Beberapa Jenis Mesin Jilid Buku yang Sering Anda Temukan - maxipro.co.id

Beberapa Jenis Mesin Jilid Buku yang Sering Anda Temukan - maxipro.co.id

Anda pasti pernah menjilid buku anda pada zaman-zamannya duduk di bangku sekolah, terutama pada saat kenaikan kelas dimana anda harus meminjam buku untuk difotocopy dan dijilid kembali menjadi sebuah buku baru. Saat ini terdapat banyak jenis mesin jilid buku yang bisa dijumpai di pasaran.

Mesin Penjilid adalah mesin kantor yang berguna untuk menjilid lembaran-lembaran kertas yang sejenis menjadi sebuah buku-buku dan sebagainya. Jadi Menjilid adalah kegiatan menghimpun, menyusun, dan merangkai kertas membentuk satu buah buku yang rapi dan apik sehingga mudah digunakan dan disimpan.

Untuk membuat buku yang selama ini kita jumpai di toko-toko yang terjilid dengan rapi dan sempurna, di pakailah beberapa jenis mesin yang memudahkan pekerjaan menjilid ini.

Jenis Mesin Jilid Buku yang Kerap Digunakan

1. Mesin Jilid Spiral Kawat

Kebanyakan dari jilid spiral kawat ini biasanya diterapkan untuk di beberapa jasa fotocopy di Indonesia dan untuk di toko buku sendiri. Buku yang disatukan dengan kawat ini adalah sangat jarang ditemukan. Buku yang dijilid dengan bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan dari spiral kawat adalah pada penampilannya yang terlihat lebih rapi dan profesional, bisa terbuka dengan sempurna tanpa takut bagian dalam buku sobek atau terlepas, cover depan dapat diputar ke belakang sehingga mengirit ruang anda menggunakan meja, dapat digunakan untuk menggabungkan 125 sampai dengan 450 halaman.

Kekurangan dari jenis mesin ini adalah harganya yang relatif mahal, perlu mempelajari mesin dengan baik, mesin harus bisa dikendalikan oleh orang yang terbiasa menggunakannya, perlu beberapa stok spiral kawat dari berbagai ukuran sehingga bisa digunakan untuk menjilid buku dengan ketebalan yang berbeda, warna hanya ada hitam dan putih.

2. Mesin Jilid Spiral Plastik

Berbeda dengan spiral kawat, jenis spiral plastik lebih murah dan sederhana. Biasanya dilakukan dari proses melubangi kertas lalu baru dijilid.

Keunggulan, harganya lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan spiral kawat, mesin dapat menjilid langsung sampai dengan 450 lembar kertas, dokumen bisa dikurangi ataupun ditambah tanpa harus merusak penjilidan, biaya produksi per eksemplar yang lebih hemat, kini warnanya lebih beragam dibandingkan dahulu yang hanya punya warna hitam.

Kelemahan, terkesan biasa jika dibandingkan dengan spiral kawat, hanya ada warna hitam dan putih, jika yang dijilid semakin banyak akan membuat anda susah untuk membuka buku tersebut secara penuh, cover tidak bisa diputar atau diletakkan di sisi belakang.  

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis Mesin Jilid Spiral

3. Mesin Jilid Lem Panas

Jenis mesin jilid buku yang paling sering digunakan adalah mesin lem panas, dimana kertas-kertas akan dijadikan satu dengan menggunakan lem yang bersuhu panas.

Lem ini dapat digunakan untuk menyatukan atau menjilid buku dalam bentuk soft cover ataupun hard cover. Jenis ini juga dapat membantu pembuatan buku yang memiliki standar ukuran A3 yang asli. Jenis ini juga dapat membuat buku menjadi lebih awet.

Dengan menggunakan mesin ini, dalam satu jam nya bisa menghasilkan 160 buah buku. Namun untuk pemanasan awal akan memakan waktu sekitar 10 sampai 30 menit agar lem tersebut dapat benar-benar panas.

Keuntungan dari jilid lem panas pada buku adalah menarik secara bentuk buku, kekuatan jilidnya sangat kuat, daya tahannya sangat lama, pada punggung buku bisa ditulis nama judul, pengarang, dan penerbit.

4. Jilid Staples dan Lakban

Yang dimaksud dengan jilid biasa disini adalah menggunakan staples dan lakban hitam yang sangat sering kita jumpai saat duduk di bangku sekolah maupun perkuliahan.

Meski tidak selalu menggunakan warna hitam, ternyata jenis ini dapat menggunakan berbagai warna lain seperti kuning, biru, hijau, merah, dan sebagainya. Jenis ini memang proses pembuatannya sangat cepat dan juga murah sekali jika dibandingkan dengan yang lain.

Jenis ini dapat diterapkan sendiri maupun dikerjakan oleh tempat fotocopy. Namun jenis ini penampilannya biasa saja dan tidak bisa terlalu tebal karena staples akan sulit untuk digunakan.

Itulah beberapa jenis mesin jilid buku dan juga tipe jilid yang dapat anda terapkan sendiri dirumah tanpa bantuan siapa pun. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan juga terlihat rapi, elegan dan profesional, akan sangat disarankan untuk memakai bantuan mesin-mesin tersebut.

Apalagi untuk anda yang suka membuat buku sendiri, atau ingin membuka usaha terkait digital printing  akan lebih baik menggunakan mesin jilid meski merogoh kocek yang cukup dalam, namun hasilnya sangat maksimal. Jadi tunggu apa lagi beli mesin jilid hanya di Toko Online klik disini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan