan yang bagus, sehingga untuk binding sebuah buku dengan teknik ini bisa memakan banyak waktu. Hal itulah yang membuat cara itu tidak efektif terutama bila sebuah industri percetakan ingin meningkatkan pelayanan dan juga omset. Jadi, menggunakan mesin jilid untuk teknik binding spiral merupakan solusi terbaik karena dapat menghemat waktu dan juga tenaga kerja untuk melakukan proses jilid spiral.

Mesin spiral merupakan sebuah alat khusus yang umum digunakan di industri percetakan untuk membantu proses menjilid dokumen dengan menggunakan teknik spiral. Mesin spiral bisa melubangi kertas dokumen yang akan dijilid dengan lebih rapi, cepat, dan juga dalam jumlah banyak. Selain itu, mesin juga memiliki kemampuan untuk menjilid dokumen dengan halaman yang tebal.

Jenis dan harga mesin spiral di pasaran cukup bervariasi. Namun semua jenis mesin spiral memiliki fungsi yang sama, yaitu mempermudah proses penjilidan yang menggunakan teknik spiral binding. Umumnya mesin spiral telah dilengkapi dengan fitur pisau pelubang kertas yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini berfungsi untuk melubangi kertas sesuai dengan ukuran media, seperti kawat atau plastik yang akan digunakan untuk menjilid. Karena hasil lubang yang sejajar, dengan ukuran yang sesuai kawat atau plastik penjilid sangatlah penting untuk mendapatkan hasil jilid yang rapi dan sempurna.

Cara Kerja Mesin Jilid Spiral

Tanpa menggunakan mesin jilid, pekerja perlu mengukur secara manual jarak dan juga ukuran lubang. Selain itu pemasangan ring binder baik itu yang berbahan kawat atau plastik juga masih menggunakan alat yang manual, sehingga akan memakan banyak waktu dalam proses pengerjaan. Namun mesin spiral sudah dilengkapi dengan panel pengaturan untuk pelubang kertas sehingga operator mesin tinggal mengatur ukuran dan juga jarak lubang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini pun akan mempermudah serta mempersingkat proses penjilidan.

Setelah mengatur pinch, maka operator tinggal memasukkan kertas yang akan dilubangi pada panel yang tersedia, kemudian menekan tuas pelubang. Hasilnya, lubang kertas akan lebih presisi dan juga rapi. Lalu operator tinggal menempatkan ring spiral pada tempat yang telah tersedia pada mesin, dan memasukkan kertas yang telah dilubangi sebelumnya. Setelahnya, tarik panel tuas yang berfungsi untuk memasang ring pada kertas, dan proses binding spiral pun selesai. Umumnya mesin binding mampu menjilid mulai dari 10 hingga 250 lembar kertas dengan ukuran F4 untuk sekali pengoperasian.

Tips Membeli Mesin Jilid untuk Binding Spiral

Melihat fungsi dan manfaat yang diberikan mesin jilid spiral, tentu membuat mesin ini menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh setiap usaha percetakan dari berbagai kelas. Dan supaya bisa menunjang kebutuhan industri, para pemilik usaha percetakan perlu mengetahui terlebih dahulu spesifikasi alat yang dibutuhkan.

Jangan sampai pada akhirnya mesin tersebut tidak terpakai karena tidak sesuai dengan kebutuhan, padahal Anda sudah terlanjur membeli harga mesin spiral yang mahal. Untuk itu Anda bisa menyimak tips berikut ini sebelum membeli mesin spiral.

  • Tentukan Spesifikasi Mesin yang Dibutuhkan

Hal terutama yang perlu diperhatikan sebelum membeli alat jilid spiral adalah memahami terlebih dahulu kriteria seperti apakah yang diperlukan dari sebuah mesin binding. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih mudah mencari spesifikasi produk yang sesuai dengan kebutuhan industri percetakan milik Anda.

Pasalnya selain memiliki beberapa jenis berdasarkan tipe media yang digunakan untuk menjilid (kawat atau plastik), ada pula mesin binding spiral yang memiliki pisau pelubang dengan hasil yang berbeda. Ada pisau yang menghasilkan lubang berbentuk bulat, namun juga ada mesin dengan pisau yang menghasilkan lubang berbentuk kotak.

Selain itu, setiap mesin binding untuk jilid spiral memiliki spesifikasi yang berbeda. Misalnya saja berapa banyak lembar kertas yang dapat dijilid dalam sekali proses, karena biasanya masing-masing mesin memiliki kapasitas menjilid yang tidak sama.  Atau yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah spesifikasi mengenai besaran watt listrik yang diperlukan oleh mesin untuk setiap proses binding. Di mana jika industri percetakan yang Anda miliki adalah usaha copy center rumahan, maka tentu memilih alat dengan watt yang rendah merupakan pilihan yang bijak.

  • Pilih Mesin Binding yang Berkualitas

Bukan hanya membeli alat jilid yang sesuai dengan kebutuhan saja. Para pengusaha di dunia percetakan juga perlu memperhatikan kualitas dari mesin yang akan dipilih. Anda perlu memastikan harga mesin spiral sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Jangan sampai membeli harga mesin spiral yang mahal namun kualitas mesin tidak sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Agar bisa memberikan hasil jilidan yang sempurna, tentu Anda memerlukan mesin binding yang memiliki kualitas sempurna. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli mesin yang dibutuhkan untuk usaha percetakan di tempat yang terpercaya seperti Maxipro yang hanya menyediakan mesin-mesin original dengan garansi resmi.

  • Membeli Mesin Spiral dengan Harga Kompetitif

Selain spesifikasi produk, harga mesin spiral juga sering kali menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah alat. Namun jangan terkecoh dengan tawaran harga mesin spiral yang murah. Lagi-lagi Anda perlu cermat dalam melihat spesifikasi, kualitas, dan harga mesin yang akan dibeli. Pastikan mesin binding dipilih bisa menjadi investasi jangka panjang. Alat yang berkualitas pastinya akan memiliki durabilitas mesin yang awet sehingga menghasilkan finishing yang tetap optimal walau sudah lama digunakan.

Sebagai distributor resmi mesin dan perlengkapan untuk industri percetakan, Maxipro menyediakan berbagai tipe alat binding spiral. Jadi Anda pun bisa menemukan mesin binding sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Bukan itu saja, Maxipro juga menyediakan berbagai sparepart dan perlengkapan berkualitas yang dibutuhkan untuk membuat jilid spiral. 

Setiap harga mesin spiral di Maxipro ditawarkan dengan harga yang kompetitif, karena mesin-mesin tersebut merupakan produk original dengan garansi resmi. Bukan itu saja, Maxipro juga akan  memberikan garansi servis selama 1 tahun.