Apa Itu UV DTF Apa Perbedaannya dengan DTF dan UV Printing

Apa Itu UV DTF Apa Perbedaannya dengan DTF dan UV Printing

Pernahkah kalian mengalami kesulitan mencari teknik pencetakan yang tepat untuk berbagai jenis media? Baik itu untuk permukaan datar seperti plakat akrilik atau permukaan melengkung seperti botol minuman, menemukan metode yang cocok sering kali menjadi tantangan besar.

Terlebih lagi, kalian pasti ingin hasil cetakan yang tahan lama, tidak mudah rusak, dan memiliki warna yang cerah dan menarik. Tidak jarang, hasil cetakan pada media keras mudah terkelupas atau sering kali tidak bertahan lama setelah beberapa kali dicuci.

Beberapa teknik pencetakan yang ada juga membutuhkan proses yang rumit dan memerlukan banyak waktu. Metode yang ada mungkin memerlukan banyak persiapan dan peralatan yang mahal, yang justru menambah beban operasional bisnis percetakan kalian.

Kini, hadir teknologi UV DTF yang bisa menjadi solusi untuk semua permasalahan tersebut. UV DTF, atau Ultra Violet Direct-to-Film, menawarkan kemudahan dan keunggulan dalam mencetak desain pada berbagai jenis media. Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang UV DTF dan perbedaannya dengan teknik DTF dan UV Printing!

Apa Itu UV DTF?

Printer DTF UV Telson I3200-U1HD 300

UV DTF itu singkatan dari Ultra Violet Direct-to-Film. Ini adalah teknik pencetakan digital yang menggunakan tinta UV yang dicetak di film transparan. Kemudian, dengan bantuan mesin laminasi, tercipta lapisan perekat (masking). Dimana hasilnya berupa stiker yang bisa dengan mudah kalian kupas dan tempel ke berbagai permukaan dan media bahan non-tekstil.

Kenapa Harus UV DTF?

UV DTF sangat berbeda dengan pencetakan UV tradisional yang biasanya harus diaplikasikan di permukaan datar dan butuh pre-treatment. Dengan UV DTF, kalian bakal dapat stiker super tahan lama dan anti gores. Jadi, desain bakal tetap kece dan awet dalam waktu yang lama.

Salah satu keuntungan utama UV DTF adalah daya tahannya. Stiker UV DTF ini sangat tahan terhadap segala jenis kerusakan, goresan, suhu panas atau dingin.

Dibandingkan dengan pencetakan direct-to-film (DTF) tradisional yang menggunakan tinta berbasis air, UV DTF menggunakan tinta UV yang cepat kering dan bisa diaplikasikan ke banyak bahan tanpa memerlukan panas. Ini bikin aplikasinya jadi tanpa batas, mulai dari kayu, plastik, logam, dan lain-lain.

Meskipun UV DTF terkenal dengan kualitas cetak yang tinggi, warna yang cerah, dan ketahanan terhadap goresan, kerusakan, dan sangat tahan lama, perlu diingat bahwa transfer ini bisa tergores jika dikenai tekanan berlebihan.

Keunggulan Mesin Printer UV DTF

Printer DTF UV Telson I3200-U1HD 300

Printer UV DTF benar-benar mengubah permainan bisnis percetakan di pasaran. Meski mirip dengan vinyl perekat, ada banyak perbedaan signifikan. Pertama, nggak perlu repot potong kiss cut atau die cut atau cabut-cabutin bagian yang nggak perlu cukup kupas dan tempel.

Kedua, daya tahannya luar biasa. Biarkan stiker ini dan gosok beberapa saat sebelum mengelupas lapisan masking, dan desain kamu bakal hampir nggak bisa rusak, anti gores, anti air, dan tanpa tanda-tanda kerusakan.

Biasanya mesin ini menggunakan oleh dual print head merk Epson, dengan kecepatan cetak sekitar 1,5 meter per jam. Berkat sistem printer dan mesin laminasi bawaannya, mesin UV DTF bisa memproduksi lebih dari ratusan stiker per hari. Sehingga cocok banget buat bisnis menengah hingga besar yang pengen masuk ke pasar decal kustom atau mendekorasi berbagai barang merchandise dengan permukaan keras.

Cara Menggunakan Mesin Printer UV DTF

Cara kerja mesin ini cukup mudah untuk dipahami, sehingga cara pengoperasian mesin printer UV DTF juga terbilang gampang.

  1. Siapkan Desainmu: Maksimalkan bahan UV kamu untuk meningkatkan margin keuntungan dengan memotong bagian yang diperlukan dari lembaran desain.
  2. Kupas dan Tempel: Angkat hasil cetak dari mesin dengan mudah dan tempelkan ke permukaan yang diinginkan. Nggak perlu lagi potong-potong, cabut-cabutin, atau menggunakan panas.
  3. Siap Digunakan: Biarkan sejenak setelah diaplikasikan untuk memastikan merekat dengan sempurna, sehingga tahan goresan dan kerusakan lainnya.

Bayangkan kalian bisa mendekorasi berbagai barang seperti botol minuman, media promosi, atau barang kustom tanpa perlu printer sublimasi atau pelapisan khusus. Dengan Mesin Printer UV DTF semuanya jadi mungkin.

Contoh Aplikasi UV DTF

Printer DTF UV Telson I3200-U1HD 300

Kalian bisa menerapkan UV DTF pada beberapa media seperti cangkir aluminium, toples plastik, cangkir keramik, gelas shot kaca, dan beberapa wadah plastik lainnya.

  1. Cangkir Aluminium: Ambil transfer UV DTF, potong sesuai ukuran, dan tempelkan pada cangkir. Gunakan kartu kredit atau squeegee untuk memastikan transfer menempel dengan baik. Lalu, kupas perlahan transfernya. Voila! Cangkir kamu sekarang punya desain keren dan tahan lama.
  2. Toples Plastik: Potong desain sesuai ukuran, tempelkan, dan ratakan menggunakan squeegee. Setelah itu, kupas transfernya. Hasilnya, toples plastik kamu sekarang terlihat profesional dan terorganisir.
  3. Cangkir Keramik: Pilih desain yang lebih besar, tempelkan pada cangkir, ratakan, dan kupas. Desain akan menempel sempurna pada permukaan cangkir.
  4. Gelas Shot Kaca: Gunakan desain kecil dengan detail halus. Tempelkan pada gelas, ratakan, dan kupas. Desain akan terlihat jelas dan profesional.
  5. Wadah Plastik: Tempelkan desain pada wadah plastik, ratakan, dan kupas. Sekarang wadah kamu punya label yang keren dan tahan lama.

Aplikasi Lain dari UV DTF

UV DTF sangat cocok untuk kustomisasi berbagai barang seperti casing hp, barang promosi, plakat akrilik, papan petunjuk, skateboard, gelas, mug, tumbler, pulpen, dan hadiah personal. Kemampuan menempel pada berbagai bahan membuatnya menjadi pilihan yang sangat serbaguna bagi bisnis yang ingin memperluas penawaran produknya.

Perbedaan UV DTF dan UV Printing

Baik UV Printing maupun UV DTF memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan spesifik bisnis kalian.

Berikut adalah tabel perbedaan antara UV Printing dan UV DTF berdasarkan artikel di atas:

Fitur UV Printing UV DTF
Teknik Cetak Langsung mencetak ke media menggunakan sinar UV. Menggunakan kertas transfer film dengan sinar UV.
Media yang Dapat Dicetak – Media datar (misalnya: akrilik, kaca, keramik)- Media silinder (misalnya: botol tumbler) – Hampir semua media, termasuk media yang tidak rata.- Media lebar, besar, atau yang sulit dijangkau.
Proses Kerja Cetak langsung > Kering tanpa proses tambahan. Cetak > Laminasi (dingin/panas) > Aplikasi ke media.
Kecepatan Produksi Cepat karena langsung cetak ke media. Lebih lambat karena melibatkan proses laminasi tambahan.
Fleksibilitas Lebih terbatas pada jenis media yang datar atau silinder. Dapat menempel ke berbagai jenis media, kecuali kain.
Biaya Produksi Relatif lebih rendah karena tidak memerlukan laminasi tambahan. Lebih tinggi karena memerlukan mesin laminasi tambahan dan bahan transfer film.
Ketahanan Cetakan Memiliki daya rekat yang kuat. Memiliki daya rekat yang kuat seperti stiker.
Penggunaan Cocok untuk cetakan pada media yang rata atau silinder. Cocok untuk merchandise, stiker, decal, dan branding logo.

Tabel di atas merangkum perbedaan utama antara UV Printing dan UV DTF berdasarkan teknik cetak, media yang dapat dicetak, proses kerja, kecepatan produksi, fleksibilitas, biaya produksi, ketahanan cetakan, dan penggunaan yang direkomendasikan.

Perbedaan UV DTF dan DTF Printing

DTF dan UV DTF punya kegunaan yang berbeda dan tidak bisa saling menggantikan. Jadi, penting untuk tahu perbedaannya agar kalian tidak salah beli atau salah pakai.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa namanya hampir sama padahal teknologinya berbeda? Itu memang bisa membingungkan, apalagi bagi yang baru mengenal keduanya.

Berikut tabel perbandingan antara UV DTF dan DTF:

Aspek DTF (Direct to Film) UV DTF (Ultraviolet Direct to Film)
Definisi Teknik cetak di mana desain dicetak pada film khusus dan dipindahkan ke media lain menggunakan panas Teknik cetak di mana desain dicetak pada film dengan tinta UV dan ditempelkan pada media lain menggunakan perekat
Proses Cetak – Desain dicetak pada film menggunakan printer khusus- Film ditaburi bubuk lem khusus- Film dipanaskan untuk melekatkan lem

– Desain dipindahkan ke media dengan mesin press panas

– Desain dicetak pada film dengan tinta UV- Film memiliki lapisan perekat lengket- Desain ditempelkan langsung pada media tanpa pemanasan
Aplikasi Kain dan media lain yang tahan panas (misalnya kaos, tote bag) Berbagai media termasuk permukaan yang tidak rata, kecuali kain
Karakteristik – Tidak lengket sampai dipanaskan- Hasil cetakan penuh warna- Tidak memerlukan proses “weeding” – Sudah lengket tanpa pemanasan- Proses transfer cepat- Desain tahan air dan berwarna cerah
Kesesuaian Media Kain dan bahan tahan panas Permukaan keras seperti botol, gelas, dan barang-barang yang tidak dapat dikenakan panas
Penggunaan Panas Ya, membutuhkan mesin press panas Tidak, membutuhkan press panas

Dua teknik ini meskipun namanya mirip, memiliki aplikasi dan cara kerja yang sangat berbeda, serta hanya bisa digunakan untuk jenis media yang berbeda.

Kesimpulan

UV DTF merupakan teknik cetak digital menggunakan tinta UV pada film transparan, yang kemudian ditempelkan ke berbagai media setelah melalui proses laminasi untuk mengaplikasikan masking agar mudah diterapkan. Berbeda dengan UV Printing tradisional, UV DTF memungkinkan aplikasi pada berbagai permukaan, termasuk yang berkontur dan tidak rata.

Keunggulan utama UV DTF meliputi daya tahan yang tinggi terhadap goresan, panas, dan dingin, serta kemampuan cetak dengan warna cerah dan detail halus. Meskipun memerlukan proses laminasi tambahan, UV DTF memberikan fleksibilitas lebih besar dalam aplikasi desain pada berbagai jenis barang seperti botol, gelas, atau produk merchandising lainnya.

Jadi, UV DTF menawarkan solusi modern dan efektif untuk mencetak stiker dan aplikasi dekoratif lainnya dengan kualitas cetak yang unggul dan daya tahan yang sangat baik, ideal bagi bisnis percetakan yang ingin memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk berkualitas tinggi.

Dapatkan Mesin UV DTF Printer DTF UV Telson I3200-U1HD 300 di Maxipro